Indra Sjafri Punya Pertimbangan Belum Panggil Amar Brkic dan Welber Jardim Ikut TC Timnas Indonesia U-20
Amar Brkic (dok. pssi.org)
13:24
31 Januari 2024

Indra Sjafri Punya Pertimbangan Belum Panggil Amar Brkic dan Welber Jardim Ikut TC Timnas Indonesia U-20

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri mengungkap pihaknya akan menggelar training camp (TC) dalam setiap periode FIFA matchday. Ia akan mencoba memanggil pemain termasuk yang di luar negeri, namun dengan beberapa pertimbangan.

Khusus mereka yang sedang merumput di luar negeri seperti Amar Brkic dan Welber Jardim akan dipanggil jika tidak ada kegiatan di timnya masing-masing.

Indra Sjafri lebih memilih membiarkan pemain-pemain itu berada di klub karena tetap berlatih. Namun, jika sedang libur, ia akan mencoba mendatangkannya untuk ikut TC.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri. (pssi.org)

"Jadi yang pasti setiap FIFA matchday kita akan TC, ada uji coba, dan program kita sampai Desember 2024 sudah kita sampaikan ke PSSI. Nanti Juli di minggu kedua ada AFF (U-19), itu jadi parameter pertama dari kesiapan tim ini ke Kualifikasi Piala Asia," kata Indra Sjafri.

"Untuk pemain-pemain yang di luar negeri nanti asal dia tidak berkompetisi dia dipanggil, kalau libur baru kita panggil, termasuk Welber, Amar," jelasnya.

Selain Amar dan Welber, Indra mengaku ada sejumlah nama-nama pemain diaspora yang kemungkinan akan dijajal kemampuannya. Asalkan memenuhi syarat, eks juru formasi Bali United itu terbuka dengan pemain-pemain keturunan.

"Ini kan kebijakan PSSI dan pemerintah kalau ada anak-anak keturunan yang memang berkualitas dan sudah berpaspor Indonesia, kita akan akomodasi, terus dia istimewa banget dan cinta Indonesia, mau menjadi bagian Indonesia karena keturunannya kenapa tidak?"

"Kalau dia istimewa baru kita ajukan dan akan kita coba untuk bisa main di Timnas Indonesia. Tapi, tim pelatih sangat berhati-hati untuk melihat kualitas pemain yang dipanggil dari jalur keturunan ini," ucapnya.

Timnas Indonesia U-20 sedang dipersiapkan untuk menembus Piala Dunia U-20 2025. Sebelum itu ada Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Terbaru, Timnas Indonesia U-20 sudah menggelar dua kali uji coba yang masuk bagian dari TC Januari 2024. Hasilnya, tim Merah Putih dikalahkan Thailand 1-2 dan Uzbekistan, 2-3.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #indra #sjafri #punya #pertimbangan #belum #panggil #amar #brkic #welber #jardim #ikut #timnas #indonesia

KOMENTAR