20 Oktober Ada Acara Pisah Sambut, Prabowo Bakal Nyusul Jokowi ke Istana usai Resmi Dilantik DPR
20 Oktober Ada Acara Pisah Sambut, Prabowo Bakal Nyusul Jokowi ke Istana usai Resmi Dilantik DPR. (Instagram/prabowo)
16:04
8 Oktober 2024

20 Oktober Ada Acara Pisah Sambut, Prabowo Bakal Nyusul Jokowi ke Istana usai Resmi Dilantik DPR

Presiden Jokowi bakal menghadiri acara pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih 2024-2029  di gedung DPR/MPR pada 20 Oktober 2024. Di hari yang sama, Jokowi nantinya juga akan menggelar acara pisah sambut di Istana Merdeka.

Keterangan Jokowi itu disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024). Menurutnya, Jokowi nantinya akan berangkat lebih dulu menuju Istana Merdeka usai pelantikan Prabowo di Senayan.

"Nah karena pak presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya, jadi setelah pelantikan di DPR rencananya pak presiden ke-7 akan lebih dulu berangkat ke Ismer (Istana Merdeka)," kata Pratikno. 

"Kemudian nanti Pak Presiden Prabowo menyusul. Acara pisah sambut," kata Pratikno.

Baca Juga: Janji Naikkan Gaji usai jadi Presiden, Prabowo ke Para Hakim: Sabar Sebentar

Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Prabowo Subianto (Instagram/prabowo)Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Prabowo Subianto (Instagram/prabowo)

Pratikno menegaskan bahwa Jokowi akan hadir dalam pelantikan Prabowo sebagai presiden RI, kendati tidak ada aturan yang mewajibkan. Tetapi, mengingat pengalaman, presiden sebelumnya juga hadir dalam presiden presiden yang baru. 

"Jadi kalau aturan sih enggak ada, tapi kan selama ini kan juga hadir. Pada waktu tahun 2014, Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Budiono hadir. Jalan dulu masuk, terus kemudian disusul oleh waktu itu Presiden Terpilih Jokowi dan Pak Wapres Terpilih Pak JK waktu itu," kata Pratikno.

Pratikno sebelumnya memastikan jika Jokowi bakal hadir saat Prabowo dilantik sebagai Presiden terpilih RI di gedung DPR/MPR pada 20 Oktober mendatang. 

"So pasti lah, so pasti pak presiden hadir di pelantikan nanti 20 Oktober," ujar Pratikno.

Pulang Kampung ke Solo

Baca Juga: Ditelepon Dasco saat Audensi, Prabowo: Dari Dulu Saya Ingin Perbaiki Penghasilan Hakim, Ini Bukan Janji tapi Keyakinan

Jokowi sebelumnya juga mengaku bakal pulang kampung ke Solo, Jawa Tengah usai tidak lagi menjabat sebagai kepala negara.

Hal itu ditegaskan Jokowi menanggapi dirinya yang dianggap cocok untuk menjadi Dewan Pertimbamgan Presiden pada pemeritnahan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Prabowo Subianto (Instagram/prabowo)Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Prabowo Subianto (Instagram/prabowo)

Anggapan Jokowi cocok menjadi Wantimpres disampaikan oleh Ketua Umum Relawan ProJo yang juga Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi. Budi menanggap Jokowi layak menjadi Wantimpres dan masih terlalu muda untuk pensiun pada usia 63.

Tetapi Jokowi menagaskan niatnya sedari awal untuk kembali ke Solo.

"Saya mau pulang ke Solo," kata Jokowi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

Diketahui, masa jabatan Jokowi sebagai presiden akan habis pada 20 Oktober 2024. Pada tanggal yang sama, Prabowo Subianto bakal dilantik menjadi Presiden RI.

Sementara itu, Jokowi kembali menegaskan dirinya akan pulang ke Solo.

"Pulang ke Solo tanggal 20 nanti pulang ke Solo," ujarnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #oktober #acara #pisah #sambut #prabowo #bakal #nyusul #jokowi #istana #usai #resmi #dilantik

KOMENTAR