5 Hal yang Harus Diketahui tentang Jairo Riedewald, Pemain Keturunan Siap Bela Timnas Indonesia
Pemain Crystal Palace, Jairo Riedewald, suka dengan makanan pedas Indoensia. (Mike Hewitt / POOL / AFP)
12:18
15 September 2024

5 Hal yang Harus Diketahui tentang Jairo Riedewald, Pemain Keturunan Siap Bela Timnas Indonesia

Berikut 5 hal menarik tentang Jairo Riedewald, pemain keturunan yang siap membela Timnas Indonesia pada Oktober dan November mendatang.

Jairo Riedewald diyakini siap membela Timnas Indonesia pada Oktober dan November mendatang setelah munculnya bocoran dari media Belanda, VoetbalPrimeur.

Bocoran ini diberikan VoetbalPrimeur saat berbincang-bincang dengan pemain keturunan lainnya yang akan segera dinaturalisasi, Mauro Zijlstra.

“Ini cukup istimewa karena ada beberapa pemain lagi yang bisa bergabung dengan Indonesia selain kamu, Mauro. Saya tahu bahwa Jairo Riedewald adalah salah satunya, yang sedang dalam proses,” kata salah satu host VoetbalPrimeur.

Baca Juga: Skenario Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bela Timnas Indonesia Lawan Bahrain dan China

Dari bocoran tersebut, banyak pecinta sepak bola Tanah Air yang meyakini bahwa proses naturalisasi Jairo Riedewald tengah digeber dan dirinya akan segera membela Timnas Indonesia.

Apalagi pemain berusia 28 tahun itu sudah memberi kode lewat media sosial, di mana dirinya menyematkan bendera Indonesia di akun Instagram-nya, @jriedewald.

Terlepas dari kabar menggembirakan ini, menarik untuk mengupas hal-hal yang jarang diketahui orang dari sosok Jairo Riedewald.

Berikut hal-hal yang harus diketahui orang mengenai sosok mantan gelandang Crystal Palace itu.

1. Pernah Bermain di Indonesia

Baca Juga: Harga Pasaran Pascal Struijk, Bek Leeds United Berpeluang Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Jairo Riedewald tercatat pernah bermain di Indonesia pada 2014 silam. Saat itu, ia datang ke Tanah Air bersama skuad Ajax Amsterdam.

Saat itu, Jairo masih berusia 17 tahun. Ia pun sempat bermain saat Ajax melakoni uji coba kontra Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Uniknya lagi, dalam kunjungannya ke Indonesia itu, ia ditemui oleh saudara neneknya yang ada di Indonesia.

2. Pencetak Gol Termuda sebagai Debutan di Eredivisie

Jairo Riedewald, Pemain Keturunan Belanda yang Dirumorkan Akan Dinaturalisasi oleh Indonesia. (instagram.com/jairo_riedewald)Jairo Riedewald, Pemain Keturunan Belanda yang Dirumorkan Akan Dinaturalisasi oleh Indonesia. (instagram.com/jairo_riedewald)

Tahukah Anda, Jairo Riedewald pernah memegang rekor pencetak gol termuda di Eredivisie sebagai debutan saat masih berseragam Ajax Amsterdam.

Hal tersebut terjadi pada Desember 2013 lalu. Saat itu, Jairo masuk sebagai debutan menggantikan Christian Poulsen di menit ke-80.

Setelah ia masuk, Ajax yang tertinggal 0-1 mampu berbalik unggul lewat Brace Jairo, yakni di menit ke-88 dan menit ke-90.

3. Versatile

Pemain keturunan Indonesia, Jairo Riedewald saat masih membela klub Premier League, Crystal Palace. [Dok. AFP]Pemain keturunan Indonesia, Jairo Riedewald saat masih membela klub Premier League, Crystal Palace. [Dok. AFP]

Jairo Riedewald dikenal sebagai pemain Versatile. Ia bisa bermain sebagai bek kiri, bek tengah, dan juga sebagai gelandang bertahan ataupun gelandang tengah.

Sepanjang kariernya, Jairo paling banyak tampil sebagai gelandang bertahan yakni dengan 84 penampilan, diikuti sebagai bek tengah (68 laga), dan bek kiri (41 laga).

Versatilitas ini membuatnya menjadi pemain yang bisa diandalkan di setiap momen dan bakal menguntungkan Shin Tae-yong andai dirinya bisa membela Timnas Indonesia.

4. Pemain Berkaki Kaca

profil jairo riedewald (Instagram @jairoriedewaldd)profil jairo riedewald (Instagram @jairoriedewaldd)

Sebagai pesepak bola, Jairo Riedewald dikenal sebagai pemain berkaki kaca alias gampang cedera. Ia mulai gampang cedera sejak 2016 lalu kala menderita cedera patah pergelangan kaki.

Usai cedera itu, Jairo kerap dilanda banyak cedera seperti cedera lutut, cedera pangkal paha, hingga cedera Hamstring.

Terbaru, ia mengalami cedera Hamstring yang memaksanya harus absen bersama Royal Antwerp. Hingga saat ini belum diketahui kapan dirinya akan pulih.

5. Tolak Suriname demi Indonesia

Jairo Riedewald santer dirumorkan membela timnas Indonesia. (Instagram/@royal_antwerp_fc)Jairo Riedewald santer dirumorkan membela timnas Indonesia. (Instagram/@royal_antwerp_fc)

Jairo Riedewald diketahui memiliki darah campuran Indonesia, Suriname, dan Belanda. Karenanya, ia bisa memilih antara Indonesia dan Suriname usai tak lagi dipanggil Belanda.

Siapa sangka, Jairo kabarnya menolak Suriname yang merupakan negara asal sang ayah dan lebih memilih membela Indonesia.

Padahal, Jairo sendiri pernah bermain bersama Suriprofs atau komunitas pesepak bola profesional keturunan Suriname bersama Edgar Davids dan Clarence Seedorf.

(https://nos.nl/artikel/2035596-klein-paramaribo-op-de-toekomst)

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #yang #harus #diketahui #tentang #jairo #riedewald #pemain #keturunan #siap #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR