Media Jepang Berikan Julukan ke Asnawi Mangkualam, Bak Reptil Terkuat Asli Indonesia
Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP
13:30
22 Januari 2024

Media Jepang Berikan Julukan ke Asnawi Mangkualam, Bak Reptil Terkuat Asli Indonesia

Media Jepang takjub dengan kegigihan Asnawi Mangkualam. Kapten timnas Indonesia bahkan mendapatkan julukan baru.

Asnawi Mangkualam dipercaya Shin Tae-yong dalam dua pertandingan Piala Asia 2023. Pertama ketika melawan Irak, dirinya kurang maksimal.

Nah, di pertandingan kedua melawan Vietnam, Asnawi berhasil menjadi aktor kemenangan bagi skuad Garuda. Eks PSM Makassar ini mencetak gol dari tendangan penalti.

Performa pemain berusia 24 tahun ini lantas menjadi sorotan media Jepang. Pasalnya mantan penggawa Jeonnam Dragons dianggap punya kegigihan yang luar biasa.

Padahal Asnawi baru saja sembuh dari cedera. Namun, kegigihannya tidak luncur kala membela tim Merah Putih.

Tak ayal media Jepang memberikan julukan ke Asnawi bak reptil terkuat yang hidup di negerinya sendiri. Yang dimaksud adalah Komodo.

"Ibarat reptil terkuat yang hidup di negerinya sendiri, kekuatannya adalah kegigihan, seolah tidak melepas begitu menggigit. Menghabisi lawan dengan berpartisipasi dengan serangan yang berani," tulis laporan Nikkan Sports disadur Senin (22/1/2024).

"Dengan tinggi 174 cm, ia tidak terlalu tinggi, tapi beratnya 76 kilogram, sehingga punya fisik kokoh dan gerakannya yang kuat .mengingatkan kita pada Komodo," sambungnya

Media Jepang lantas membeberkan prestasi Asnawi Mangkualam yang punya mental kuat sebagai eksekutor penalti. Hal itu membuat timnas Indonesia bisa mempermalukan Vietnam.

"Meski berposisi sebagai bek, ia mendapatkan peran sebagai penenang penalti dan mendapatkan banyak kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong," tegasnya.

Sementara itu, pertandingan antara timna Indonesia melawan Jepang bakal digelar pada Rabu (24/1/2024) mendatang pukul 18.30 WIB.

Editor: Arif Budi

Tag:  #media #jepang #berikan #julukan #asnawi #mangkualam #reptil #terkuat #asli #indonesia

KOMENTAR