Semarakkan Bulan Ramadan, BAZNAS Berdayakan UMKM Lewat Gerai Z-Ifthar di Kebon Manggis
Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional Prof Muhamad Nadratuzzaman Hosen saat peresmian Gerai Z-Ifthar di Pos Lejong, depan Masjid Daruttaqwa, Jalan Kesatrian X, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (21/3/2024) 
13:17
22 Maret 2024

Semarakkan Bulan Ramadan, BAZNAS Berdayakan UMKM Lewat Gerai Z-Ifthar di Kebon Manggis

- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meresmikan Gerai Z-Ifthar yang bertujuan memberdayakan UMKM binaan yang menjajakan takjil maupun makanan berat, pada Kamis (21/3/2024).

Gerai ini berlokasi di Pos Lejong, depan Masjid Daruttaqwa, Jl. Kesatrian X, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur.

Dalam peresmiannya, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Transformasi Digital Nasional Prof Muhamad Nadratuzzaman Hosen mengatakan bahwa program pengembangan usaha mustahik pelaku UMKM ini bertujuan untuk menangkap peluang ekonomi selama bulan Ramadan.

"Karena UMKM atau usaha mikro itu adalah usaha masyarakat rakyat yang terus harus dibina dan dikembangkan, kita tahu peranan dari ibu-ibu sangat besar, peranan emak-emak dalam menggerakkan ekonomi," kata Nadratuzzaman di lokasi.

BAZNAS berharap usaha para pelaku UMKM binaan ini bisa terus berlanjut bukan hanya selama bulan Ramadan saja, tetapi pada bulan-bulan berikutnya.

Ia juga berharap pelaku UMKM yang awalnya menjadi mustahik, lambat laun berhasil dan bisa mendapatkan peningkatan ekonomi hingga bisa mandiri dan kemudian berubah statusnya menjadi muzakki atau orang yang berzakat.

"Saya berharap para ibu-ibu UMKM binaan kita ini tidak berhenti usaha ketika Ramadhan usai, tapi terus berkelanjutan, kami BAZNAS disebut berhasil jika ibu-ibu mustahik ini nanti bisa mendapatkan rizki yang berlimpah dan bisa mandiri kemudian bisa berinfak atau berzakat menjadi muzakki," ucapnya.

Seorang pelaku usaha, Yoslinda, mengaku diadakannya Gerai Z-Ifthar Ramadhan jadi hal yang dinantikan sejak dulu. Ia pun berharap setiap tahun kegiatan semacam ini diadakan karena membantu menggerakkan roda ekonomi masyarakat sekitar.

"Saya sangat berterima kasih kepada BAZNAS atas dukungan dan bantuannya untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat di sekitar Masjid Daruttaqwa dan Pos Lejong Kebon Manggis ini,” ujar ibu Yoslinda saat ditemui di meja Gerai Z-ifthar.

Sebagai informasi, terdapat 30 meja UMKM Mitra BAZNAS yang menjual berbagai macam takjil, aksesoris, lauk pauk, minuman dan jajan kekinian di lokasi.

Gerai Z-Ifthar Ramadhan Pos Lejong di depan Masjid Daruttaqwa ini akan berlangsung kurang lebih 20 hari di Bulan suci Ramadhan terhitung sejak tanggal 21 Maret - 9 April 2024.

Peresmian Z-Ifthar telah berjalan sejak awal bulan Ramadan di 20 lokasi dari 10 provinsi. Setidaknya terdapat sebanyak 600 penerima manfaat dari pelaku UMK dari 20 lokasi yang terdampak program ini.

Pembukaan Gerai Z- Ifthar Ramadhan di Pos Lejong dihadiri oleh Pimpinan BAZNAS RI, Wakil Camat Matraman, Lurah Kebon Manggis, Ketua RW dan Ketua RT setempat, ketua DKM Masjid Daruttaqwa H Bachtiar Efendi.

Editor: Dodi Esvandi

Tag:  #semarakkan #bulan #ramadan #baznas #berdayakan #umkm #lewat #gerai #ifthar #kebon #manggis

KOMENTAR