'Kutukan' Timnas Indonesia Bikin Beberapa Tim Kena Karma di Piala Asia 2023, Siapa Saja?
Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)
13:48
4 Februari 2024

'Kutukan' Timnas Indonesia Bikin Beberapa Tim Kena Karma di Piala Asia 2023, Siapa Saja?

Timnas Indonesia tersingkir di babak 16 besar Piala Asia 2023, namun semua tim yang mengalahkannya juga gagal mencapai semifinal dan harus pulang dari Qatar.

Dalam empat pertandingan, termasuk tiga laga grup melawan Irak, Vietnam, dan Jepang, Indonesia hanya meraih satu kemenangan melawan Vietnam dengan skor 1-0 lewat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Meski tersingkir, tidak ada tim yang berhasil melaju ke semifinal setelah mengalahkan Indonesia.

1. Australia

Australia mengalahkan Indonesia dan tersingkir setelah Socceroos menang 4-0 di babak 16 besar.

Di perempat final, Australia memimpin melawan Korea Selatan lewat gol Craig Goodwin, tetapi kehilangan keunggulan setelah gol penyeimbang Hwang Hee-chan melalui penalti.

Pada babak tambahan waktu, Son Heung-min menjadi pahlawan bagi Korea Selatan dengan tendangan bebasnya yang berujung menjadi gol, mengalahkan kiper Australia, Matthew Ryan.

2. Jepang

Meskipun diunggulkan sebagai calon juara, performa Jepang di Piala Asia 2023 kurang meyakinkan.

Mereka menjadi runner-up Grup D setelah mengalahkan Indonesia 3-1, serta melaju ke perempat final dengan mengatasi Bahrain 3-1.

Namun, di perempat final, Jepang gagal mempertahankan keunggulan 1-0 atas Iran, dan akhirnya tersingkir setelah Iran menyamakan dan bahkan unggul 2-1 lewat eksekusi penalti Alireza Jahanbakhsh di masa injury time.

3. Irak

Irak meraih kemenangan atas Indonesia di laga pertama Grup D, meskipun Marselino Ferdinan sempat mencetak gol penyeimbang.

Irak melanjutkan performa luar biasa dengan mengalahkan Jepang 2-1 dan Vietnam 3-2, mengamankan tempat di babak 16 besar dengan meyakinkan.

Namun, Irak mengalami antiklimaks di babak 16 besar, diwarnai kontroversi kartu merah Aymen Hussein, dan secara dramatis dipaksa menyerah 2-3 oleh Yordania.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #kutukan #timnas #indonesia #bikin #beberapa #kena #karma #piala #asia #2023 #siapa #saja

KOMENTAR