Ngakak Abis! 10 Lomba 17 Agustus Ibu-Ibu Ini Dijamin Bikin Perut Terkocok
Ngakak Abis! 10 Lomba 17 Agustus Ibu-Ibu Ini Dijamin Bikin Perut Terkocok (YouTube/Rastam alfaruq)
16:47
29 Juli 2024

Ngakak Abis! 10 Lomba 17 Agustus Ibu-Ibu Ini Dijamin Bikin Perut Terkocok

Mengadakan lomba-lomba saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia seakan sudah menjadi tradisi masyarakat yang layak untuk dipertahankan. Lomba 17 Agustus tak hanya diikuti anak-anak atau remaja, ibu-ibu pun juga bisa berpartisipasi untuk memeriahkannya. Nah, berikut rekomendasi lomba 17 Agustus lucu ibu-ibu.

Kehadiran ibu-ibu dalam perlombaan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus terbilang cukup penting, terlebih lantaran kehebohan mereka yang menambah kemeriahan suasana. Lomba ibu-ibu biasanya berbeda dengan lomba bapak-bapak atau anak-anak. Lalu apa saja lomba 17 Agustus yang lucu untuk ibu-ibu?

1. Lomba gendong tenggok nyunggi tampah 

Lomba gendong tenggok nyunggi tampah menjadi salah satu ide lomba 17 Agustus yang cocok untuk ibu-ibu. Peraturannya yaitu tenggok harus digendong dengan posisi terbalik atau menghadap ke bawah, kemudian selendang atau jarik tidak boleh dimegarkan.  

Selanjutnya, peserta lomba harus menyunggi tampah dan berjalan hingga garis finish. Pemenang dalam lomba ini adalah orang yang berhasil sampai finish dengan tenggok dan tampah yang masih utuh atau tidak jatuh.  

Baca Juga: Gampang Tapi Bikin Gereget, Ini Cara Main Lomba Cantol Ceting yang Viral sampai Go Internasional!

2. Lomba Make Up Mata Tertutup

Lomba satu ini sangat cocok diikuti oleh ibu-ibu yang pengen jadi MUA. Lomba ini akan menantang para peserta untuk merias wajah peserta lainnya dengan keadaan mata yanh ditutup. Siapa yang bisa merias dengan baik, maka dialah yang keluar jadi pemenang.

3. Lomba Makan Kerupuk sambil Tarik-Tarikan

Lomba makan kerupuk mungkin sudah sangat biasa, nah gimana jika kita tingkatkan kesulitannya menjadi makan kerupuk sambil tarik-tarikan dengan peserta lainnya. Nantinya, panitia bisa menyiapkan sebuah meja yang di atas nya sudah diletakkan kerupuk. Lalu, peserta yang terdiri dari 5 orang akan diikat badannya dengan sarung. Mereka harus berusaha maju sampai ke meja masing-masing untuk bisa menghabiskan kerupukmya.

4. Lomba mewiru jarik 

Lomba 17 Agustus lucu ibu-ibu berikutnya adalah lomba mewiru jarik. Mewiru jarik merupakan hal yang kini mulai dilupakan oleh generasi muda. Bahkan saat ini banyak generasi muda yang memilih memakai jarik instan atau tidak sesuai pakem. Padahal, di zaman dulu, jarik saat akan dipakai harus diwiru terlebih dahulu.

Mewiru jarik adalah teknik meripel atau melipat-lipat pinggiran jarik maupum kain yang vertikal sepanjang pinggul sampai dengan kaki. Peserta lomba yanh mewiru jarik ini harus mengerti pakem wiru jarik seperti halnya jumlah lipatan, ukuran lipatan dan cara mewiru yang sesuai. Melansir laman Kementerian Agama DIY, terdapat dua macam pakem yaitu pakem wiru Solo dan Jogja. 

5. Fashion Show Bertema 17 Agustus

Ide lomba yang bisa diadakan untuk ibu-ibu lainnya adalah mengadakan lomba pameran berbusana. Kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh ibu-ibu muda atau paruh baya. Mereka harus datang dengan berpakaian sekreatif mungkin namun tetap dengan unsur semangat 17 Agustus. Kemudian mereka harus memperagakan di depan penonton dan panitia, peserta dengan kostum unik dan memiliki makna dialah yang jadi pemenangnya.

Baca Juga: 25 Gambar 17 Agustus 2024 Buat Story IG, Tema Merah Putih Selamat HUT Kemerdekaan RI

6. Lomba Hula Hoop

Lomba 17 Agustus lucu untuk ibu-ibu satu ini juga sangat seru lho. Alat yang diperlukan hanyalah beberapa buah hula hoop. cara mainnya, buat beberapa tim yang terdiri dari 5 sampai 7 orang. Lalu, mintalah mereka untuk berbaris sambil berpegangan tangan untuk memindahkan hula hoop. Nah, selama proses pemindahan antara peserta satu dan lainnya, tangan tidak boleh lepas.

7. Lomba menggulung stagen

Lomba menggulung stagen juga jadi salah satu ide lomba 17 Agustus lucu ibu-ibu. Stagen sendiri meeupakan kain tenun panjang yang dipakai untuk mendapatkan bentuk perut yang kencang atau singset. 

Stagen yang juga dikenal dengan istilah kendhit atau angkin biasanya memiliki ukuran lebar sekitar 15 cm dan panjang 5 sampai 10 meter. Nantinya, para peserta diminta menggulung stagen dengan teknik lalu akan dinilai kerapiannya. 

8. Menangkap bebek dengan mata tertutup

Menangkap bebek dengan mata tertutup juga jadi salah satu ide lomba 17 Agustus ibu-ibu yang lucu untuk dilakukan. Lomba menangkap bebek ini bisa diikuti oleh lima hingga delapan peserta. Para peserta harus menangkap bebek dalam keadaan mata yanh tertutup. 

Sementara, bebek yang dilepas di arena perlombaan hanyalah ada satu ekor, sehingga masing-masing peserta harus berlomba untuk menangkap bebek tersebut dengan cepat.

9. Bakiak   

Bakiak menjadi salah satu permainan tradisional Indonesia yang bisa dijadikan sebagai lomba 17 Agustus lucu ibu-ibu. Bakiak biasanya terbuat dari kayu bertali karet. Sepasang bakiak paling sedikit memiliki tiga pasang sandal sehingga bisa digunakna oleh tiga orang.

Setiap kelompok harus berjalan menggunakan bakiak itu pada lintasan yang telah ditentukan. Seperti biasa, pemenangnya merupakan kelompok yang pertama kali mencapai garis finish.

10. Tebak Gambar

Lomba tebak gambar bisa dilakukan dengan membentuk beberapa tim yang terdiri dari 5 sampai 7 orang. Peserta paling depan harus menggambar sesuai dengan apa yang diinstruksikan panitia. Lalu, peserta lain harus menggambar ulang dengan waktu yang singkat dan menyampaikannya kepada orang di belakangnya.

Kelompok yang dapat menebak gambar dengan benar maka merekalah pemenangnya. Permainan ini perlu kerja sama kelompok yang baik dan insting yang kuat.

Demikian tadi rekomendasi lomba 17 Agustus lucu ibu-ibu. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #ngakak #abis #lomba #agustus #dijamin #bikin #perut #terkocok

KOMENTAR