Misteri Senyum Pelatih Korea saat Dibobol Malaysia Terungkap, Jurgen Klinsmann Bantah Tudingan Curang
Pelatih timnas Korea Selatan, Jurgen Klinsmann. EZEQUIEL BECERRA / AFP
09:06
30 Januari 2024

Misteri Senyum Pelatih Korea saat Dibobol Malaysia Terungkap, Jurgen Klinsmann Bantah Tudingan Curang

Ekspresi pelatih Korea Selatan, Jurgen Klinsmann yang tersenyum saat gawang timnya dibobol Malaysia pada matchday terakhir Grup E Piala Asia 2023 terungkap.

Meski sempat dianggap sebagai tanda Korea Selatan memang sengaja tak ingin menang dalam laga tersebut, Klinsmann kini menyampaikan hal sebenarnya.

Duel Korea Selatan melawan Malaysia secara mengejutkan berakhir imbang 3-3. Hasil itu membuat Taeguk Warriors finis sebagai runner-up Grup E dan terhindar dari Jepang di babak 16 besar.

Banyak yang merasa Korea Selatan 'main mata' dan sengaja tak ingin menang untuk menghindari status juara grup yang bakal mempertemukan mereka dengan Jepang selaku runner-up Grup D.

Kini, Klinsmann telah membantah tudingan tersebut. Dia menyebut senyumnya merupakan respons bahwa apa yang dia prediksi benar-benar terjadi.

"Saya senyum karena melihat hal itu akan datang. Itu adalah pertandingan di mana kami mencatatkan 85 persen penguasaan bola, 20 tendangan sudut, banyak peluang dan gagal menjadi gol," kata Jurgen Klinsmann dikutip dari Reuters, Selasa (30/1/2024).

Pemain Korea Selatan dalam laga terakhir penyisihan grup F hadapi Malaysia (the-afc.com)Pemain Korea Selatan dalam laga terakhir penyisihan grup F hadapi Malaysia (the-afc.com)

"Biasanya di sepak bola, hal tersebut terjadi di menit-menit akhir, jika Anda tidak menyelesaikan pertandingan, maka Anda akan dihukum," tambahnya.

Korea Selatan memang tampil dominan dalam laga tersebut, tetapi terlihat kurang klinis di depan gawang. Bahkan dalam prosesnya, mereka sempat tertinggal dari Malaysia.

Korea Selatan unggul lebih dulu lewat Jeong Woo-yeong pada menit ke-21, tetapi Harimau Malaysia bikin kejutan untuk berbalik unggul 2-1 lewat gol-gol Faisal Halim dan Arif Aiman.

Taeguk Warriors tidak tinggal diam dengan situasi tersebut. Mereka merespons lewat gol-gol dari Lee Kang-in dan Son Heung-min untuk berbalik unggul 3-2.

Namun jelang berakhirnya pertandingan, tepatnya pada menit 90+15', Malaysia secara dramatis mampu mencetak gol lewat Romel Morales untuk memaksa laga berakhir imbang 3-3.

Hasil itu membuat Korea Selatan finis sebagai runner-up Grup E dengan koleksi lima poin. Di babak 16 besar, mereka akan berhadapan dengan Arab Saudi selaku juara Grup F.

Duel Arab Saudi vs Korea Selatan akan berlangsung di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar hari ini, Selasa (30/1/2024) pukul 23.00 WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #misteri #senyum #pelatih #korea #saat #dibobol #malaysia #terungkap #jurgen #klinsmann #bantah #tudingan #curang

KOMENTAR