Fakta Kepribadian Unik Anak Tengah dari Tiga Bersaudara, Perlu Diketahui Orang Tua
Ilustrasi anak tengah dari tiga bersaudara. (PIN)
23:06
21 Maret 2024

Fakta Kepribadian Unik Anak Tengah dari Tiga Bersaudara, Perlu Diketahui Orang Tua

- Dibandingkan anak sulung atau anak bungsu, anak kedua dari tiga bersaudara banyak jadi pembicaraan. Anak kedua ini seringkali dituntut untuk bersikap lebih dewasa dalam segala hal, karena harus menghormati kakaknya dan mengalah pada adiknya. Kondisi inilah yang akan membentuk kepribadian dan sifat bawaannya kelak. Kepribadian anak kedua memang sulit untuk digambarkan dengan jelas.

Bagi para orang tua perlu untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada anak kedua karena jika tidak diperhatikan maka anak akan merasa tidak diperlakukan secara adil. Oleh karena itu, untuk mengasah kemampuan yang dimiliki anak kedua, orang tua harus melihat perkembangan yang terjadi pada anak kedua.

Adapun perkembangan yang terjadi, seperti perkembangan sifat, perkembangan emosi, dan lain-lain. Pada umumnya, sifat yang ada pada anak kedua cenderung manja dan terkadang suka memberontak. Sebelum anak kedua merasa diperlakukan tidak adil, maka sebaiknya para orang tua mengetahui fakta-fakta yang ada pada anak kedua.

Dikuti dari Halodoc.com, menurut Alfred Adler seorang ilmuwan yang masih kolega Sigmund Freud menyampaikan teori urutan kelahiran yang ia mulai diteliti pada akhir 1920-an. Adler percaya urutan kelahiran seseorang dalam keluarga secara inheren memengaruhi kepribadian:

1. Anak sulung (tertua)

Menurut Adler, anak tertua cenderung konservatif, mereka berorientasi pada kekuasaan, dan mampu memimpin. Alasannya karena mereka kerap diberi tanggung jawab untuk menangani adik-adik mereka, anak sulung tumbuh menjadi orang yang peduli, lebih bersedia menjadi orangtua, dan cenderung mengambil inisiatif.

2. Anak kedua (tengah)

Kakak laki-laki atau perempuan adalah "penentu kecepatan" untuk anak kedua, mereka sering berjuang untuk melampaui kakak mereka. Laju perkembangan mereka lebih tinggi, oleh karena itu mereka cenderung ambisius namun mereka jarang egois.

Anak kedua cenderung menetapkan tujuan yang terlalu tinggi untuk diri mereka sendiri, oleh karenanya mereka rentan gagal. Tak perlu khawatir, kemampuan mereka mengetahui bagaimana mengatasi kesulitan dalam hidup adalah hal yang membuat mereka lebih kuat.

3. Anak (bungsu) yang terakhir lahir

Wajar jika anak terakhir lebih mendapat banyak perhatian dan perhatian dari orangtua dan saudara yang lebih tua. Itulah sebabnya mereka mungkin merasa kurang berpengalaman dan mandiri. Namun, kelahiran terakhir biasanya termotivasi untuk melampaui kakak mereka.

Sangat sering mereka mencapai sukses besar dan mendapatkan pengakuan di bidang yang mereka pilih. Anak-anak bungsu dalam sebuah keluarga cenderung ramah, meskipun mereka cenderung lebih tidak bertanggung jawab dan sembrono daripada anak-anak yang lebih tua.

Fakta kepribadian anak kedua dalam keluarga

Dokter sekaligus ahli psikologi berkebangsaan Austria memaparkan bahwa sosok yang pertama kali menggagas teori bahwa urutan kelahiran dalam keluarga dapat memengaruhi kepribadian seseorang. Menurutnya, anak yang dibesarkan di lingkungan yang sama, di rumah yang sama, dan oleh orang tua yang sama bisa jadi menerima perlakuan berbeda karena urutan kelahiran mereka.

Dikutip dari Hellosehat.com mengungkapkan bahwa anak kedua atau anak tengah umumnya merasakan hal-hal berikut ini dalam keluarga:

1. Sering merasa diabaikan dan diperlakukan tidak adil
2. Cenderung memberontak
3. Merasa rendah diri
4. Kompetitif
5. Tidak egois
6. Bebas dan mandiri

Beragam Fakta Anak Kedua

Fakta tentang anak kedua dari sisi negatif maupun positif, dikutip dari Alodokter.com:

1. Cenderung kurang percaya diri

Fakta anak kedua ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena orang tua tanpa sadar suka meminta sang adik untuk mencontoh kelebihan yang dimiliki kakaknya.

2. Suka memberontak

Anak kedua memiliki kecenderungan untuk suka memberontak. Namun, tidak semua anak kedua pasti sifatnya begini. Ada beberapa alasan mengapa anak kedua sering kali lebih suka memberontak, salah satu alasannya adalah untuk mencari perhatian orang tua.

3. Kurang bahagia

Ada riset yang menyebutkan bahwa anak kedua cenderung kurang bahagia jika dibandingkan dengan kakak dan adiknya. Ada beberapa alasan yang mungkin bisa menjadi alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Salah satunya adalah anak kedua cenderung merasa kesepian dan insecure.

4. Berjiwa kompetitif

Di dalam benak anak kedua tertanam jiwa yang kompetitif. Kondisi ini bisa terbentuk karena anak kedua ingin menunjukkan kemampuannya dan merasa bahwa ia juga tidak kalah dari kakaknya.

5. Mudah bergaul dan beradaptasi

Anak kedua cenderung bisa beradaptasi dengan berbagai situasi. Selain itu, anak kedua juga mungkin akan lebih supel dan mudah bergaul dengan orang lain. Sifat ini bisa muncul karena mereka merasa sudah terbiasa untuk memuaskan semua orang, terutama orang tua dan kakaknya, sehingga mereka bisa bersikap ramah dan hangat dengan orang baru.

6. Mandiri sejak kecil

Karena lebih banyak memperhatikan anak pertama, orang tua mungkin akan menjadi kurang perhatian terhadap anak kedua. Terkadang, hal ini bisa menjadi sesuatu yang positif dan mendorong anak kedua untuk bisa lebih mandiri. Sikap ini bahkan bisa membantu anak kedua untuk lebih cepat dewasa.

7. Lebih open minded

Anak kedua disebut memiliki rasa empati yang tinggi dan lebih terbuka terhadap orang lain, sehingga banyak yang merasa mudah bergaul dan diterima olehnya. Anak kedua juga biasanya bisa bersikap dan berpikir lebih bijak dari teman-teman sebayanya.

8. Pemimpin yang baik

Jiwa pemimpin ini bahkan sudah bisa terpupuk dari masa kanak-kanak, salah satu alasan mengapa anak kedua bisa memiliki sikap ini adalah karena keinginan dan motivasinya untuk menunjukkan bahwa ia tidak kalah dari kakaknya.

Dan, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang anak kedua yang patut ketahui:

1. Anak kedua adalah anak yang ulet dan lebih mandiri
2. Memiliki keterampilan negosiasi yang hebat
3. Memiliki tekad yang luar biasa
4. Memiliki hubungan pertemanan yang kuat
5. Cenderung lebih kreatif

Editor: Edy Pramana

Tag:  #fakta #kepribadian #unik #anak #tengah #dari #tiga #bersaudara #perlu #diketahui #orang

KOMENTAR