Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir, Pembukaan PON XXI Bakal Dimeriahkan Tarian Kolosal
FOKUS: Para talent berlatif untuk pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di areah Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (8/9). (ANGGER BONDAN/JAWA POS)
13:02
9 September 2024

Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadir, Pembukaan PON XXI Bakal Dimeriahkan Tarian Kolosal

– Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan membuka secara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024.

Selepas membuka MTQN di Samarinda, presiden akan terbang untuk membuka PON di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, hari ini (9/9).

Kepastian Jokowi membuka secara resmi PON XXI disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy. ’’Insya Allah Presiden Jokowi pasti hadir. Setelah membuka acara musabaqah tilawatil Quran (MTQ) di Samarinda, beliau akan langsung bertolak ke Aceh,’’ kata Muhadjir kemarin (8/9).

Muhadjir mengungkapkan, dia mendapatkan informasi dari panitia bahwa persiapan pembukaan PON Aceh-Sumut sudah siap. Dalam penampilan saat pembukaan nanti, tokoh perempuan legendaris asal Aceh akan coba dihidupkan kembali. Sosok tersebut adalah Laksamana Malahayati.

Tarian kolosal dalam upacara pembukaan PON XXI nanti akan menonjolkan sosok Laksamana Malahayati. Muhadjir memuji konsep itu. Karena mampu mengangkat semangat kepahlawanan perempuan dan menghindari bias gender. ’’Pahlawan tidak hanya laki-laki, tapi juga perempuan,’’ ujarnya. Dia mengatakan, Aceh memiliki dua pahlawan perempuan. Selain Laksamana Malahayati, ada sosok Cut Nyak Dhien.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Wilayah Aceh Andrie Tardiwan mengatakan bahwa persiapan sudah hampir 100 persen. ’’SHB (Stadion Harapan Bangsa, Red) sudah siap, kemarin (Sabtu, Red) latihan rangkaian acara sudah, dan besok (hari ini, Red) sudah mulai pembersihan, clean area, dan sebagainya,’’ ucap Andrie di Hotel Hermes, Banda Aceh, kemarin.

Lebih lanjut, Andrie juga menyebut Presiden Jokowi akan hadir dalam upacara pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Secara seremoni, PON XXI berlangsung mulai hari ini hingga 20 September mendatang. Namun, berbagai cabang olahraga sudah dipertandingkan sebelum pembukaan. Karena itu, khusus hari ini, seluruh pertandingan cabor akan distop dan baru berlanjut keesokan harinya.

"Insya Allah informasi yang kami dapat dari Setneg dan dari Paspampres besok (hari ini, Red) Bapak Presiden akan datang untuk membuka pelaksanaan PON," tuturnya.

Menurut dia, sebagian personel Paspampres juga sudah hadir, lalu beberapa staf kepresidenan. "Kalau tidak ada halangan, besok (hari ini, Red) siang tiba, malamnya ke stadion," ungkapnya.

Selain presiden, Andrie mengatakan sejumlah menteri juga akan hadir. Seperti Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. "Yang jelas Menpora hadir, Bapak Menteri PUPR juga, karena akan meresmikan jalan tol," kata Andrie. Namun, memang tidak semua menteri hadir, karena kapasitas SHB sangat terbatas. "Stadion hanya berkapasitas 17 ribu, besok (hari ini, Red) yang kami isi ada 12 ribu," pungkasnya. (wan/ka/c17/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #presiden #jokowi #dijadwalkan #hadir #pembukaan #bakal #dimeriahkan #tarian #kolosal

KOMENTAR