Serunya Keliling Jakarta bareng Jakarta Good Guide: Jalan Kaki Sambil Cerita Sejarah Tempat Di Baliknya
Keliling bersama Jakarta Good Guide. (Suara.com/Bimo Aria Fundrika)
16:46
17 Juli 2024

Serunya Keliling Jakarta bareng Jakarta Good Guide: Jalan Kaki Sambil Cerita Sejarah Tempat Di Baliknya

Belajar sejarah bagi sebagian orang masih kerap dianggap hal yang membosankan. Tapi komunitas ini punya cara sendiri mengenalkan sejarah beberapa tempat di Jakarta dengan menyenangkan. Mereka mengenalkannya lewat aktivitas berkeliling dengan jalan kaki-atau juga dikenal dengan 'walking tour

Mereka ialah Jakarta Good Guide, komunitas walking tour yang mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat sejarah dan cerita kota Jakarta.

Komunitas ini didirikan oleh sekelompok anak muda, beberapa di antarnaya ialah Candha Adwitiyo dan Farid Mardhiyanto. Mereka pertama kali bertemu di sebuah pelatihan pramuwisata Indonesia yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Keliling bersama Jakarta Good Guide. (Suara.com/Bimo Aria Fundrika)Keliling bersama Jakarta Good Guide. (Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Menurut salah satu pemandu dari Jakarta Good Guide, Riki Baihaki Jakarta Good Guide mengadopsi sistem dari Inggris, di mana banyak terdapat tur jalan kaki.

Baca Juga: Dijagokan Golkar Maju Pilkada Jakarta tapi Elektabilitas Jeblok: Kaesang Keok, Anies Mendominasi!

"Sekitar tahun 2014, komunitas ini menargetkan wisatawan asing sebagai target utama. Namun, saat pandemi COVID-19 melanda, mereka mengadakan tur virtual. Setelah pandemi berakhir, orang mulai bisa berjalan lagi, dan awal tahun 2023, tur jalan kaki ini booming di kalangan masyarakat Indonesia, terutama Jakarta," kata Riki.

"Banyak orang ingin berjalan sehat sambil mendapatkan cerita tentang Jakarta dan sekitarnya," jelas Riki.

Keliling bersama Jakarta Good Guide. (Suara.com/Bimo Aria Fundrika)Keliling bersama Jakarta Good Guide. (Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

Sejak awal berdirinya, Jakarta Good Guide terus berkembang dan kini memiliki sekitar 50 rute tur. Jumlah itu belum termasuk museum yang mungkin berjumlah sekitar 65 rute. Pembuatan rute tur ini tidak sembarangan.

"Pembuatan tur sudah ada ahlinya. Tidak bisa sembarangan membuat rute tur. Misalnya, di sini ada satu spot menarik, tidak bisa hanya ada satu spot lalu kita buat tur. Harus ada beberapa spot yang berdekatan, antara 500 meter hingga 1 km," tambah Riki.

Komunitas ini tidak membatasi kalangan peserta. Tapi belakangan justru banyak diisi oleh generasi muda dair kelompok milenial hingga gen z.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Pilgub Jakarta: Anies Teratas Disusul Ahok, Ridwan Kamil Tertinggal

"Kalau kita random, biasanya anak-anak Gen Z sampai milenial, hingga usia 30-40an. Semua kalangan bisa ikut, tidak terbatas banget," kata Riki.

Dalam setiap tur, ada sekitar 4-5 peserta.

Keliling bersama Jakarta Good Guide. (Suara.com/Bimo Aria Fundrika)Keliling bersama Jakarta Good Guide. (Suara.com/Bimo Aria Fundrika)

"Kalau weekend lebih banyak, karena yang daftar biasanya lebih banyak. Pada intinya, pendaftaran dibuka untuk 1 guide 15 peserta. Kalau misal di hari Rabu yang terdaftar 15, tapi yang datang hanya 1 atau 2, kita tetap jalan."

Lebih lanjut, Riki mengatakan, bahwa dengan adanya Jakarta Good Guide, harapannya membangkitkan anak-anak muda untuk sadar bahwa Jakarta bisa dijelajahi dengan berjalan kaki sambil mendengar cerita sejarah di balinya.

"Karena biasanya orang belajar sejarah di bangku sekolah dan membosankan, dengan Jakarta Good Guide atau walking tour, mereka belajar di tempatnya langsung dan tidak membosankan," ujar Riki.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #serunya #keliling #jakarta #bareng #jakarta #good #guide #jalan #kaki #sambil #cerita #sejarah #tempat #baliknya

KOMENTAR