Profil dan Pendidikan Ilham Habibie, Anak BJ Habibie Mau Maju Pilgub Jabar?
Wakil Ketua Umum PII 2021- 2024, Ilham Habibie. (Dok: Istimewa)
20:48
7 Juni 2024

Profil dan Pendidikan Ilham Habibie, Anak BJ Habibie Mau Maju Pilgub Jabar?

Putra Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie digadang-gadangkan akan maju di Pilkada 2024. Ini setelah lham Habibie direkomendasikan untuk menjadi calon gubernur atau wakil Gubernur Jawa Barat oleh Partai NasDem.

Kabar ini sendiri dikonfirmasi langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Menurutnya, anak Habibie itu memiliki kualitas untuk menjadi pemimpin Jabar. Seperti kemampuan, kapasitas dan profesionalitas.

Selain itu, lanjut Paloh, keputusan NasDem memberikan surat rekomendasi kepada Ilham adalah bentuk pendidikan politik. Artinya, pencalonan Ilham berpotensi memberikan kesempatan yang sama bagi anak-anak bangsa.

Lantas, seperti apakah profil dan pendidikan Ilham Akbar, anak Habibie yang mau maju Pilkada Jabar? 

Baca Juga: Dapat Restu PSI, Ahmad Ali Makin Pede Diusung NasDem di Pilkada Sulteng: Rekomendasi Pasti Keluar

Profil Ilham Habibie

Ilham Habibie adalah anak pertama dari pasangan BJ Habibie dan Ainun Habibie. Ilham lahir pada 16 Mei 1963 di Aachen, Jerman Barat.

Sosoknya mengikuti jejak sang ayah sebagai ilmuwan penerbangan. Ia kini menjadi menjadi pakar penerbangan sekaligus pengusaha. Ilham sendiri bermimpi untuk melanjutkan cita-cita sang ayah, yakni memproduksi pesawat terbang milik Indonesia.

Ilham kecil tumbuh di Jerman Barat. Pria berdarah Gorontalo ini bahkan tinggal selama 31 tahun lamanya di Jerman.

Mengenai pendidikan, Ilham bersekolah di Elementary School Windmueglebweg. Usai lulus, ia melanjutkan pendidikan ke High School Hochrad. Ia kemudian berkuliah di Technical University of Munich, Jerman.

Baca Juga: Auto Salim Tangan Prabowo usai Fix Didukung Gerindra, Khofifah Pede Menangkan Pilkada Jatim

Setelah lulus kuliah, Ilham memulai kariernya di bidang penebangan. Ia bekerja sebagai Direktur Marketing di PT Dirgantara Indonesia pada 2002.

Dua tahun berselang, pada 2004, ia dipercaya menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Industri Mineral Indonesia.

Sosoknya juga dipercaya menjadi Komisioner di PT Sarana Pembangunan Jawa Rentah, Komisioner PT Global Group Asia, dan Komisioner Sound Oil Pic.

Tak hanya itu, Ilham juga menjabat sebagai Komisioner proyek Pollux Habibie International. Lewat perusahaannya itu, ia turut membangun Gedung Pollux di Batam Center, Kepulauan Riau.

Adapun Gedung Pollux itu memiliki 100 lantai, dengan tinggi mencapai 359 meter. Tujuan pembangunan gedung itu sendiri untuk merealisasikan Batan.

Sementara itu mengenai kehidupan pribadinya, Ilham menikah dengan Insana Abdul Adjid pada 1987. Dari pernikahannya, ia dikaruniai 3 orang anak.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #pendidikan #ilham #habibie #anak #habibie #maju #pilgub #jabar

KOMENTAR