Disindir Madam Pang, Ini Perbandingan Prestasi Timnas Indonesia vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia
Kolase Timnas Indonesia vs Thailand. (PSSI & FAT)
17:42
17 September 2024

Disindir Madam Pang, Ini Perbandingan Prestasi Timnas Indonesia vs Thailand di Kualifikasi Piala Dunia

Manajer Timnas Thailand, Madam Pang, memberikan sindirannya terhadap rekam jejak Timnas Indonesia yang masih belum berhasil menumbangkan Thailand pada beberapa pertemuan terakhir di Piala AFF.

Madam Pang, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), memang menyadari bahwa Timnas Indonesia merupakan pesaing terberat Thailand di kawasan Asia Tenggara.

Menurutnya, sebagai satu-satunya peserta ASEAN di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, anak asuh Shin Tae-yong layak diwaspadai. Akan tetapi, dia tetap yakin Thailand masih unggul atas Indonesia berbekal rekor di Piala AFF.

"Di Piala AFF, Timnas Indonesia atau tim lain sama-sama menakutkannya. Indonesia tim berkualitas. Itu sudah mereka buktikan di babak kualifikasi Piala Dunia 2026," ujarnya seperti dilansir dari Dan Tri. 

Baca Juga: Bek Jangkung Keturunan Indonesia Ini Disebut-sebut Kakak Ipar Eliano Reijnders

"Namun perlu diingat juga, pada Piala AFF belakangan ini, Timnas Indonesia belum pernah berhasil mengalahkan Timnas Thailand," ujar Madam Pang melanjutkan.

Lalu, bagaimana sebetulnya perbandingan prestasi Timnas Indonesia dengan Thailand jika berbicara rekor penampilannya di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Prestasi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)

Sebagai informasi, ini menjadi kali pertama bagi Timnas Indonesia melaju hingga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melalui format terbaru. Sebelumnya, langkah skuad Garuda selalu kandas di putaran kedua.

Menghadapi lawan-lawan yang berstatus tim elite di Asia, Timnas Indonesia bisa memulai perjuangannya dengan positif. Mereka setidaknya masih belum terkalahkan pada dua pertandingan awal Grup C.

Baca Juga: Silsilah Lengkap Garis Keturunan Indonesia Eliano Reijnders: 'Merah Putih' Sampai ke Istri

Skuad Garuda mampu menahan imbang Arab Saudi (1-1) dan Australia (0-0) untuk mengoleksi dua poin. Ini menjadi prestasi yang cukup impresif mengingat dua lawannya merupakan langganan Piala Dunia.

Untuk saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup C dengan koleksi dua poin, unggul dari Australia di peringkat kelima dan China di urutan keenam.

Prestasi Timnas Thailand

Para pemain Timnas Thailand usai laga Piala Asia 2023 kontra Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, 21 Januari 2024. [HECTOR RETAMAL / AFP]Para pemain Timnas Thailand usai laga Piala Asia 2023 kontra Oman di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, 21 Januari 2024. [HECTOR RETAMAL / AFP]

Salah satu ukuran yang bisa menjadi rujukan perbandingan prestasi Timnas Indonesia dan Thailand pada babak ini tersaji pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia. Ketika itu, Thailand memang digdaya karena tampil apik pada putaran kedua.

Mereka mampu melaju ke putaran ketiga dengan status juara Grup F. Namun, hasilnya mereka harus menjadi bulan-bulanan. Saat itu, Thailand tergabung di Grup B putaran ketiga bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Uni Emirat Arab, dan Irak.

Hasilnya, skuad Gajah Perang menjadi juru kunci klasemen akhir Grup B. Mereka hanya sanggup mengoleksi dua poin dari 10 pertandingan. Poin ini diperoleh saat menahan imbang Australia (2-2) dan Irak (1-1). Dengan kata lain Timnas Indonesia berpotensi melewati prestasi Thailand pada tahun 2017 tersebut.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #disindir #madam #pang #perbandingan #prestasi #timnas #indonesia #thailand #kualifikasi #piala #dunia

KOMENTAR