Diajak Salaman sampai Foto Bareng Jokowi, Adab Anofial Asmid dan Geni Faruk Tuai Sorotan
Jokowi dan Iriana di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. (YouTube/Thariq Halilintar)
11:04
26 Juli 2024

Diajak Salaman sampai Foto Bareng Jokowi, Adab Anofial Asmid dan Geni Faruk Tuai Sorotan

Presiden Joko Widodo hadir sebagai saksi nikah untuk mempelai pria dalam ijab kabul Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid pada Jumat (26/7/2024). Hal ini tentu mengingatkan publik dengan pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah pada tahun 2021 silam.

Dilihat dalam siaran langsung di kanal YouTube milik Thariq, sang presiden hadir bersama Iriana Jokowi. Lalu setelahnya Jokowi langsung duduk di kursi saksi di sebelah Thariq, sementara Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjadi saksi nikah untuk Aaliyah selaku pengantin wanita.

Proses ijab kabul tampak berjalan lancar. Berbeda dengan sesi latihannya, Thariq kali ini bisa menyebutkan nama istri dan mertuanya tanpa tersendat serta dilakukan dalam satu tarikan napas.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. [YouTube/Thariq]Presiden Joko Widodo atau Jokowi di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. [YouTube/Thariq]


"Ananda Muhammad Thariq Attamimi bin Halilintar Anofial Asmid, saya nikahkan dan saya kawinkan anak dari almarhum kakak saya, Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid dengan mas kawin uang tunai Rp26.072.024, tunai," ujar Mudjie Massaid yang menjadi wali nikah Aaliyah.

Baca Juga: Sah! Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Resmi Menikah, Disaksikan Presiden Jokowi dan Bamsoet

"Saya terima nikah dan kawinnya Aaliyah Annisa Jeffar Massaid binti Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid dengan mas kawin tersebut, tunai," kata Thariq sambil menjabat erat tangan Mudjie.

Suasana haru dan bahagia begitu kental terasa selepas akad nikah selesai dilaksanakan. Habib Ja’far kemudian juga didapuk untuk memberikan tausiyah dan nasihat pernikahan kepada Thariq dan Aaliyah.


Namun ada satu momen yang turut mencuri perhatian di pernikahan tersebut, yakni ketika Jokowi dan Iriana dipersilakan untuk berfoto terlebih dahulu dengan pengantin sebelum meninggalkan tempat acara.


Terlihat Jokowi dan Iriana berjalan beriringan menuju pelaminan untuk bersalaman dengan pengantin serta keluarganya. Tentu saja momen ini termasuk bersalaman dengan Geni Faruk dan Halilintar Anofial Asmid yang berada di sebelah kiri pengantin wanita.


Geni terlihat tak menyentuh tangan Jokowi saat bersalaman, tetapi menyambut hangat Iriana yang memberi selamat setelahnya. Sikap sebaliknya diperlihatkan oleh Anofial, yakni dirinya menyambut hangat jabatan tangan Jokowi, tetapi cuma mengatupkan telapak tangan di depan dada saat Iriana mendekat.

Baca Juga: Dulu Dikenalin ke Fuji, Tante Bongkar Thariq Halilintar Banyak Berubah Usai Pilih Aaliyah Massaid

Geni Faruk dan Halilintar Anofial Asmid saat diajak Jokowi salaman di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. (YouTube/Thariq Halilintar)Geni Faruk dan Halilintar Anofial Asmid saat diajak Jokowi salaman di pernikahan Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid. (YouTube/Thariq Halilintar)


Meski begitu, Geni dan Anofial tampak menyambut semringah kehadiran Jokowi sebagai saksi nikah untuk anak mereka. Hal ini terbukti dari Geni yang terpantau antusias berbicara ketika Jokowi berjabat tangan dengan Anofial.


Tak hanya itu, Anofial juga berinisiatif menukar posisi dengan Geni ketika Jokowi merapat di sebelah Aaliyah saat hendak berfoto bersama. Alhasil Jokowi terlihat diapit oleh Aaliyah dan Anofial, sementara Geni berdiri di ujung paling kiri barisan.


Aksi ini tampaknya terkait dengan Anofial dan Geni yang menjunjung tinggi nilai keagamaan, termasuk untuk membatasi sentuhan dengan lawan jenis yang bukan muhrim. Sebelumnya Anofial juga beberapa kali menolak berjabat tangan dengan lawan jenisnya, termasuk dengan Aaliyah saat belum resmi dinikahi Thariq.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #diajak #salaman #sampai #foto #bareng #jokowi #adab #anofial #asmid #geni #faruk #tuai #sorotan

KOMENTAR