Bukan INFJ, Ternyata Tipe Kepribadian ENTJ yang Paling Langka Menurut MBTI, Dinilai Sebagai Ahli Strategi
Ternyata Tipe Kepribadian ENTJ yang Paling Langka Menurut MBTI, Dinilai Sebagai Ahli Strategi (Adobe Stock)
09:42
21 Maret 2024

Bukan INFJ, Ternyata Tipe Kepribadian ENTJ yang Paling Langka Menurut MBTI, Dinilai Sebagai Ahli Strategi

The Myers-Briggs Company (MBTI) telah melakukan penelitian tentang tipe kepribadian pada manusia.

Terdapat 16 tipe kepribadian yang menurut MBTI langka. Dari ke-16 tipe kepribadian tersebut ternyata bukan INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, and Judging) yang paling langka, melainkan tipe keprinadian ENTJ.

Apa itu ENTJ atau kepanjangan dari Extraverted, iNtuitive, Thinking, and Judging? Tentunya ENTJ berbeda dengan tipe kepribadian INFJ.

Di dunia orang yang memiliki kepribadian ENTJ ini tercatat hanya 1,8 persen populasi. Sementara pria 2,3 persen populasi, sedangkan perempuan hanya 1,5 populasi.

Populasi dari tipe kepribadian ENTJ ini menurut MBTI yang dikutip oleh JawaPos.com (21/3) raltif jarang.

ENTJ merupakan individu yang benar-benar unik dengan kepribadian yang sangat kuat terkadang tampak kontradiktif.

Mereka sering kali berkepribadian dan berorientasi pada tujuan; keduanya terinspirasi oleh orang lain dan sangat analitis.

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ ini cenderung sangat ambisius. Mereka sering kali mampu menangani situasi stres dengan pikiran yang tenang, terukur, dan analitis.

Dalam kondisi terbaiknya, ENTJ mampu memimpin orang lain untuk mengambil keputusan pragmatis.

Alasan mereka yang jernih dan pengambilan keputusan yang cepat berarti mereka cenderung berhasil dalam peran kepemimpinan atau manajemen.

Sebagai pengambil keputusan yang alami, ENTJ sering kali berfokus untuk menemukan solusi yang cepat dan tepat daripada mendengarkan sudut pandang yang berbeda atau mengeksplorasi situasi dan mempertanyakannya.

Mereka mungkin rentan terhadap kekakuan dan ketunggalan pikiran, yang dapat menyebabkan konflik dalam tim atau kelompok.

Orang dengan tipe kepribadian ENTJ dirangsang oleh percakapan menarik dan debat intelektual dengan teman, anggota keluarga, dan pasangan romantisnya.

Mereka cenderung memperlakukan orang yang mereka sayangi dengan adil dan langsung. Mereka cenderung tidak terlalu emosional, jadi mereka mungkin tidak akan mengungkapkan perasaannya sepanjang waktu.

ENTJ merasa paling percaya diri ketika mereka mampu membuat keputusan yang jelas. Saat mereka memilih teman atau pasangan, mereka menunjukkan kepada orang tersebut betapa pentingnya mereka.

ENTJ mungkin mengalami konflik jika mereka terlalu blak-blakan atau mengabaikan perasaan orang lain saat menyampaikan pikiran atau pendapatnya.

Dalam suatu konflik, ENTJ kemungkinan besar ingin mencari penyelesaian yang cepat, jelas, dan logis.

Mereka sering kali pandai menjaga segala sesuatunya tetap obyektif dan menyelesaikan masalah dengan adil, namun mungkin perlu mengingatkan diri mereka sendiri untuk mendengarkan kedua sisi argumen.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #bukan #infj #ternyata #tipe #kepribadian #entj #yang #paling #langka #menurut #mbti #dinilai #sebagai #ahli #strategi

KOMENTAR