Datangi Kedubes Indonesia di Belanda, Pemain Keturunan Diambang Ukir Sejarah di Manchester United
Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers yang saat ini membela FC Twente. [Dok. Instagram/Mees Hilgers]
14:36
18 September 2024

Datangi Kedubes Indonesia di Belanda, Pemain Keturunan Diambang Ukir Sejarah di Manchester United

Keputusan Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham) untuk melakukan pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) kepada Mees Hilers dan Eliano Reijnders di Belanda, bakal menciptakan sejarah.

Sejarah yang dimaksud adalah Mees Hilgers bakal menjadi pesepak bola Indonesia pertama yang menghadapi Manchester United di Old Trafford.

Ya, bek 23 tahun bersama timnya, FC Twente, dijadwalkan menghadapi Manchester United dalam matchday pertama Liga Europa 2024/2025.

Pertandingan bakal berlangsung di Old Trafford, Manchester pada Kamis, 26 September 2024.

Baca Juga: Naturalisasi Approved! Mees Hilgers Kibarkan Bendera Merah Putih di Laga FC Twente vs SC Heerenveen

Sebelum pertandingan tersebut, Mees Hilgers diperkirakan sudah menyandang status WNI.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas sudah menyatakan bahwa pihaknya akan mendatangi Mees dan Eliano di Belanda untuk menjalankan pengambilan sumpah WNI.

"Untuk naturalisasi dua pemain yang akan menjadi pemain Timnas Indonesia dalam rangka menuju Piala Dunia, langkah terakhir adalah pengambilan sumpah kewarganegaraan," ujar Menkumham, Supratman Andi Agtas dalam unggahan di Instagram.

"Berhubung calon dua warga negara Indonesia yang nanti akan bergabung dengan Timnas masih berada di negara tempat mereka membina klub sepak bola di Belanda."

"Maka langkah tercepat yang bisa diambil adalah kami memberangkatkan petugas dari Kementerian Hukum dan HAM yakni Dirjen AHU untuk pengambilan sumpah bagi warga negara di Kedutaan Besar RI di Belanda."

Baca Juga: Mees Hilgers Bentangkan Bendera Indonesia usai Hajar Mantan Klub Thom Haye

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diketahui telah mendapat persetujuan Komisi III dan Komisi X DPR RI untuk dinaturalisasi sebagai warga negara Indonesia.

Mees Hilgers bentangkan bendera Merah Putih usai main untuk FC Twente. (TikTok/@indonesiasocccerteam)Mees Hilgers bentangkan bendera Merah Putih usai main untuk FC Twente. (TikTok/@indonesiasocccerteam)

Mereka kini akan menjalani beberapa tahapan lagi termasuk persetujuan di rapat Paripurna DPR RI, mendapat surat Keputusan Presiden (Keppres), sebelum akhirnya menjalani sumpah WNI.

Biasanya, para pemain keturunan diminta untuk datang ke Indonesia saat menjalani sumpah WNI.

Namun, melihat waktu yang mepet, Mees Hilgers dan Eliano dijadwalkan menjalani sumpah WNI di Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di Den Haag, Belanda.

Meski tidak disampaikan secara spesifik kapan sumpah WNI itu bakal digelar. Kemenkumham dinilai akan melakukan prosesnya dalam waktu dekat sebelum 24 September 2024.

Sebagai informasi, 24 September merupakan batas akhir pendaftaran pemain untuk lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di mana Timnas Indonesia akan melawan Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober mendatang.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sebelumnya berharap Mees dan Eliano bisa membela Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Oktober nanti.

Andai semua prosesnya berjalan lancar dan sesuai rencana, Mees Hilgers bakal sudah menyandang status WNI ketika membela FC Twente melawan Manchester United di Old Trafford.

Hilgers diperkirakan bakal tetap menjadi andalan di lini belakang FC Twente dan diharapkan bisa meredam agresivitas Manchester United di kandangnya.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #datangi #kedubes #indonesia #belanda #pemain #keturunan #diambang #ukir #sejarah #manchester #united

KOMENTAR