Asisten Shin Tae-yong Turun Tangan 'Selamatkan' Pratama Arhan, Tetap Perkuat Timnas Indonesia?
Potret Azizah Salsha dan Pratama Arhan (Instagram/pratamaarhan8)
16:36
21 Agustus 2024

Asisten Shin Tae-yong Turun Tangan 'Selamatkan' Pratama Arhan, Tetap Perkuat Timnas Indonesia?

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto memberi pesan penyemangat untuk Pratama Arhan yang diduga diselingkuhi istrinya, Azizah Salsha.

Tangan kanan pelatih Shin Tae-yong itu mengakui sudah mencium gelagat tak biasa dari Pratama Arhan saat kali terakhir berbincang lewat sambungan telepon.

Kini, saat isu perselingkuhan Azizah Salsha menyeruak, Nova Arianto turun tangan "menyelamatkan" Pratama Arhan dengan memberi nasihat positif.

Nova, yang juga menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17, meminta Pratama Arhan untuk tetap semangat dan tidak hilang arah.

Baca Juga: Sedang Gacor, Ole Romeny Justru Makin Sulit Dinaturalisasi Timnas Indonesia

"Pesanku kamu sabar Han, semua sudah jalannya dan pastinya rencana Tuhan," tulis Nova Arianto melalui unggahan di Instagram Stories, Rabu (21/8/2024).

"Tetap fokus dengan tujuanmu di sepak bola. Jangan sampai apa yang sudah Arhan buat selama ini hilang hanya gara-gara situasi ini."

"Tapi aku yakin kamu bisa melewati situasi ini Han. Ambil keputusan terbaik untuk hidupmu, karier dan kehidupan ke depan ya Han."

"Aku cuma bisa mendoakan kamu kuat untuk ke depan, lebih baik pastinya."

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto (Kanan). (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto (Kanan). (pssi.org)

Meski memberikan nasihat dan dukungan positif, Nova mengaku tidak mau ikut campur terlalu dalam perihal masalah yang dihadapi bek sayap kiri Timnas Indonesia itu.

Baca Juga: Perjalanan Karier dan Prestasi Pratama Arhan Sebelum Diterpa Isu Perselingkuhan

"Apapun itu, aku tidak mau terlalu dalam ikut campur," jelas Nova.

Andai isu perselingkuhan Azizah Salsha benar terjadi, Pratama Arhan menjadi pesepak bola kesekian yang menjadi korban ketidaksetiaan istrinya sendiri.

Salah satu yang paling terkenal adalah Josip Ilicic. Karier striker Atalanta itu hancur setelah memergoki istrinya selingkuh pada 2022.

Dia pun tak bisa fokus dalam urusan sepak bola hingga ditepikan Atalanta sebelum kontraknya diputus sejak Mei 2022.

Ilicic memang pada akhirnya kembali bermain pada November di tahun yang sama bersama klub lamanya Maribor di Liga Slovenia. Namun, performa sang pemain tak pernah lagi kembali seperti dulu.

Tetap Perkuat Timnas Indonesia?

Isu perselingkuhan yang menerpa rumah tangga Pratama Arhan muncul jelang persiapan Timnas Indonesia menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Banyak fans yang meminta Shin Tae-yong untuk sementara tidak memanggil Pratama Arhan yang secara psikologis dinilai tidak baik-baik saja pasca desas-desus negatif itu.

Belum diketahui apakah Arhan bakal diikutsertakan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia bertandang ke markas Arab Saudi dalam laga pertama Grup C pada 5 September mendatang.

Sejauh ini PSSI belum mengumumkan nama-nama pemain yang dipanggil, tetapi Shin Tae-yong dipastikan bakal membawa 26 pemain untuk pertandingan tersebut.

Azizah Salsha Membantah

Pada Rabu (21/8/1013), Azizah Salsha telah menyampaikan klarifikasi perihal isu dirinya selingkuh. Dia menyebut segala rumor negatif yang beredar tidaklah benar.

"Saat ini rumah tangga kami dalam keadaan baik-baik saja. Kami berharap jangan menyebarkan berita bohong atau fitnah di luar sana yang tidak sesuai dengan faktanya," tulis Azizah Salsha dalam unggahan Instagram Stories, Rabu (21/8/2024).

"Mohon doa terbaik untuk kami berdua dan mohon berikan kami privasi dalam waktu ini. Mohon maaf atas kegaduhan yang terjadi. Terima kasih atas pengertiannya."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #asisten #shin #yong #turun #tangan #selamatkan #pratama #arhan #tetap #perkuat #timnas #indonesia

KOMENTAR