Dapat Jabatan Tenaga Ahli di Kementan, Andi Tenri Bilang Radisyah Cucu SYL Lulusan Mana?
Cucu eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, Andi Tenri Bilang Radisyah Melati [Instagram]
11:56
24 Mei 2024

Dapat Jabatan Tenaga Ahli di Kementan, Andi Tenri Bilang Radisyah Cucu SYL Lulusan Mana?

Andi Tenri Bilang Radisyah Melati, cucu Syahrul Yasin Limpo (SYL), turut terseret kasus korupsi di Kementan. Ia disebut mendapat giveaway jabatan dengan gaji Rp10 juta.

Hal itu disampaikan Protokol Menteri Pertanian Rininta Octarini dalam sidang Rabu (22/5/2024). Ia menyebut bahwa Radisyah Melati dapat jatah sebagai Tenaga Ahli di Biro Hukum Kementan.

Atas posisinya itu, Andi Tenri Bilang Radisyah Melati yang akrab disapa Bibie menerima gaji Rp 10 juta per bulan dan fasilitas mobil. Di sisi lain, muncul pula rasa penasaran publik terkait latar belakang pendidikannya.

Andi Tenri Bilang Radisyah Melati Lulusan Mana?

Baca Juga:Cucu SYL Digaji Rp10 Juta Oleh Kementan, Berapa Gaji Tenaga Ahli Sekjen yang Benar Sesuai Aturan?

Pemilik nama lengkap Andi Tenri Bilang Radisyah Melati itu lahir di Makassar pada 25 Maret 1998. Ia adalah anak Indira Chunda Tita, putri SYL yang aktif sebagai anggota DPR RI Fraksi NasDem.  

Terkait rekam jejak pendidikannya, Bibie diketahui pernah mengambil kursus Ilmu Politik dan Public Speaking di Oxford, Inggris. Satu tahun berselang, ia kembali ke Indonesia dan mendaftar kuliah.

Bibie tercatat sebagai mahasiswi Program Studi Hukum Administrasi Negara di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar. Ia kemudian dinyatakan lulus pada tahun 2020 silam.

Sebelum menyelesaikan studinya itu, Bibie pada tahun 2019 mengikuti program KKN Tematik Infrastruktur PU Pera. Tepatnya di Kelurahan Pandang-pandang, Kabupaten Gowa.

Di sana, Bibie menjalani KKN selama 30 hari. Sebelumnya, ia memiliki keinginan melakukan kegiatan tersebut di Kejaksaan. Namun, sang kakek, SYL, menyarankannya pergi mengenal Kabupaten Gowa.

Baca Juga:Profil Andi Tenri Bilang Radisyah: Cucu SYL Disebut Dapat Jabatan di Kementan, Gaji Rp10 Juta per Bulan

Di sisi lain, Bibie pada Maret 2021, dilamar oleh kekasihnya, M Ikhsan Rangga yang diketahui merupakan anggota Polri. Acara keduanya itu digelar di kawasan Pelita, Makassar.

Meski begitu, tidak diketahui apakah saat ini hubungan Bibie dan Ikhsan Rangga masih terjalin. Sebab, akun Instagram @radisyahmelati, kini dihapus buntut kasus korupsi yang menjerat sang kakek.

Bibie sendiri ikut terseret dalam kasus SYL karena kakeknya itu diduga memakai uang untuk keperluan pribadi dan keluarganya. Sebut saja pembelian produk perawatan hingga mobil mewah.

Bukan hanya itu, Bibie bahkan disebut menerima jatah jabatan di Kementan. Ia menjabat sebagai Tenaga Ahli di Biro Hukum Kementan dengan gaji Rp10 juta tiap bulannya dan fasilitas mobil dinas.

Gaji tersebut diterima Bibie sejak 2022. Disampaikan oleh Rini, cucu SYL itu awalnya digaji Rp 4 juta. Namun, ia menerima usulan dari biro hukum agar menginfokan Bibi jika ada tambahan Rp 6 juta.

"Izin menjelaskan, Yang Mulia, ketika itu Pak Agung menghubungi saya ada transferan usulan dari biro hukum ke Bibi dan saya diminta menginfokan ke Bibi kalau ada tambahan Rp 6 juta," ungkap Rini.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #dapat #jabatan #tenaga #ahli #kementan #andi #tenri #bilang #radisyah #cucu #lulusan #mana

KOMENTAR