Apa Arti Giveaway? Sebuah Stasiun TV Sebut Medali Indonesia adalah Hadiah
Ilustrasi Medali - Apa Arti Giveaway? (Freepik)
19:13
12 Agustus 2024

Apa Arti Giveaway? Sebuah Stasiun TV Sebut Medali Indonesia adalah Hadiah

Giveaway kini jadi istilah yang banyak diperbincangkan publik usai salah satu TV Nasional menyebut perolehan medali perunggu Indonesia dalam Olimpiade Paris 2024 adalah hasil giveaway. Lantas apa arti giveaway? Simak selengkapnya berikut ini.

Diketahui, Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil atlet tunggal putri bulu tangkis Indonesia yang berhasil lolos ke semifinal di Olimpiade Paris 2024. Atlet kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah itu tampil apik di cabang unggulan Indonesia hingga tembus ke semifinal. Langkahnya harus terhenti usai kalah ketika melawan wakil dari Korea Selatan.

Kendati demikian, perjuangan Gregoria tak berhenti sampai di situ, ia harus tampil lagi untuk memperebutkan medali perunggu. Di antara cabang olahraga lainnya, Gregoria merupakan atlet pertama yang sukses menyumbangkan medali bagi Indonesia, meskipun hanya medali perunggu.

Akan tetapi, baru-baru ini sebuah stasiun televisi memuat tayangan dengan judul yang cukup menohok. Medali perunggu yang diraih Gregoria dengan susah payah diasumsikan sebagai hasil giveaway alias hadiah. Hal ini lantas memicu kemarahan warganet dan mengecam tayangan tersebut.

Baca Juga: Bukan Giveaway! Kemenko PMK Tegaskan Perunggu Gregoria Hasil Kerja Keras

Apa Arti Giveaway?

Dalam menjalankan bisnis, salah satu strategi untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan mengadakan giveaway. Istilah giveaway sendiri tampak sudah tak asing lagi di telinga kita. Istilah ini banyak dijumpai diberbagai kesempatan.

Giveaway atau dalam penulisan yang benar give away adalah pemberian cuma-cuma atau gratis kepada peserta, pengikut, bisa juha audiens atau pelanggan, yang dipilih sesuai dengan skema tertentu. Umumnya, peserta giveaway harus memenuhi syarat khusus oleh penyelenggara giveaway.

Nantinya, para pemenang undian ini akan diberi hadiah oleh penyelenggara give away. Dalam konteks marketing, hadiah bisa dalam bentuk produk yang tengah dipromosikan. Dalam konteks ini, produk yang diberikan pada konsumen gratis tanpa dipungut biaya apa pun.

Jenis-jenis giveaway

Baca Juga: Kemenko PMK: Medali Perunggu Gregoria Mariska Tunjung Bukan Giveaway!

Setidaknya ada dua jenis giveaway yang sering dilakukan oleh para pebisnis skala kecil hingga besar, yaitu self giveaway dan sponsor giveaway.

1. Self giveaway

Sama seperti namanya, jenis giveaway ini dilakukan bisa secara mandiri mulai dari perencanaan sampai eksekusi. Itu berarti, semua kegiatan promosi, persyaratan, sampai penentuan hadiah giveaway dilakukan tanpa adanya bantuan pihak ketiga. 

Self giveaway sendiri umumnya dilakukan oleh pebisnis yang memiliki pengalaman dan banyak konsumen serta mempunyai anggaran pemasaran secara khusus.  Syarat yang diajukan dapat bermacam-macam tergantung dengan tujuan penyelenggaraan giveaway. 

Contoh persyaratannya antara lain permintaan untuk follow akun media sosial, merepost unggahan produk di Instastory, tantangan untuk mengunggah konten, maupun memberikan komentar di unggahan. Hadiah yang diberikan bisa berupa produk fisik maupum digital yang sesuai dengan jenis usaha yang sedang dijalankan atau tema promosi yang dilakukan.

2. Sponsor giveaway

Janis giveaway satu ini sangat cocok untuk pebisnis yang ingin mengadakan giveaway namun tidak mau repot. Sponsor giveaway adalah jenis giveaway yang diadakan oleh pihak ketiga, biasanya disebut dengan host. 

Nantinya, semua rangkaian giveaway akan diatur oleh host, mulai dari informasi, proses penyelenggaraan, hingga penentuan pemenang giveaway. Sehingga pelaku bisnis hanya perlu membayar biaya jasanya saja.

Jenis sponsor giveaway ini biasanya diikuti oleh beberapa brand sekaligus menjadi sebuah acara berskala besar.  Berbeda dengan self giveaway, sponsor giveaway memiliki tujuan untuk meningkatkan awareness dan engagemen pada jenis brand, sehingga cocok dilakukan oleh brand-brand yang audiensnya belum banyak.

Itu tadi informasi seputas apa arti giveaway. Istilah ini ramai dibahas usai Gregoria Mariska Tunjung disebut mendapat giveaway mendali perunggu di Olimpiade Paris 2024.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Vania Rossa

Tag:  #arti #giveaway #sebuah #stasiun #sebut #medali #indonesia #adalah #hadiah

KOMENTAR