4 Hal Seru dan Unik Ini Hanya Ada di Bulan Ramadhan, Apa Saja? Yuk Simak!
ILUSTRASI SAHUR: Dimas Pradipta/JawaPos.com
10:54
6 Maret 2024

4 Hal Seru dan Unik Ini Hanya Ada di Bulan Ramadhan, Apa Saja? Yuk Simak!

 

 - Tak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba dan menyapa umat Muslim di seluruh dunia. 

Namun tahukah Anda, bahwa ada beberapa hal unik yang hanya terjadi selama bulan Ramadhan?

Hal-hal unik dan seru inilah, yang sering kali membuat umat Muslim rindu akan kehadiran bulan Ramadhan.

Ingin tahu dan penasaran apa saja hal unik yang hanya ada di bulan Ramadhan? Yuk simak informasi berikut, 

Dirangkum JawaPos dari Radar Jogja, Rabu (6/3), berikut 4 hal seru dan unik yang hanya ada di bulan Ramadhan. 

1. Bangunkan Sahur

Membangunkan sahur adalah momen yang sering kali membuat orang merindukan bulan Ramadhan. Bagaimana tidak?

Terlelap dalam tidur, tiba-tiba terdengar suara ramai disertai dengan bunyi galon kosong atau bedug yang dipukul, disertai dengan panggilan ‘sahur... sahur’ atau lagu-lagu sahur yang dinyanyikan oleh warga setempat, merupakan tradisi Ramadhan yang unik dan khas.

Selain itu, ada juga yang membangunkan sahur dengan menggunakan speaker dari masjid.

Bagaimanapun caranya, tradisi ini pasti akan membuat Anda merindukannya, baik dari sisi yang membangunkan maupun yang dibangunkan.

2. Berbuka Puasa Bersama

Tradisi buka puasa bersama atau yang lebih dikenal dengan bukber, dua tahun belakangan agaknya cukup berbeda dari Ramadhan tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun aturan berkumpul telah sedikit dilonggarkan tahun ini terkait pencegahan penyebaran COVID-19, banyak yang lebih memilih untuk bukber secara virtual di rumah.

Dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa berbuka puasa di rumah masing-masing dan tetap berinteraksi melalui layar gadget.

3. Ngabuburit

Salah satu hal unik yang menyenangkan saat Ramadhan adalah ngabuburit, yaitu aktivitas yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Istilah ini berasal dari bahasa Sunda, yang berarti bersantai-santai menunggu sore.

Meskipun berasal dari bahasa Sunda, ngabuburit telah menjadi istilah yang dikenal di berbagai daerah di Indonesia untuk menggambarkan aktivitas yang dilakukan selama bulan Ramadhan.

Setiap orang biasanya memiliki kegiatan ngabuburit yang berbeda. Salah satu yang umum dilakukan adalah jalan-jalan mencari kudapan untuk berbuka puasa.

Bagi Anda yang kadang bingung apa yang harus dilakukan, bisa membaca artikel tentang kegiatan selama bulan puasa untuk mendapatkan rekomendasi ngabuburit yang tetap produktif.

4. Banyak Penjual Takjil

Takjil adalah hal unik lainnya yang hanya bisa ditemukan selama bulan Ramadhan. Saat bulan puasa, banyak orang yang berjualan berbagai hidangan untuk berbuka.

Biasanya menjelang sore hari, banyak lapak yang dibuka, baik di sekitar tempat tinggal, di pinggir jalan, maupun tempat umum lainnya yang menyajikan berbagai pilihan menu yang membuat Anda tidak sabar untuk segera menyantapnya!

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan istilah ‘takjil’ sebenarnya keliru. Banyak yang mengira bahwa takjil adalah kudapan yang dimakan saat berbuka puasa dan identik dengan makanan manis.

Namun, menurut KBBI, takjil sebenarnya bermakna mempercepat waktu berbuka puasa. Kata ini berasal dari kata 'ajila’ dalam bahasa Arab yang berarti ‘mempercepat’, sehingga takjil sebenarnya mengacu pada perintah untuk berbuka puasa dengan segera.

   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #seru #unik #hanya #bulan #ramadhan #saja #simak

KOMENTAR