MPLS Makin Asyik! Ini 7 Ide Ice Breaking Seru untuk Mencairkan Suasana
MPLS Makin Asyik! Ini 7 Ide Ice Breaking Seru untuk Mencairkan Suasana (Freepik)
12:18
15 Juli 2024

MPLS Makin Asyik! Ini 7 Ide Ice Breaking Seru untuk Mencairkan Suasana

Di dalam sebuah kegiatan sekolah seperti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS maupun kantor seperti rapat, presentasi, hingga pelatihan terkadang para peserta merasa bosan sehingga akan kehilangan fokus. Oleh sebab itu, untuk mencairkan suasana yang mulai ‘membeku’, mengadakan ice breaking dapat menjadi solusinya. Ini dia contoh ice breaking seru yang bisa dicoba.

Ice breaking sendiri sering digunakan untuk mengembalikan fokus agar kita bisa kembali mengikuti kegiatan dengan maksimal. Setelah melakukan ice breaking, dijamin mood kita akan membaik dan siap untuk kembali menjalankan kegiatan lagi.

Mengenal Ice Breaking

Ice breaking merupakan istilah dari bahasa Inggris yang memiliki arti "memecah es". Kegiatan ini kerap kali dilakukan dalam berbagai acara, seperti penerimaan siswa baru, training karyawan, meeting, masa orientasi kampus, atau pembelajaran sehari-hari di dalam kelas.

Aktivitas ice breaking sendiri memiliki tujuan untuk memecah 'kebekuan' yang ada selama kegiatan itu berlangsung. Kebekuan di sini memiliki maksud situasi canggung yang terasa tidak nyaman sehingga menimbulkan rasa bosan dan kelelahan.

Baca Juga: 5 Inspirasi Name Tag MPLS Kreatif dan Menarik, Biar Mudah Dikenali

Sehingga pada dasarnya, ice breaking bertujuan agar peserta mengenal peserta lain dan merasa nyaman ada di lingkungan baru. Kegiatan ice breaking sendiri biasanya akan dipimpin oleh satu ataupun beberapa orang dan para peserta harus mengikuti instruksi dari pemimpin.

Contoh Ice Breaking Seru

Berikut ini beberapa contoh ice breaking seru yang dapat dilakukan di sela-sela kegiatan:

1. Two Truths and One Lie

Two Truths and One Lie menjadi salah satu contoh ice breaking lucu dan menyenangkan. Aturan permainannya pun cukup sederhana. Peserta diminta untuk mengungkap tiga pernyataan dari diri mereka sendiri, di mana 2 dari pernyataan itu merupakan kebenaran dan satunya lagi adalah sebuah kebohongan.

Selanjutnya, peserta lainnya akan mencoba untuk menebak pernyataan mana yang dirasa bohong dengan mengajukan sejumlah pertanyaan. Game satu ini dapat menjadi kesempatan untuk lebih mengenal kepribadian dari rekan kerja maupun siswa baru.

2. Permainan kucing buta 

Ide ice breaking lucu kali ini cocok untuk dilakukan di lingkungan yang agak luas dan terbuka. Dalam melakukan permainan ini, salah satu peserta ditutup matanya menggunakan kain karena akan menjadi kucing buta.

Baca Juga: Kumpulan Ide Yel Yel MPLS SMA 2024, Mudah Diingat dan Pakai Bahasa Kekinian

Pemain lain bisa membentuk lingkaran di sekitarnya sambil menyambung tangan. Semua pemain lalu duduk berjongkok dan diam, lalu kucing buta bisa mencoba mendengar dan mengidentifikasi suara mereka.

Apabila ada yang bersuara, makabkucing buta akan berjalan ke sumber suara dan memegang pemain itu. Kalau kucing buta berhasil menebak siapa nama pemain itu, maka ia akan memenangkan permainan dan terjadilah pergantian pemain.

