5 Fakta Rekor Tersembunyi Jay Idzes Bawa Timnas Indonesia Tak Terkalahkan Sejak Dia Perkuat
Jay Idzes saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Australia (the-afc.com)
09:30
12 September 2024

5 Fakta Rekor Tersembunyi Jay Idzes Bawa Timnas Indonesia Tak Terkalahkan Sejak Dia Perkuat

Jay Idzes memiliki rekor mentereng selama membela Timnas Indonesia, di mana skuad Garuda tak pernah kalah saat dirinya dimainkan.

Sejak resmi dinaturalisasi pada 28 Desember 2023 lalu, Jay Idzes menjadi salah satu sosok penting di lini pertahanan Timnas Indonesia.

Sosok pemain berusia 24 tahun itu kerap dimainkan sebagai starter di lini belakang, meski skuad Garuda punya banyak stok bek keturunan.

Tak hanya kerap menjadi pilihan utama, bek Venezia itu juga dipercaya oleh Shin Tae-yong sebagai kapten di laga penting melawan Arab Saudi dan Australia beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Media Vietnam: Timnas Indonesia Terkuat di Asia Tenggara

Bukan tanpa alasan bek milik Venezia itu amat dipercaya oleh Shin Tae-yong. Pasalnya, Jay Idzes mampu membawa tuah bagi Timnas Indonesia.

Percaya atau tidak, setiap Jay Idzes tampil bagi Timnas Indonesia, tim Merah Putih tak pernah kalah dari lawan-lawannya.

Berikut rincian pertandingan saat Jay Idzes tampil bagi Timnas Indonesia di ajang internasional sejak debutnya pada Maret lalu berdasarkan transfermarket.

Momen duel Jay Idzes dengan salah satu pemain Australia. (Instagram/socceroos)Momen duel Jay Idzes dengan salah satu pemain Australia. (Instagram/socceroos)

1. Indonesia 1-0 Vietnam (Putaran Ke-2 Kualifikasi Piala Dunia 2026)

Jay Idzes melakoni debutnya bagi Timnas Indonesia saat skuad Garuda menjamu Vietnam di laga ketiga grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Sudah Follow Akun Instagram, Thom Haye Segera Diresmikan Klub Ini?

Di laga itu, Jay Idzes tampil sebagai starter berpasangan Rizky Ridho dan Justin Hubner di lini belakang Timnas Indonesia.

Hasilnya? Timnas Indonesia menang dengan skor tipis 1-0 dan Jay Idzes berhasil membawa tim Merah Putih mencetak Clean Sheet.

Selebrasi Jay Idzes setelah menjebol gawang Vietnam pada 26 Maret 2024 (pssi.org)Selebrasi Jay Idzes setelah menjebol gawang Vietnam pada 26 Maret 2024 (pssi.org)

2. Vietnam 0-3 Indonesia (Putaran Ke-2 Kualifikasi Piala Dunia 2026)

Di laga keempat grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia bertandang ke markas Vietnam. Di laga ini, Jay Idzes kembali berpasangan dengan Justin Hubner dan Rizky Ridho.

Pada laga ini, Jay Idzes tampil apik saat mengawal pertahanan Timnas Indonesia hingga sulit ditembus oleh Vietnam.

Tak hanya tampil apik dalam bertahan, Jay Idzes bahkan juga berhasil mencetak gol yang membuat Timnas Indonesia menang dengan skor 3-0.

Jay Idzes saat melakoni laga debut bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 21 Maret 2024 (pssi.org)Jay Idzes saat melakoni laga debut bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 21 Maret 2024 (pssi.org)

3. Indonesia 2-0 Filipina (Putaran Ke-2 Kualifikasi Piala Dunia 2026)

Sebelum melawan Filipina, Jay Idzes sempat absen akibat cedera kala Timnas Indonesia menjamu Irak di laga kelima grup F. Hasilnya? Skuad Garuda takluk dengan skor 0-2.

Pasca laga kontra Irak, Jay Idzes pun akhirnya bisa tampil kembali di lini pertahanan Timnas Indonesia di laga terakhir grup F melawan Filipina.

Pada pertandingan kontra Filipina ini, Jay Idzes berhasil membawa Timnas Indonesia menang dengan skor 2-0, di mana ia menunjukkan kepemimpinannya sepanjang laga, termasuk saat memberi ruang bagi pemain lawan yang mengalami kolaps.

4. Arab Saudi 1-1 Indonesia (Putaran Ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026)

Banyak anggapan rekor Jay Idzes ini didapat saat melawan tim-tim yang di atas kertas bisa dikalahkan Timnas Indonesia seperti Vietnam dan Filipina.

Tapi anggapan itu dipatahkan saat Jay Idzes berhasil membawa Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 kontra Arab Saudi di laga perdana grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di laga ini, Jay Idzes bahkan untuk pertama kalinya dipercaya tampil dengan ban kapten yang melingkar di lengan kirinya.

5. Indonesia 0-0 Australia (Putaran Ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026)

Jay Idzes kembali membuktikan bahwa dirinya layak menjadi kapten dan pilihan utama di lini belakang Timnas Indonesia saat menjamu Australia di laga kedua grup C.

Di laga tersebut, bek jebolan FC Eindhoven ini tampil lugas dan tenang serta mampu membimbing rekan-rekannya di atas lapangan.

Berkat komandonya dan penampilannya, skuad Garuda bisa meraih hasil imbang 0-0 atas Australia dan meraup poin kedua di dua pertandingan awal grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #fakta #rekor #tersembunyi #idzes #bawa #timnas #indonesia #terkalahkan #sejak #perkuat

KOMENTAR