Bocah yang Lagi Nyengir Ini Bikin Gol Timnas Indonesia Tapi Dibatalkan FIFA, Kini Pemain Kunci Lawan Bahrain
Ragnar Oratmangoen saat masih kecil (@footballtalentnesia)
10:54
10 Oktober 2024

Bocah yang Lagi Nyengir Ini Bikin Gol Timnas Indonesia Tapi Dibatalkan FIFA, Kini Pemain Kunci Lawan Bahrain

Siapa yang menyangka jika seorang bocah yang tertangkap nyengir dalam sebuah foto ternyata pernah mencetak gol bagi Timnas Indonesia, meski ujung-ujungnya dianulir oleh FIFA.

Sosok bocah yang tengah nyengir itu sendiri adalah Ragnar Oratmangoen, pencetak gol ke gawang Arab Saudi yang kemudian dianulir FIFA.

Dalam potret unggahan akun Instagram @footballtalentnesia, tampak Ragnar Oratmangoen tersenyum sembari menunjukkan dua jempolnya.

Di foto tersebut, pemain keturunan Maluku ini kini berusia 26 tahun itu tampak mengenakan jersey hijau merah hitam yang merupakan warna kebesaran NEC Nijmegen.

Baca Juga: Bendera Merah Putih Raksasa Bakal Berkibar di Laga Bahrain vs Timnas Indonesia

Saat foto masa kecil Ragnar itu diunggah @footballtalentnesia, pemain yang kini membela FCV Dender itu belum resmi berseragam Timnas Indonesia.

Ragnar sendiri baru resmi menjadi WNI dan berseragam Merah Putih medio Maret kemarin, saat putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat itu, Ragnar baru mencatatkan debutnya bagi Timnas Indonesia di laga ketiga grup F melawan tuan rumah Vietnam.

Ragnar Oratmangoen saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Arab Saudi (PSSI)Ragnar Oratmangoen saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Arab Saudi (PSSI)

Ragnar tak melakoni debutnya sendirian. Ia melakoni debutnya bersama dengan Thom Haye yang juga menuntaskan naturalisasinya pada Maret kemarin.

Cetak Gol di Laga Debut

Baca Juga: Mengenal Djibouti: Negara Antah Berantah yang Rajin Siarkan Laga Timnas Indonesia

Debut Ragnar Oratmangoen di Timnas Indonesia pun terbilang manis. Di laga debutnya itu, ia berhasil menyumbangkan satu gol saat skuad Garuda menang 3-0 atas tuan rumah Vietnam.

Gol di laga debutnya bagi Timnas Indonesia pun terbilang apik. Ragnar mampu menunjukkan skill individunya dengan meliuk-liuk di antara empat pemain Vietnam.

Usai lepas dari pengawalan pemain Vietnam, Ragnar Oratmangoen kemudian melepaskan tembakan terukur dengan kaki kirinya sehingga bola mengolongi kiper lawan.

Setelah mencetak gol di laga debutnya, Ragnar menjadi idola baru di Timnas Indonesia dan membuatnya menjadi pilihan utama di lini depan.

Sempat mandul di laga kontra Irak dan Filipina pada Juni lalu, Ragnar sempat mencetak gol keduanya bagi Timnas Indonesia saat melawan Arab Saudi September kemarin.

Di laga tandang itu, Ragnar Oratmangoen menunjukkan aksi individu apik dengan mengelabui bek lawan sebelum melepaskan sontekan dengan kaki kirinya.

Namun bola sontekannya itu justru mengenai badan Sandy Walsh dan berubah arah. Beruntung bola tetap masuk ke gawang Arab Saudi.

Semula, gol itu disahkan oleh perangkat pertandingan sebagai gol Ragnar Oratmangoen. Bahkan FIFA pun juga mengakui bahwa gol tersebut menjadi gol eks jebolan NEC Nijmegen itu.

Setelah pertandingan usai, gol tersebut kemudian dianulir oleh FIFA yang memutuskan bahwa gol ke gawang Arab Saudi adalah milik Sandy Walsh.

Karena golnya ke gawang Arab Saudi itu dianulir FIFA, ia harus kembali berusaha mencari gol keduanya bagi Timnas Indonesia.

Ragnar Oratmangoen pun berkesempatan menambah pundi-pundi golnya bagi tim Merah Putih saat menghadapi Bahrain dan China di lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #bocah #yang #lagi #nyengir #bikin #timnas #indonesia #tapi #dibatalkan #fifa #kini #pemain #kunci #lawan #bahrain

KOMENTAR