Fakta Menarik Thom Haye Bakal Merumput di Liga Inggris Jika Terima Tawaran Klub Berusia 157 Tahun
Thom Haye dikabarkan digaet Sheffield Wednesday, klub liga Inggris (@SWFC_MEDIA)
16:36
12 September 2024

Fakta Menarik Thom Haye Bakal Merumput di Liga Inggris Jika Terima Tawaran Klub Berusia 157 Tahun

Gelandang Timnas Indonesia, Thom Haye, menjadi pusat perhatian sejumlah klub Eropa pasca berakhirnya kontraknya di SC Heerenveen.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Sheffield Wednesday, salah satu klub kasta kedua Liga Inggris, telah menyatakan minatnya untuk mengamankan tanda tangan pemain naturalisasi ini.

Kabar itu disebar akun X @SWFC_MEDIA.

"Sheffield Wednesday telah menunjukkan minat untuk merekrut gelandang Indonesia Thom Haye dengan status bebas transfer," tulis akun itu.

Baca Juga: Perbandingan Nilai Pasar Sandy Walsh dan Craig Goodwin, Pemain Australia yang Provokasi Bek Kanan Timnas Indonesia

Sebelumnya, Thom Haye sempat dikaitkan dengan Oxford United. Namun, negosiasi dengan klub berjuluk U's tersebut dilaporkan menemui jalan buntu.

Berikut 3 fakta menarik informasi tersebut:

1. Bebas transfer

Status bebas transfer yang dimiliki Thom Haye membuatnya menjadi komoditas menarik bagi banyak klub.

Thom Haye dikabarkan akan gabung klub baru usai bela timnas Indonesia lawan Arab Saudi dan Australia. (Instagram/@thomhaye)Thom Haye dikabarkan akan gabung klub baru usai bela timnas Indonesia lawan Arab Saudi dan Australia. (Instagram/@thomhaye)

Sheffield Wednesday sedang mencari gelandang bertahan tangguh untuk memperkuat lini tengah mereka.

Baca Juga: Mitchell Duke Ketakutan, Penyerang Australia Remehkan Tradisi 'Nyanyi Tanah Airku' Akhirnya Minta Maaf

Profil fisik Thom Haye yang menjulang tinggi dengan postur 187 cm menjadi salah satu alasan mengapa Sheffield Wednesday tertarik untuk mendatangkannya.

Tinggi badan yang ideal tersebut dinilai cocok untuk bermain di posisi gelandang bertahan dan bisa memberikan kontribusi besar dalam duel-duel udara.

2. Thom Haye tinggal pilih

Selain Sheffield Wednesday, beberapa klub Eropa lainnya juga dikabarkan tertarik untuk merekrut Thom Haye. Dinamo Zagreb, salah satu klub raksasa Kroasia, sempat diisukan menjadi salah satu tujuan berikutnya bagi pemain kelahiran Amsterdam ini.

Thom Haye saat debut bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam (dok. PSSI)Thom Haye saat debut bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam (dok. PSSI)

Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi mengenai kebenaran kabar tersebut.

Pasca membela Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Thom Haye langsung terbang ke Inggris untuk melanjutkan negosiasi dengan Oxford United.

Sayangnya, negosiasi tersebut tidak membuahkan hasil positif. Beberapa media Belanda bahkan sempat mengklaim bahwa Thom Haye akan kembali ke Belanda untuk bergabung dengan NAC Breda.

3. Sheffield Wednesday klub tua

Sheffield Wednesday Football Club adalah nama tim sepak bola asal Inggris yang bermarkas di Sheffield, Yorkshire Selatan, Inggris.

Tim ini berdiri tahun 1867 dan kini berlaga di Football League Championship, setelah mendapat promosi otomatis dari Football League One pada akhir musim 2011-12.

Thom Haye dikaitkan dengan dua klub, yakni RB Leipzig dan RB Salzburg. (Instagram/@thomhaye).Thom Haye dikaitkan dengan dua klub, yakni RB Leipzig dan RB Salzburg. (Instagram/@thomhaye).

Sheffield Wednesday adalah salah satu klub profesional tertua di dunia dan tertua kelima di liga Inggris.

The Wednesday adalah nama yang mereka gunakan sampai tahun 1929, dan juga merupakan salah satu klub pendiri Football Alliance pada tahun 1889, dan menjadi juara pertama di musim perdana.

The Wednesday bergabung dengan The Football League tiga tahun kemudian ketika liga digabung.

Dengan banyaknya klub yang tertarik, masa depan Thom Haye masih menjadi tanda tanya.

Pilihan klub mana yang akan dipilih oleh pemain berusia 29 tahun ini tentu akan sangat menarik untuk ditunggu.

Jika bergabung dengan Sheffield Wednesday, Thom Haye berpeluang untuk merasakan atmosfer sepak bola Inggris yang kompetitif.

Sementara itu, jika memilih Dinamo Zagreb, ia akan memiliki kesempatan untuk bermain di Liga Champions.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #fakta #menarik #thom #haye #bakal #merumput #liga #inggris #jika #terima #tawaran #klub #berusia #tahun

KOMENTAR