Namun, bila tebakannya itu salah, permainan akan berlanjut dengan peran kucing buta yang sama. Selain seru, permainan ini juga dapat membangun kecerdasan sensorik dan kerja sama dari tim.

3. Tebak logo produk 

Berikutnya ada game ice breaking  yang cukup populer yaitu Tebak Logo Produk. Permainan ini diadakan untuk menguji pengetahuan para peserta tentang logo dari berbagai produk. Cara bermainnya sangat sederhana, yakni: 

• Siapkan beberapa gambar logo produk. Kamu bisa mencetaknya atau menampilkannya melalui ponsel.

• Kemudian, berikan instruksi kepada para peserta untuk membentuk satu barisan yang panjang (seperti antrean).

• Berikutnya, mulai tampilkan gambar logo itu dan biarkan peserta menebak.

• Jika peserta berhasil menebak logo dengan benar, maka mereka diperbolehkan untuk duduk.

• Tetapi, jika jawabannya salah, mereka akan diberi hukuman seperti mencoret wajah dengan bedak atau makan makanan aneh.

4. Pagi, Siang, Malam

Permainan ice breaking satu ini bisa dilakukan tanpa memerlukan alat bantu. Caranya kamu cukup merangkai sebuah cerita, dalam cerita tersebut ada kata kunci pagi, siang, dan malam.

Setiap kali kamu menyebut kata pagi maka peserta harus menepuk tangan sebanyak 1x, jika kata siang maka peserta wajib tepuk tangan 3x, dan peserta wajib tepuk tangan 2x untuk kata malam. Jika ada peserta yang tidak mengikuti instruksi ini maka ia bisa diberi hukuman yang sebelumnya sudah disepakati bersama.

5. Sambung kata 

Jika ingin ide ice breaking indoor tanpa alat, permainan Sambung Kata tentu sangat cocok dilakukan.bPermainan Sambung Kata ini menjadi aktivitas yang menguji kecepatan dalam berpikir dan melatih konsentrasi.

Ketika melakukan permainan ini, salah satu yang ditunjuk sebagai instruktur akan memulai permainan dengan mengatakan sebuah kata secara acak. Lalu, peserta berikutnua harus mengeluarkan kata yang berhubungan dengan kata sebelumnya secara cepat.

6. Unique and Shared

Unique and Shared bisa dimainkan dengan cara membuat grup yang terdiri dari 4 sampai 5 orang. Lalu minta masing-masing anggota grup untuk menemukan kesamaan satu sama lain yang terbilang unik.

Melalui permainan ini, maka akan terbangun rasa persatuan karena para anggota grup bisa semakin sadar jika mereka memiliki kesamaan dengan rekan  yang mungkin sebelumnya tidak disadari.

7. Tic Tac Toe

Permainan ice breaking yang terakhir ini bisa dilakukan untuk menguji pengetahuan serta kecerdikan para peserta. Instruktur dapat membentuk dua tim yang akan bersaing dan menyiapkan tabel tic tac toe.

Kemudian, instruktur akan memanggil satu peserta dari kwdua tim untuk menjawab pertanyaan. Peserta yang dinyatakan mampu menjawab pertanyaan maka memiliki hak memberi tanda pada tabel tic tac toe. Tim pertama yang berhasil membuat garis lurus adalah tim yang dinyatakan menang.

Manfaat Melakukan Ice Breaking

Berikut adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dengan permainan ice breaking:

• Menghilangkan rasa canggung, kebosanan dan keletihan

• Melatih peserta berpikir secara aktif dan kreatif

• Melatih peserta untuk kompak dalam kelompok

• Melatih kerja sama tim

• Melatih kemampuan para peserta dalam problem solving

• Melatih jiwa kepemimpinan

• Melatih peserta menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat

• Meningkatkan rasa percaya diri

• Meningkatkan semangat

• Meningkatkan konsentrasi untuk melanjutkan aktivitasnya.

Demikian contoh ice breaking seru yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #mpls #makin #asyik #breaking #seru #untuk #mencairkan #suasana

KOMENTAR