Media Internasional di Asean Hingga Eropa Ramal Timnas Indonesia Tak Sulit Kalahkan Bahrain dan China
Skuat Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Putaran Ketiga (pssi.org)
15:00
7 Oktober 2024

Media Internasional di Asean Hingga Eropa Ramal Timnas Indonesia Tak Sulit Kalahkan Bahrain dan China

Sejumlah media internasional meramalkan Timnas Indonesia tidak akan kesulitan kalahkan Bahrain di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dengan skuad elit kelas pemain Eropa, Timnas Indonesia disebut punya kekuatan pemain di atas rata-rata. Sehingga anak asuh Shin Tae-yong tidak akan banyak keluar tenaga.

Media Vietnam, Soha, memprediksi Timnas Indonesia akan mudah menaklukkan China dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Laga Indonesia vs China dijadwalkan pada 15 Oktober 2024 di Qingdao Youth Football Stadium, setelah sebelumnya Indonesia menghadapi Bahrain pada 10 Oktober 2024 di Bahrain National Stadium.

Baca Juga: Catat Performa Baik di Klub, Asnawi Mangkualam Bisa Saingi Sandy Walsh di Timnas?

Shin Tae-yong membawa 27 pemain, termasuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat Grup C dengan dua poin, sementara China di posisi terakhir tanpa poin, dan Bahrain di peringkat ketiga dengan tiga poin.

Menurut Soha, ada beberapa alasan China akan takluk dari Indonesia dan pelatih Branko Ivankovic terancam dipecat. Absennya pemain kunci jadi faktor utama.

Thom Haye dan Ivar Jenner saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Arab Saudi (the-afc.com)Thom Haye dan Ivar Jenner saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Arab Saudi (the-afc.com)

"Tim tuan rumah berisiko kalah karena krisis skuad," tulis Soha (5/10/2024). Hanya ada tiga pemain naturalisasi, dengan Alan absen karena cedera.

Lini belakang lemah, terlihat dari kekalahan 0-7 dari Jepang dan 1-2 dari Arab Saudi.

Sebaliknya, Indonesia punya skuad terbaik, dengan 16 pemain luar negeri dan 13 naturalisasi.

Baca Juga: Meski Optimis Menang, Timnas Indonesia Tak Boleh Remehkan Bahrain karena Hal Ini

Nilai transfer pemain Indonesia juga 1,6 kali lebih tinggi dari China. Ivankovic pun terancam dipecat jika gagal di laga berikut.

Sementara itu, Media Italia, Tutto Venezia Sport, bahkan memberikan pujian setinggi langit untuk bek Timnas Indonesia Jay Idzes.

Menurut media tersebut, Jay Idzes tampil begitu dominan di lini belakang sehingga membuat para penyerang lawan kesulitan menembus pertahanan timnya.

Kemampuan Jay Idzes dalam mengantisipasi serangan lawan, menjaga keseimbangan lini belakang, serta mengatur tempo permainan menjadikannya sebagai salah satu bek tengah terbaik di Serie B saat itu.

Jay Idzes ketika berseragam Venezia FC. (Instagram/jayidzes)Jay Idzes ketika berseragam Venezia FC. (Instagram/jayidzes)

Tentu saja, pujian ini menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia.

Dengan kualitas yang dimilikinya, Jay Idzes diprediksi akan menjadi sosok sentral di lini belakang skuad Garuda dalam menghadapi Bahrain dan China.

"Dia sering menjadi yang terbaik dalam menutup ruang dari lawan serta dapat mengatur pertahanan," tulis media itu.

Kehadirannya diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi rekan-rekannya dan menyulitkan para penyerang lawan.

Jika Jay Idzes mampu tampil konsisten dan mempertahankan performa terbaiknya, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia akan mampu meraih hasil maksimal dalam dua laga tandang ini. Kemenangan atau setidaknya hasil imbang akan menjadi target realistis bagi skuad Garuda.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #media #internasional #asean #hingga #eropa #ramal #timnas #indonesia #sulit #kalahkan #bahrain #china

KOMENTAR