6 KSAU Sepanjang 10 Tahun Era Presiden Jokowi, 1 Lanjut Jadi Panglima TNI dan Kini Masuk Kabinet
SAH MENJABAT: Marsekal Madya Mohamad Tonny Harjono saat dilantik sebagai KSAU sekaligus kenaikan pangkat sebagai marsekal oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/4). (MUCHLIS/SETPRES)
17:56
8 Oktober 2024

6 KSAU Sepanjang 10 Tahun Era Presiden Jokowi, 1 Lanjut Jadi Panglima TNI dan Kini Masuk Kabinet

- Selama dua periode memimpin Republik Indonesia (RI), Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan enam kali pergantian Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Dari enam orang nomor satu di TNI AU itu, satu di antaranya berhasil mendapat kepercayaan untuk menjadi panglima TNI. Dia adalah Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto yang saat ini masih bertugas di kabinet Jokowi-Ma’ruf sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Berikut deretan KSAU di era pemerintahan Jokowi:

1. Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia

Berdasar keterangan dari laman resmi TNI AU, Ida Bagus Putu Dunia bertugas sebagai KSAU sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjabat. Dia dilantik pada 17 Desember 2012. Tugasnya sebagai KSAU berlangsung lebih kurang dua tahun sampai akhirnya diganti oleh pejabat baru pada 2 Januari 2015. Ida Bagus Putu Dunia menjadi KSAU pertama di era pemerintahan Jokowi. Dia menjalani karir di TNI AU sebagai penerbang pesawat tempur.

2. Marsekal TNI Agus Supriatna

Berbeda dengan Marsekal TNI (Purn) Ida Bagus Putu Dunia, Agus Supriatna adalah KSAU pertama yang dilantik dan diberhentikan oleh Presiden Jokowi. Dia memulai tugasnya pada 2 Januari 2015 dan menyudahi tugas itu pada 18 Januari 2017. Agus adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1983. Setelah lulus dari AAU, dia menjadi penerbang tempur dengan callsign Dingo. Agus merupakan penerbang tempur yang pernah mengawaki pesawat A-4 Skyhawk dan F-5 dan F-16. Karirnya berjalan baik sampai dia menjadi KSAU.

3. Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto merupakan KSAU ketiga di era kepemimpinan Presiden Jokowi. Dia merupakan salah seorang perwira tinggi TNI yang mendapat kepercayaan luar biasa besar dari Jokowi. Hadi merupakan KSAU yang akhirnya diberi mandat menjadi panglima TNI. Dia dilantik menjadi KSAU pada 18 Januari 2017. Kemudian digantikan oleh juniornya pada 17 Januari 2018. Bukan untuk pensiun atau purnatugas, melainkan untuk menjadi panglima TNI.

Hadi adalah satu-satunya KSAU di era Jokowi yang merasakan menjadi panglima TNI. Kepercayaan Jokowi kepada Hadi masih terasa sampai hari ini. Sebab, dia masih diberi kepercayaan menjadi Menko Polhukam.

4. Marsekal TNI Yuyu Sutisna

Yuyu Sutisna adalah pengganti Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Dia dilantik menjadi KSAU pada 17 Januari 2018. Tugasnya berlangsung sampai 20 Mei 2020. Yuyu adalah lulusan AAU 1986. Dia merupakan salah seorang penerbang tempur andalan TNI AU. Yuyu tercatat pernah duduk dalam kokpit pesawat tempur F-5 Tiger dengan callsign Lion. Yuyu ”Lion” Sutisna juga pernah menduduki sejumlah posisi strategis di Angkatan Udara. Termasuk diantaranya komandan lanud dan panglima kotama TNI AU.

5. Marsekal TNI Fadjar Prasetyo

Fadjar Prasetyo dipilih menjadi KSAU dari jalur agak berbeda. Dia mendapat kepercayaan itu setelah menduduki jabatan panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II. Komando itu termasuk organisasi baru di bawah Mabes TNI. Saat bertugas sebagai panglima Kogabwilhan II, Fadjar mendapat pangkat baru. Yakni, marsekal madya atau perwira tinggi bintang tiga.

Dari posisi itu, Fadjar kemudian naik menjadi KSAU. Dia dilantik oleh Presiden Jokowi pada 20 Mei 2020. Tugas sebagai KSAU dia jalani sampai pensiun dan digantikan oleh pejabat baru pada 5 April 2024.

6. Marsekal TNI M. Tonny Harjono

KSAU pengganti Marsekal TNI Fadjar Prasetyo adalah Marsekal TNI M. Tonny Harjono. Tonny adalah lulusan AAU 1993. Tonny termasuk salah seorang penerbang tempur komplet yang dimiliki oleh TNI AU. Dia mampu menerbangkan berbagai jenis pesawat tempur. Mulai Hawk MK-53, F-16, sampai Sukhoi SU 27/30. Semua bisa dia terbangkan. Serupa dengan Fadjar, Tonny juga menjadi KSAU lewat Kogabwilhan II. Sebelum dipercaya mengisi posisi nomor satu di TNI AU, Tonny adalah panglima Kogabwilhan II. Sampai hari ini, Tonny masih bertugas sebagai KSAU.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #ksau #sepanjang #tahun #presiden #jokowi #lanjut #jadi #panglima #kini #masuk #kabinet

KOMENTAR