Klarifikasi Gus Iqdam Usai Sebut Palestina Aman-Aman Saja: Jangan Gagal Paham...
Gus Iqdam. (YouTube/ Gus Iqdam Official)
17:51
20 Maret 2024

Klarifikasi Gus Iqdam Usai Sebut Palestina Aman-Aman Saja: Jangan Gagal Paham...

Pendakwah muda Nahdlatul Ulama (NU), Muhammad Iqdam Kholid alias Gus Iqdam buru-buru mengklarifikasi pernyataannya soal kondisi Palestina yang aman-aman saja.

Mengutip dari unggahan kanal YouTube ABRI MEDIA pada Rabu (20/3/2024), Gus Iqdam mengungkapkan bila yang ia maksud aman adalah kondisi Masjidil Aqsa, bukan keseluruhan Palestina.

"Saya bilang di Masjidil Aqsa itu aman, artinya kalian ini lho yang suka pergi ke luar negeri ke mana, datang saja ke Masjidil Aqsa, ramaikan," kata Gus Iqdam.

"Bukan berarti saya itu ternyata, 'Palestina itu aman, enggak ada perang'. Bukan berarti seperti itu," lanjutnya.

Gus Iqdam lantas mengujarkan bila saat ini memang sedang terjadi perang di Gaza. Namun, hal ini jangan sampai membuat umat Islam enggan berkunjung ke Masjidil Aqsa.

Ia menjelaskan bila jarak Gaza ke Masjidil Aqsa sangat jauh. Oleh karena itu, umat Islam masih aman-aman saja bila berkunjung ke Masjidil Aqsa.

"Perangnya di Gaza, jaraknya dari Masjidil Aqsa itu ratusan kilometer. Jihad tetap ada di sana, tapi tempatnya di Gaza," terang Gus Iqdam.

"Jangan sampai karena video-video atau berita-berita yang beredar terus kita enggak mau berusaha datang ke Masjidil Aqsa," imbuhnya.

Dalam video klarifikasinya, Gus Iqdam juga kembali menegaskan soal keberadaan Tentara Israel di Masjidil Aqsa, yaitu untuk memastikan orang-orang yang masuk ke Masjidil Aqsa adalah umat Islam.

"Teman-teman jangan gagal paham, video full saya di Nganjuk itu saya bilang Masjidil Aqsa Palestina aman, tapi artinya aman tidak ada crowded peperangan, artinya di bawah pengawasan Israel," beber Gus Iqdam.

"Dan orang Israel yang menjaga di sana memastikan bahwasanya orang yang masuk itu benar-benar Islam dan baik-baik saja. Tapi kalau titik peperangan itu berada di Gaza," pungkasnya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #klarifikasi #iqdam #usai #sebut #palestina #aman #aman #saja #jangan #gagal #paham

KOMENTAR