Kronologi Brigadir RAT Ditemukan Tewas di Mobil Alphard, Diduga Bunuh Diri
Pelaksanaan olah TKP anggota polisi yang diduga bunuh diri di Mampang Prapatan, Jakarta. [ANTARA/HO-Polres Metro Jaksel]
12:16
27 April 2024

Kronologi Brigadir RAT Ditemukan Tewas di Mobil Alphard, Diduga Bunuh Diri

Brigadir RAT ditemukan tewas di dalam mobil Toyota Alphard pada Kamis (25/4/2024) dan sempat menggegerkan warga setempat. Ia diduga mengakhiri hidupnya menggunakan sebuah pistol.

RAT diketahui merupakan anggota Polresta Manado, Sulawesi Utara. Kasus ini masih dalam proses penyelidikan polisi, termasuk alasan RAT jika memang benar bunuh diri. Sementara itu, seperti apa kronologinya?

Kronologi Brigadir RAT Tewas di Mobil

Brigadir RAT awalnya dilaporkan berhenti di salah satu rumah warga yang berada di Jalan Mampang Prapatan IV, Jakarta Selatan. Setelah berhenti beberapa menit, ia disebut-sebut langsung melancarkan aksinya. 

Ia diduga menembakkan peluru ke arah pelipisnya memakai senjata api (senpi) jenis HS dengan kaliber 9 milimeter. Kemudian, mobil Alphard berwarna hitam tersebut tiba-tiba bergerak dan berbelok ke arah kanan. 

Mobil kemudian menabrak kendaraan roda empat yang sedang terparkir di halaman depan rumah warga. Warga setempat yang mendengar suara tabrakan lantas berbondong-bondong menghampiri lokasi. 

Mereka kemudian membuka pintu mobil untuk memeriksa kondisi Brigadir RAT yang rupanya sudah tak bernyawa. Adapun peluru itu bergerak ke atas dan melubangi atap mobil. Hingga kini belum diketahu motif RAT diduga mengakhiri hidupnya.

Setelah melakukan penyelidikan, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Selatan menemukan luka tembak di bagian kepala Brigadir RAT. Ini disampaikan Kepala Satreskrim Polres Metro Jaksel AKBP Bintoro.

Menurutnya, luka yang dialami RAT terdapat pada bagian pelipis kanan dan tembus ke kiri akibat tembakan senpi. Lalu, usai pihaknya melakukan oleh tempat kejadian perkara (TKP) ditemukan sejumlah barang bukti.

Di antaranya satu pucuk senjata api jenis HS. Bintoro mengatakan pihaknya menerima laporan tersebut pada Kamis (25/4/2024) pukul 18.25 WIB. Tim dari forensik, Labfor dan Inafis pun langsung pergi menuju lokasi kejadian.

Bintoro menambahkan bahwa olah TKP tersebut dilakukan untuk mengungkap kejadian yang sebenarnya. Saat itu, pihaknya juga turut memeriksa 13 saksi serta kamera CCTV hingga menghasilkan kesimpulan sementara jika RAT tewas bunuh diri.

"Dari keterangan saksi dan juga barang bukti serta digital forensik yang kami dapatkan kami menyimpulkan dugaan sementara yang bersangkutan (RAT) melakukan bunuh diri," ujar Bintoro dikutip Sabtu (27/4/2024).

Di sisi lain, istri Brigadir RAT, Osin, tak percaya suaminya tewas karena bunuh diri. Ia mengaku menerima kabar sang suami meninggal dunia dari atasan RAT di Jakarta. Ia sempat meminta foto dan video, namun hingga kini belum diberikan.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kronologi #brigadir #ditemukan #tewas #mobil #alphard #diduga #bunuh #diri

KOMENTAR