Simak! 5 Manfaat Teh Mawar Untuk Kesehatan Tubuh, Mengurangi Nyeri Haid hingga Mencegah Jerawat
Teh mawar adalah minuman herbal tanpa kafein (rosaholics.com)
08:58
18 Mei 2024

Simak! 5 Manfaat Teh Mawar Untuk Kesehatan Tubuh, Mengurangi Nyeri Haid hingga Mencegah Jerawat

Teh mawar merupakan salah satu minuman herbal yang terbuat dari kelopak dan kuncup semak mawar. Secara alami teh mawar ini mengandung bebas kafein dan sebagai sumber hidrasi yang baik.

Selain itu, teh mawar juga dikenal bisa meredakan nyeri haid dan meningkatkan kualitas kulit sehingga lebih sehat. Minuman herbal ini memiliki rasa pahit manis tergantung jenis mawar yang digunakan.

Teh mawar konon berasal dari Tiongkok dan digunakan sebagai alat tradisional Tiongkok. Meskipun teh ini tidak mengandung kalori namun teh mawar memiliki beberapa vitamin dan antioksidan seperti vitamin A, C dan E.

Untuk membuat teh mawar sangat mudah yaitu cukup rendam segenggam kelopak mawar kering dalam air panas selama sekitar 5-10 menit, saring lalu nikmati.

Anda bisa menyesuaikan jumlah kelopak dan waktu perendaman berdasarkan preferensi rasa dan kekuatan Anda.

Lantas apa saja manfaat yang didapat jika mengonsumsi minuman teh mawar ini?

Dilansir dari laman Health Shots, Sabtu (18/5), ada beberapa manfaat teh mawar untuk kesehatan tubuh diantaranya :

1. Bisa menghidrasi tubuh

Salah satu manfaat terbesar teh mawar adalah sangat menghidrasi tubuh. Hal ini disebabkan di dalam teh mawar memiliki kandungan utamanya adalah air.

Sehingga teh mawar sangat cocok untuk Anda yang selalu lupa minum cukup segelas air dalam setiap hari.

Perlu kita ketahui bahwa kekurangan air atau dehidrasi dapat menyebabkan gejala kelelahan, sakit kepala serta masalah serius seperti tekanan darah rendah.

2. Meningkatkan relaksasi

Menurut penelitian yang diterbitkan di Helivan menunjukkan bahwa minum teh mawar juga dapat membantu mengurangi stress, kecemasan dan depresi.

3. Memiliki efek antioksidan

Teh mawar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri mampu menghentikan produksi radikal bebas dan dapat membantu mencegah penyakit kronis. Mengonsumsi teh mawar ini juga membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Kandungan antioksidan yang terdapat di teh mawar adalah polifenol. Polifenol dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, serta penyakit kardiovaskular dan diabetes.

4. Dapat mengurangi nyeri haid

Sebuah penelitian yang dikutip dalam Journal of Midwifery & Women’s Health mengevaluasi efek teh mawar pada 130 remaja di Taiwan. Mereka memberi dua cangkir teh mawar setiap hari selama 12 hari yaitu satu minggu sebelum menstruasi.

Mereka mengutip ini selama 6 siklus menstruasi. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa teh mawar bisa membantu mengatasi nyeri haid.

5. Dapat meningkatkan kualitas kulit

Mawar adalah salah satu bahan paling populer dalam produk perawatan kulit. Kelopak mawar bersifat antioksidan dan anti inflamasi serta membantu kulit tampak lebih muda dan sehat.

Selain itu, mengonsumsi teh mawar bisa membantu mencegah jerawat karena di dalamnya memiliki sifat antibakteri.

Dibalik segudang manfaat dari teh mawar, Anda perlu memahami bahwa mengonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau sedikit efek pencahar karena memiliki efek diuretiknya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #manfaat #mawar #untuk #kesehatan #tubuh #mengurangi #nyeri #haid #hingga #mencegah #jerawat

KOMENTAR