Rionny Mainaky Bongkar Kunci Sukses Indonesia Pulangkan Piala Suhandinata Setelah 5 Tahun
Tim Indonesia berhasil meraih gelar juara Piala Suhandinata 2024 usai mengalahkan Tiongkok di kandangnya, Sabtu (5/10). (Dok: PBSI)
12:45
6 Oktober 2024

Rionny Mainaky Bongkar Kunci Sukses Indonesia Pulangkan Piala Suhandinata Setelah 5 Tahun

– Manajer tim bulu tangkis junior Indonesia, Rionny Mainaky, mengungkapkan kunci keberhasilan Indonesia mengalahkan Tiongkok di final Piala Suhandinata 2024. Skuad Merah Putih Muda pun sukses menggondol gelar tersebut.

Tim Indonesia sukses mengumandangkan lagu Indonesia Raya setelah menjadi kampiun di Piala Suhandinata 2024. Supremasi tertinggi kejuaraan bulu tangkis tingkat junior internasional itu dibawa pulang usai mengalahkan tuan rumah yang sekaligus unggulan pertama, Tiongkok.

Mutiara Ayu Puspitasari dan kolega membungkam sang macan di kandangnya dengan skor 110-103. Pertarungan itu digelar di Nanchang International Sports Center Gymnasium Sabtu (5/10).

Ganda putri Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine menjadi bintang pada laga final ini. Turun dua kali, Isyana/Rinjani total mengumpulkan 26 poin.

Rionny Mainaky selaku manajer tim menyatakan, prestasi ini terasa istimewa bagi Indonesia karena diraih setelah melalui perjuangan yang tidak mudah, mengalahkan Tiongkok di kandangnya.

Menurut Rionny, ini juga menjadi balasan sepadan di final tahun lalu. Saat itu, tim junior Indonesia ditundukkan Tiongkok dengan skor 1-3 di Spokane, Amerika Serikat.

"Saya bangga sekali dengan perjuangan anak-anak. Mereka bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ujar Rionny Mainaky dalam keterangan resmi PBSI.

"Luar biasa penampilan mereka di kandang China ini. Bisa tampil tenang dengan tekanan yang sangat besar. Saya sangat apresiasi," imbuh salah satu klan Mainaky bersaudara ini.

Selain ketenangan, kekompakan tim menjadi pilar penting kembalinya Piala Suhandinata ke tanah air. Ini jadi kali kedua Indonesia meraih gelar tersebut, di mana pertama kali diraih Merah Putih pada 2019 alias lima tahun lalu.

"Kekompakan mereka bagus sekali. Ini sangat penting dalam tim. Mereka juga displin dan mau berjuang habis-habisan," kata Rionny menambahkan.

Walau begitu, adik Richard Mainaky itu meminta anak asuhnya tak cepat puas. Pasalnya, masih ada nomor perorangan yang akan berlangsung pekan depan. Rionny berpesan untuk tidak terlalu terlena.

"Jangan terlalu terlena dengan hasil ini. Masih ada perorangan, jadi semua sektor harus menunjukkan lagi semangat dan perjuangannya. Yakin mereka bisa," pungkas Rionny.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #rionny #mainaky #bongkar #kunci #sukses #indonesia #pulangkan #piala #suhandinata #setelah #tahun

KOMENTAR