Temui Jokowi, SBY Lapor Kinerja Sebagai Penasihat Khusus Perangi Malaria sambil Pamit Hadiri Undangan Bill Gates
SBY menghadap Jokowi (Suara.com/Bagaskara Isdiansyah)
16:20
21 September 2024

Temui Jokowi, SBY Lapor Kinerja Sebagai Penasihat Khusus Perangi Malaria sambil Pamit Hadiri Undangan Bill Gates

Presiden keenam RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjelaskan maksud pertemuannya dengan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024) pagi. 

Menurutnya, ia sengaja menghadap Jokowi sehubungan dengan peran dan amanah yang dijalankannya sebagai penasehat khusus aliansi sedunia untuk membasmi penyakit Malaria. SBY melaporkan sejumlah hal kepada Jokowi atas perannya tersebut. 

"Teman-teman wartawan pagi ini saya menghadap Bapak Presiden sehubungan dengan peran dan amanah yang saya jalankan sebagai penasehat khusus aliansi sedunia untuk membasmi malaria," kata SBY. 

"Saya mendapatkan amanah untuk menjadi special advisor di Asia Pasifik, wakil Asia Pasifik ada dan Afrika ada, dan seluruh dunia ada global counsil yang ada di New York dan saya melapor pada pak Jokowi dan ini etika politik karena siapa pun yang mendapatkan peran di dunia internasional apalagi saya mantan Presiden, maka wajib untuk menyampaikan kepada Presiden yang sedang mengemban tugas," sambungnya. 

Baca Juga: Cek Fakta: Anak SMP Divonis 7 Tahun karena Mengkritik Jokowi

Ia mengatakan, jika tugasnya tersebut sangat penting. Terlebih untuk mencegah penyebaran Malaria yang menjadi-jadi. 

"Saya sampaikan kepada pak Jokowi, tugas ini penting dan saya terima karena memang ada kewajiban internasional untuk segera mengenyahkan malaria dari muka bumi. Karena kalau tidak akan makin menjadi-jadi," katanya. 

Berkaca dari virus Covid-19 yang menjadi pandemi, kata dia, maka angka penyakit Malaria di Indonesia harus bisa ditekan. Menurutnya, di beberapa daerah khususnya di Indonesia Timur masih terdapat angka penyakit Malaria. 

"Saya sampaikan bahwa Indonesia juga punya kepentingan untuk menurunkan angka penyakit malaria di negeri kita. Dan saya juga punya komitmen untuk Asia Pasifik, saya pamit tadi untuk berangkat ke New York selama sekitar 1 minggu untuk membahas ini," ujarnya. 

"Tentu saya juga akan melapor kepada Pak Prabowo, presiden terpilih karena tahun depan akan ada summit di Indonesia dan yang memimpin adalah Pak Prabowo sebagai Presiden tahun depan dan seterusnya begitu yang saya sampaikan," sambungnya.

Baca Juga: Manggung Di 'Pestapora', SBY Bikin Pecah Penonton: Masih Ingat Aku?

Sebelumnya, putra SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan, jika SBY diundang untuk menghadiri forum internasional oleh salah satu orang terkaya di dunia sekaligus pendiri Microsoft, Bill Gates.

SBY bertemu dengan Jokowi (Suara.com/Bagaskara Isdiansyah)SBY bertemu dengan Jokowi (Suara.com/Bagaskara Isdiansyah)

"Insyaallah dalam beberapa saat ke depan memenuhi undangan dari Bill Gates untuk menghadiri sebuah forum yang penting yaitu End Malaria Summit. Sebuah gerakan dunia untuk menghentikan malaria di berbagai negara termasuk Indonesia," kata AHY, Senin lalu.

Dengan adanya undangan ini, SBY menyebut pemikiran dan kehadiran ayahnnya itu masih dibutuhkan oleh para tokoh dunia meski sudah pensiun.

"Kita tahu Pak SBY juga walaupun sudah pensiun tetapi masih sering diundang untuk menyampaikan gagasan, pandangan, pengalaman dan juga ikut serta bersama dengan tokoh-tokoh dunia lainnya mencari solusi untuk dunia yang lebih baik lagi ke depan," pungkasnya.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #temui #jokowi #lapor #kinerja #sebagai #penasihat #khusus #perangi #malaria #sambil #pamit #hadiri #undangan #bill #gates

KOMENTAR