8 Bahasa Tubuh Ini Menunjukkan Seseorang Memiliki Kecerdasan Tinggi dan Kemampuan Komunikasi yang Unggul
8 ciri nonverbal yang menunjukkan seseorang sangat cerdas. /(rosemaryravinal.com)
20:44
17 April 2024

8 Bahasa Tubuh Ini Menunjukkan Seseorang Memiliki Kecerdasan Tinggi dan Kemampuan Komunikasi yang Unggul

 

Orang pintar mungkin menunjukkan pikiran tajamnya dengan sinyal yang tidak terucapkan.

Namun, ada tanda-tanda bahasa tubuh tertentu yang disampaikan para ahli, berhasil menunjukkan kecerdasan tinggi dan kemampuan komunikasi yang unggul dari seseorang.

Seperti diketahui, bahasa tubuh dinilai bak orkestra yang tenang, menurut Psychology Today.

Pesan non-verbal termasuk gerakan tubuh, ekspresi wajah, nada suara, dan volume suara secara kolektif dikenal sebagai bahasa tubuh.

Sebagai perbandingan, kata-kata yang mereka gunakan merupakan bagian yang lebih kecil dari komposisinya. 

Meskipun kecerdasan mempunyai banyak aspek dan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti genetika, lingkungan, pendidikan, dan pengalaman, petunjuk halus dalam bahasa tubuh seseorang dapat mengungkapkan banyak hal tentang kompetensi dan potensi kepemimpinannya. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita jelajahi 8 ciri nonverbal yang menunjukkan seseorang sangat cerdas, seperti yang dilansir dari rosemaryravinal.com, Rabu (17/4), beberapa di antaranya mungkin akan mengejutkan Anda.

  1. Mereka menjaga postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang baik merupakan tanda kesadaran diri dan disiplin, yang mana dua ciri ini biasanya ditunjukkan oleh individu yang cerdas. Baik berdiri atau duduk, mereka memancarkan sikap percaya diri yang menunjukkan rasa otoritas dan kompetensi. 

Postur tubuh yang tegak membantu Anda bernapas dengan benar, memproyeksikan suara Anda dengan lebih baik saat berbicara, serta tetap waspada dan penuh perhatian. 

Ini adalah tampilan keingintahuan intelektual yang tenang namun mendalam dan keterbukaan terhadap ide-ide dan perspektif baru. Kesediaan mereka untuk belajar dari orang lain juga mencakup tindakan seperti tidak menyilangkan tangan dan bersikap terbuka.

  1. Mereka mendengarkan dengan penuh perhatian

Orang yang sangat cerdas cenderung memiliki kesadaran yang tinggi terhadap orang lain. Mereka mahir dalam menyerap informasi, dan bahasa tubuh mencerminkan keterlibatan mereka dalam percakapan. 

Kecerdasan yang luar biasa sering kali disertai dengan keterampilan mendengarkan yang sangat baik. Orang pintar bisa membuat Anda merasa seperti Anda satu-satunya orang di ruangan itu.

Mereka menjaga kontak mata, mengangguk saat setuju, dan menggunakan gerakan halus seperti alis melengkung untuk menandakan perhatian dan keingintahuan mereka saat lawan bicara berbicara.

  1. Mereka tidak takut akan keheningan

Anda tidak dapat berasumsi bahwa semakin banyak seseorang berbicara, semakin pintar mereka. Orang pintar berpikir sebelum berbicara dan tidak merasa perlu mengisi setiap momen dengan ocehan atau basa basi. 

Mereka menggunakan jeda terukur untuk memproses dan merumuskan pemikiran mereka. Keheningan bisa menjadi alat yang ampuh untuk refleksi dan pemahaman, dan orang-orang cerdas tidak masalah jika membiarkan percakapan berlangsung santai. 

Hal ini menunjukkan tingkat perhatian dan keyakinan diri yang mencerminkan ketenangan dan kepercayaan diri mereka.

  1. Mereka menggerakkan bagian tubuh saat berbicara 

Gestur individu yang sangat cerdas ditandai dengan perhatian dan ketelitiannya. Baik itu gerakan tangan yang digunakan untuk menjelaskan konsep kompleks atau ekspresi mikro yang tepat waktu seperti kedipan mata cepat, gerakan ini memiliki tujuan dan mencerminkan perenungan mendalam mereka.

Bahasa tubuh mereka bertindak sebagai perpanjangan dari pikiran mereka yang pandai bicara dan analitis. Orang yang menggunakan tangan saat berbicara dianggap lebih menarik dan kredibel.

  1. Mereka meniru tindakan orang lain

Orang pintar berusaha untuk terhubung pada tingkat yang lebih dalam dan sering kali pandai memperhatikan isyarat sosial. Di sinilah peran mirroring bekerja. Artinya, mereka secara tidak sadar meniru gerak tubuh, pola bicara, atau sikap orang lain. 

Ini adalah cara menunjukkan empati dan pengertian untuk membangun hubungan baik. Mungkin lebih mudah untuk mengenalinya melalui panggilan video daripada secara langsung.

  1. Wajah mereka ekspresif

Orang cerdas cenderung mempunyai wajah yang ekspresif. Bertentangan dengan stereotip kaum intelektual yang pendiam, individu yang cerdas sering kali menampilkan ekspresi ekspresif.

Wajah mereka berseri-seri dengan antusias ketika mendiskusikan topik yang mereka minati, dan gerak tubuh mereka menunjukkan berbagai macam emosi. Ekspresifitas mereka yang tinggi mencerminkan kecerdasan dan hasrat mereka terhadap pengetahuan.

  1. Mereka menjaga kontak mata

Ini mungkin merupakan isyarat non-verbal yang paling jelas. Kontak mata adalah inti dari komunikasi yang baik. Orang pintar sering kali mempertahankan pandangan mata yang mantap saat sedang mengobrol. 

Mereka tidak takut menatap mata Anda karena mereka yakin dengan pemikiran dan idenya. Mereka tahu nilai hubungan antarmanusia yang sejati. Menatap mata seseorang menunjukkan rasa hormat, pengertian, dan keterlibatan – semuanya merupakan tanda pikiran yang tajam.

  1. Mereka menunjukkan senyuman yang tulus

Orang yang cerdas sering kali mempunyai senyum yang tulus dan mudah. Ini adalah senyuman yang membuat mata berkerut, memperlihatkan beberapa gigi, dan memancarkan kehangatan dan kepositifan. 

Jika Anda bertemu seseorang dengan senyuman setinggi mata, ada kemungkinan dia lebih pintar dari kebanyakan orang. Ini mungkin percakapan yang tidak akan segera Anda lupakan dan akan mencerahkan hari Anda.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bahasa #tubuh #menunjukkan #seseorang #memiliki #kecerdasan #tinggi #kemampuan #komunikasi #yang #unggul

KOMENTAR