Siapa Esther Appels? Ibunda Maarten Paes Bukan Wanita Biasa, Ternyata Guru Spiritual, Seniman dan Pengusaha
Maarten Paes bersama Esther Appels (rambut pirang dan panjang) (Instagram Maarten Paes)
07:30
12 September 2024

Siapa Esther Appels? Ibunda Maarten Paes Bukan Wanita Biasa, Ternyata Guru Spiritual, Seniman dan Pengusaha

Mengulik sosok ibu Maarten Paes, kiper Timnas Indonesia yang namanya melejit usai tampil impresif di dua laga grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dia adalah Esther Appels.

Nama Maarten Paes memang tengah menjadi perbincangan usai performa apiknya saat Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi dan Australia.

Di dua pertandingan itu, kiper berusia 26 tahun itu menjadi penentu kesuksesan skuad Garuda meraih dua poin penting dari dua tim kuat Asia.

Di laga kontra Arab Saudi, Maarten Paes memang kebobolan satu gol. Tapi ia berhasil menepis penalti dan menghadang peluang demi peluang dari lawan.

Baca Juga: Terharu Bisa Debut di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Maarten Paes Katakan Hal Ini

Lalu di laga kontra Australia, kiper FC Dallas itu berhasil membuat 5 penyelamatan gemilang yang membuat Australia urung mencetak gol.

Berkat performanya, segala hal soal Maarten Paes menjadi konsumsi publik Tanah Air. Tak terkecuali soal latar belakangnya dan kedua orang tuanya.

Maarten Paes bersama Esther Appels (rambut pirang dan panjang) (Instagram Maarten Paes)Maarten Paes bersama Esther Appels (rambut pirang dan panjang) (Instagram Maarten Paes)

Soal kedua orang tuanya, banyak yang mengetahui bahwa Maarten Paes merupakan putra dari Vincent Paes, pengusaha, guru yoga, dan mantan pemilik NEC Nijmegen.

Tapi tak banyak yang tahu soal ibunda Maarten Paes. Lantas, siapakah sosok wanita yang telah melahirkannya itu?

Ibu Maarten Paes

Baca Juga: Asal-usul Lagu 'Tanah Airku' Jadi Tradisi di Akhir Pertandingan Timnas, Maknanya Mendalam

Setelah ditelusuri, ibu Maarten Paes diketahui bernama Esther Appels. Sama seperti sang ayah, sang ibu juga seorang pengusaha dan seorang pegiat seni

Dilansir dari laman LinkedIn-nya, Esther Appels merupakan pemilik Centrum de Appel, sebuah pusat kegiatan spiritual dan kreatif, dan juga pemilik Shiri Beach di Zanzibar.

Tak diketahui berapa usianya atau tanggal lahirnya. Hanya saja, informasi mengenai sosok Esther Appels bermuara di kegiatannya sebagai guru spiritual.

Dalam sebuah wawancara bersama Nijmegen Stad van Compassie, Esther Appels mengatakan bahwa dirinya mendirikan Centrum de Appel pada 2011 silam.

Selain itu, Esther Appels juga sempat ditunjuk sebagai Duta Perdamaian Nijmegen yang diduga terjadi pada tahun 2017 silam.

Dengan statusnya tersebut, banyak yang meyakini bahwa Esther Appels merupakan sosok ibu yang super sibuk dengan kegiatannya.

Tapi faktanya, Esther Appels kerap memantau perkembangan sang putra, Maarten Paes, dan mendukung kiprah anaknya tersebut.

Hal ini terlihat di media sosial, di mana Esther Appels pernah mengomentari unggahan Maarten Paes di LinkedIn saat membela FC Dallas.

“Cepat pulang,” bunyi komentar Esther Appels yang diyakini ingin bertemu sang putra yang tengah merantau di Amerika Serikat.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #siapa #esther #appels #ibunda #maarten #paes #bukan #wanita #biasa #ternyata #guru #spiritual #seniman #pengusaha

KOMENTAR