Meski Gagal Juara, Sabar/Reza Tak Menyangka Bisa Naik Podium di Hongkong Open 2024
Sabar/Reza di podium Hongkong Open 2024. (PBSI)
16:59
15 September 2024

Meski Gagal Juara, Sabar/Reza Tak Menyangka Bisa Naik Podium di Hongkong Open 2024

– Pasangan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani menjadi runner-up Hongkong Open 2024. Duet ganda putra non-Pelatnas PBSI memastikan naik podium kedua usai dikalahkan wakil Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, 13-21, 17-21 pada laga final, Minggu (15/9).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Hung Hom Bay, Kowloon, Sabar/Reza benar-benar sudah kesulitan meladeni lawannya yang merupakan juara dunia 2023. Mereka tak bisa mengembangkan permainan sendiri sejak awal laga.

"Harapan memang bisa menjadi juara, tapi harus diakui Kang/Seo hari ini bermain lebih baik. Mereka benar-benar bisa mengontrol, memanfaatkan situasi," kata Sabar usai pertandingan.

"Di gim pertama kami tidak bisa keluar dari tekanan, lalu di gim kedua kami mencoba mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik, tapi hasilnya memang tidak bisa memenangkan pertandingan," tambah pebulu tangkis yang akrab disapa Boy ini.

Reza pun mengutarakan hal yang sama. Mereka sebenarnya sempat coba mengimbangi permainan Kang/Seo. Bahkan, Sabar/Reza mampu menyamai kedudukan 14-14 pada gim kedua. Tapi, pasangan Korea Selatan tetap memegang kendali permainan.

"Kang/Seo hari ini sangat bagus di servis dan pembukaan servis ya jadi kami kewalahan di sana. Di gim kedua kami sempat bangkit dan menyamakan kedudukan, tapi setelah poin 14-14 mereka kembali dengan kelebihannya itu," jelas Reza.

Ini menjadi kekalahan kedua yang dialami oleh Sabar/Reza dari Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Ya, kedua pasangan sebelumnya pernah sekali berjumpa, yakni di Indonesia Open 2022. Kala itu Sabar/Reza kandas 13-21, 11-21.

"Setelah terakhir bertemu tahun 2022, sekarang mereka jauh lebih matang dan lebih cepat pukulannya. Baik saat menyerang maupun bertahan," kata Sabar.

Meski gagal menjadi juara, Sabar/Reza tetap bersyukur. Sebab, ini merupakan kali pertama mampu melaju ke final dalam turnamen BWF World Tour Super 500. Bagi Sabar/Reza, hasil di Hongkong Open 2024 di luar ekspektasi.

"Kami bisa keluar sebagai runner-up. Secara pribadi saya puas dengan hasil di Hongkong Open ini," ucap Sabar.

"Kami tidak menyangka akan pencapaian di sepanjang tahun ini. Awalnya kami mau nothing to lose saja, tapi diberikan yang lebih. Kami bersyukur atas itu," kata Reza menimpali rekannya.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #meski #gagal #juara #sabarreza #menyangka #bisa #naik #podium #hongkong #open #2024

KOMENTAR