Gelandang Irak Waspadai Timnas Indonesia, Lupakan Momen Bantai Garuda di Kualifikasi Piala Dunia
Timnas Irak, lawan pertama Timnas Indonesia dalam Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [Dok. Instagram/@iraq.ifa]
11:45
9 Januari 2024

Gelandang Irak Waspadai Timnas Indonesia, Lupakan Momen Bantai Garuda di Kualifikasi Piala Dunia

Gelandang Timnas Irak, Bashar Resan enggan meremehkan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Dia menyebut semua tim di Grup D punya potensi untuk mengalahkan Singa Mesopotamia.

Timnas Indonesia dan Vietnam bukanlah lawan asing untuk Irak. Sebelum saling bentrok di Piala Asia 2023, ketiga negara sudah menjajal kekuatan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada November lalu.

Khusus Timnas Indonesia, Irak berhasil menang telak dalam matchday pertama Grup F di Stadion Internasional Basra. Saat itu, mereka menghancurkan skuad asuhan Shin Tae-yong dengan skor 5-1.

Meski punya modal impresif, Bashar Resan menegaskan Irak tak boleh meremehkan Timnas Indonesia. Dia meyakini Kualifikasi Piala Dunia tidak bisa jadi patokan sebuah tim di Piala Asia 2023.

"Grup [D] ini seimbang, tidak ada yang mudah atau tidak mungkin pada saat yang sama," kata Bashar Resan dikutip dari Winwin, Selasa (9/1/2024).

Timnas Irak berbaris untuk sesi foto selama pertandingan grup D Piala Asia 2019 antara Yaman vs Irak di stadion Sharjah di Sharjah pada 12 Januari, 2019.Karim SAHIB / AFP.Timnas Irak berbaris untuk sesi foto selama pertandingan grup D Piala Asia 2019 antara Yaman vs Irak di stadion Sharjah di Sharjah pada 12 Januari, 2019.Karim SAHIB / AFP.

"Kami sebelumnya bertemu Indonesia dan Vietnam, dan ya kami menang melawan mereka."

"Tetapi pertandingan di Piala Asia berbeda dari kualifikasi dan tidak bakal gampang,"

Menurut gelandang milik klub Qatar SC itu, Timnas Irak harus ekstra waspada dan menghindari kesalahan agar bisa lolos ke fase knock-out Piala Asia 2023.

"Kesalahan kecil bisa membuat Irak kalah, meninggalkan turnamen, dan membuat fans Irak kecewa," tegas Bashar Resan.

Meski mengakui tiga lawan Irak di Grup D Piala Asia 2023 punya potensi mengalahkan mereka, Bashar Resan sadar menghadapi Jepang akan jadi ujian terberat bagi timnya.

Jepang adalah tim terbaik Asia saat ini merujuk ranking FIFA di mana mereka menduduki peringkat 17 dunia atau yang terbaik di kawasan Benua Kuning.

Selain itu, Jepang adalah raja Piala Asia dengan empat gelar, berbanding satu gelar yang didapat Irak pada 2007 silam ketika Timnas Indonesia, Vietnam, Malaysia dan Thailand menjadi tuan rumah.

"Mungkin tugas paling sulit yang menanti kami adalah melawan Jepang, kandidat utama yang bakal meraih gelar. InsyaAllah kami siap menjalani pertandingan secara teknik, fisik, dan mental," kata Resan.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Sebanyak 24 tim berjibaku untuk menjadi yang terbaik di ajang ini.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #gelandang #irak #waspadai #timnas #indonesia #lupakan #momen #bantai #garuda #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR