Elkan Baggott Bukan Pilihan, Menebak Sosok Pengganti Justin Hubner di Lini Belakang Timnas Indonesia
Bek Timnas Indonesia, Calvin Verdonk dan Wahyu Prasetyo berlatih jelang menghadapi Bahrain. [Dok. PSSI]
18:54
8 Oktober 2024

Elkan Baggott Bukan Pilihan, Menebak Sosok Pengganti Justin Hubner di Lini Belakang Timnas Indonesia

Pelatih Shin Tae-yong harus memutar otak untuk mencari pengganti Justin Hubner yang absen melawan Bahrain dan China karena cedera.

Timnas Indonesia bakal bertandang ke markas Bahrain pada 10 Oktober dan China 15 Oktober untuk melakoni laga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde ketiga.

Total 27 pemain dipanggil Shin Tae-yong untuk dua laga tersebut, tapi tidak ada Justin Hubner karena cedera. Shin harus mencari pengganti Justin Hubner di lini belakang.

Hubner tampil apik sebagai bek tengah kiri dalam skema tiga bek yang dipasang Shin saat melawan Australia. Dia berpasangan dengan Rizky Ridho sebagai bek tengah kanan dan Jay Idez bek tengah sentral.

Baca Juga: Vietnam Dilanda Kepanikan Jika Timnas Indonesia Kalahkan Bahrain

Sebelumnya Shin Tae-yong biasa memasang Elkan Baggott yang memang punya spesialisasi kaki kiri di pos bek tengah kiri. Namun, Elkan tak pernah dipanggil lagi dan Justin mengambil peran tersebut.

Karena Justin Hubner pun saat ini tidak tersedia, maka Shin harus mencari pengganti yang cocok.

Sebetulnya, kondisi ini sudah pernah beberapa kali dihadapi oleh Indonesia. Shin pernah memasang Calvin Verdonk atau Nathan Tjoe-A-On sebagai bek tengah kiri.

Para pemain Timnas Indonesia, termasuk Nathan Tjoe-A-On merayakan gol skuad Garuda. [Dok. PSSI]Para pemain Timnas Indonesia, termasuk Nathan Tjoe-A-On merayakan gol skuad Garuda. [Dok. PSSI]

Jadi setidaknya ada tiga pemain belakang yang punya spesialisasi kaki kiri saat ini di skuad Indonesia, selain Verdonk dan Nathan, ada juga Shayne Pattynama.

Di antara ketiganya, Verdonk dan Nathan menjadi yang paling cocok karena Shayne sepanjang berkarir hanya pernah sekali bermain sebagai bek tengah.

Baca Juga: Kabar Buruk untuk Marselino Ferdinan! Eliano Reijnders Kasih Pesan ke STY: Saya Bisa Main di...

Sementara Verdonk, meski ia juga sangat jarang bermain sebagai bek tengah, ia membuktikan bisa tampil mumpuni ketika dipasang di posisi itu melawan Arab Saudi.

Kemudian Nathan Tjoe-A-On, ia memang paling sering bermain sebagai bek dibanding Shayne dan Verdonk. Tapi, Shin lebih senang menempatkannya sebagai bek kiri atau gelandang bertahan di Timnas Indonesia.

Namun demikian, demi mendapat wing-back yang lebih ofensif, Shin Tae-yong lebih baik memasang Nathan Tjoe-A-On sebagai bek tengah kiri dan Calvin Verdonk sebagai wing-back kiri.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #elkan #baggott #bukan #pilihan #menebak #sosok #pengganti #justin #hubner #lini #belakang #timnas #indonesia

KOMENTAR