Piala Asia 2023: Marc Klok Tebar Ancaman ke Jepang, Tuliskan Kata-kata Ini di Medsos
Marc Klok. (Instagram/pssi)
07:42
21 Januari 2024

Piala Asia 2023: Marc Klok Tebar Ancaman ke Jepang, Tuliskan Kata-kata Ini di Medsos

Pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia menorehkan kemenangan 1-0 atas Timnas Vietnam, memberikan harapan besar untuk melangkah ke babak 16 besar. Pertandingan ini berlangsung pada Jumat, 19 Januari 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar.

Dalam pertandingan tersebut, Garuda berhasil meraih kemenangan berkat gol dari Asnawi Mangkualam melalui titik penalti pada menit ke-42. Keberhasilan ini membuka peluang besar bagi Tim Merah Putih untuk melangkah lebih jauh di kompetisi bergengsi ini.

Marc Klok, yang merupakan salah satu pemain kunci Timnas Indonesia, menyampaikan optimisme terkait peluang timnya untuk melaju ke babak 16 besar. Ia menilai kemenangan atas Vietnam sebagai hasil dari performa tim yang luar biasa.

"Great team performance and crucial win. Our big 16 dream lives on (Dengan kinerja tim yang hebat, mimpi kami untuk melangkah ke babak 16 besar masih tetap hidup)," ungkap Marc Klok melalui akun Instagram pribadinya @marcklok diunggah pada Sabtu.

Berikutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi tantangan berat ketika berduel dengan Timnas Jepang dalam pertarungan memperebutkan satu tiket lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D.

Dengan berada di posisi ketiga klasemen sementara, Timnas Indonesia harus memberikan perjuangan maksimal untuk mencapai target tersebut. Mereka bersaing ketat dengan Jepang yang saat ini berada di peringkat kedua dengan jumlah poin yang sama, yaitu tiga.

Irak telah lebih dahulu memastikan diri lolos ke babak berikutnya sebagai pemuncak klasemen Grup D dengan raihan enam poin. Oleh karena itu, persaingan ketat akan terjadi antara Indonesia dan Jepang, yang berpeluang melaju sebagai salah satu dari empat peringkat tiga terbaik.

Untuk melangkah ke babak selanjutnya, Marc Klok dan rekan-rekannya tidak hanya perlu menahan imbang Timnas Jepang, tetapi juga harus menghindari kekalahan dengan skor telak. Kedua tim akan memperebutkan tiket berharga tersebut dalam pertandingan seru di Stadion Al Thumama pada Rabu mendatang.

Sementara itu, Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari tidak bisa menutupi rasa bahagianya usai memabntu skuad Garuda mengalahkan Vietnam dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Kemenangan skuad Garuda atas Vietnam ini terasa spesial karena jadi yang pertama sejak kali terakhir membungkam rival Asia Tenggara itu pada 3 Desember 2016.

Timnas Indonesia berhasil memutus dominasi Vietnam dengan kemenangan 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa. Skuad Garuda menang tipis 1-0 berkat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Banyak hal yang didapat berkat kemenangan ini. Selain memutus tren negatif melawan Vietnam, tim Merah Putih menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

Ernando Ari mengaku senang Timnas Indonesia pada akhirnya bisa memenangi pertandingan setelah di laga perdana Grup D tim asuhan Shin Tae-yong kalah 1-3 melawan Irak.

“Saya sangat senang, kemenangan ini adalah sesuatu yang kami tunggu. Kami bekerja keras untuk mendapatkan hasil ini, terima kasih kepada para penggemar,” kata Ernando Ari dalam keterangannya.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Jepang di laga pamungkas Grup D Rabu (24/1/2024). Pertandingan ini sangat krusial bagi skuad Garuda untuk memastikan langkah ke babak 16 besar.

Tentu tidak mudah mengalahkan Jepang. Seperti diketahui, perbedaan kualitas antara Timnas Indonesia dan Samurai Biru sangat jauh.

Apalagi, Jepang hampir pasti menurunkan komposisi terbaik. Mereka juga butuh poin karena di laga kedua Grup D secara mengejutkan kalah dari Irak dengan skor 1-2.

Timnas Indonesia secara matematis membutuhkan setidaknya satu poin untuk memperkuat posisinya demi lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat tiga dalam klasemen sementara Grup D dengan koleksi tiga poin.

Jumlah poin Garuda setara Jepang tetapi Samurai Biru unggul jumlah mencetak gol dan selisih gol sehingga untuk sementara berhak menduduki posisi kedua di bawah Irak.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #piala #asia #2023 #marc #klok #tebar #ancaman #jepang #tuliskan #kata #kata #medsos

KOMENTAR