Hasil Uji Coba 4 Negara ASEAN Jelang Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Paling Buruk?
Timnas Indonesia saat bermain melawan Libya (pssi.org)
12:54
10 Januari 2024

Hasil Uji Coba 4 Negara ASEAN Jelang Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Paling Buruk?

Berikut hasil pertandingan uji coba negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) jelang partisipasinya di Piala Asia 2023, di mana Timnas Indonesia hancur lebur.

Hanya tinggal hitungan hari saja, empat negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand, akan bertarung di Piala Asia 2023 di Qatar.

Jelang partisipasinya itu, empat negara ASEAN ini mengagendakan laga uji coba guna menguji kesiapannya bertarung di ajang empat tahunan itu.

Tercatat dari empat negara itu, hanya Indonesia saja yang paling banyak melakoni laga uji coba. Ya, tim berjuluk Garuda ini tercatat melakoni tiga uji coba.

Sedangkan Malaysia, Vietnam, dan Thailand hanya sekali saja melakoni laga uji coba dengan melawan kontestan Piala Asia 2023 lainnya.

Lantas, bagaimana hasil yang didapat oleh negara-negara ASEAN tersebut dalam laga uji cobanya jelang Piala Asia 2023? Berikut rangkumannya.

Indonesia

Para pemain Timnas Indonesia berselebrasi setelah menjebol gawang Libya (pssi.org)Para pemain Timnas Indonesia berselebrasi setelah menjebol gawang Libya (pssi.org)

Timnas Indonesia melakoni tiga pertandingan uji coba jelang Piala Asia 2023 dengan dua kali menghadapi Libya dan sekali menghadapi Iran.

Dalam dua pertandingan kontra Libya, tim besutan Shin Tae-yong ini harus tumbang dengan skor 0-4 di pertemuan pertama dan 1-2 di pertemuan kedua.

Lalu di uji coba terakhirnya kontra kontestan Piala Asia 2023, Iran, Timnas Indonesia harus takluk dengan skor telak 0-5 dalam laga uji coba tertutup, Selasa (9/1) kemarin.

Malaysia

Timnas Malaysia saat menghadapi Suriah dalam laga uji coba jelang Piala Asia 2023. Pertandingan di Stadion Grand Hamad, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2023) dini hari WIB itu rampung dengan skor 2-2. [Dok. FA Malaysia]Timnas Malaysia saat menghadapi Suriah dalam laga uji coba jelang Piala Asia 2023. Pertandingan di Stadion Grand Hamad, Doha, Qatar, Selasa (9/1/2023) dini hari WIB itu rampung dengan skor 2-2. [Dok. FA Malaysia]

Timnas Malaysia juga melakoni laga uji coba jelang bertarung di Piala Asia 2023. Skuad Harimau Malaya sendiri diketahui hanya sekali melakoni laga uji coba.

Laga uji coba yang dilakoni Timnas Malaysia yakni saat melawan kontestan Piala Asia 2023 lainnya, Suriah, yang berakhir dengan skor 2-2.

Hasil uji coba ini terbilang amat baik bagi Malaysia, mengingat Suriah berada di peringkat ke-91 dan Harimau Malaya berada di peringkat ke-130 dunia.

Vietnam

Philippe Troussier saat memimpin skuat Timnas Vietnam (thetaovanhoa)Philippe Troussier saat memimpin skuat Timnas Vietnam (thetaovanhoa)

Rival Timnas Indonesia di grup D Piala Asia 2023, Vietnam, juga melakoni laga uji coba. Diketahui, tim berjuluk The Golden Stars itu menjalani satu kali laga uji coba saja.

Adapun laga uji coba yang dilakoni Vietnam yakni kontra Kirgistan yang juga kontestan Piala Asia 2023. Di laga itu, anak asuh Philippe Troussier harus menyerah dengan skor 1-2 dari lawannya.

Kekalahan ini terbilang tak mengejutkan mengingat Vietnam berada dalam kondisi pincang di Piala Asia 2023 seiring absennya para pemain kunci akibat cedera.

Thailand

Striker Timnas Thailand, Teerasil Dangda. [Lillian SUWANRUMPHA / AFP]Striker Timnas Thailand, Teerasil Dangda. [Lillian SUWANRUMPHA / AFP]

Wakil ASEAN terakhir, yakni Thailand, juga hanya melakoni satu laga uji coba. Namun, uji coba dilakoni oleh tim berjuluk Gajah Perang ini sejak jauh-jauh hari.

Tercatat uji coba terakhir Thailand terjadi pada 1 Januari 2024 kemarin kala menghadapi lawan Timnas Indonesia di grup D Piala Asia 2023, yakni Jepang.

Dalam uji coba kontra Jepang itu, Thailand harus menyerah dengan skor 0-5. Kekalahan ini juga tak lepas dari kisruh usai dipecatnya Alexandre Polking sebulan sebelumnya dan absennya beberapa pilar andalan.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #hasil #coba #negara #asean #jelang #piala #asia #2023 #timnas #indonesia #paling #buruk

KOMENTAR