Penting Diketahui, 8 Cara Agar Percaya pada Teman yang Bisa Dilakukan dengan Mudah, Bikin Ikatan Semakin Kuat
Ilustrasi persahabatan yang saling percaya. (Freepik)
17:00
26 Oktober 2024

Penting Diketahui, 8 Cara Agar Percaya pada Teman yang Bisa Dilakukan dengan Mudah, Bikin Ikatan Semakin Kuat

- Kepercayaan merupakan fondasi penting dalam setiap persahabatan atau hubungan yang berhasil dan hal ini memerlukan komitmen dari kedua belah pihak dalam hubungan tersebut. Meskipun kepercayaan sulit dibangun, tetapi ia justru sangat mudah untuk hilang.

Memiliki kepercayaan dalam sebuah hubungan berarti kamu dan temanmu saling jujur, mampu diandalkan, serta terbuka dalam berkomunikasi. Kepercayaan juga mengharuskan adanya kemauan untuk memaafkan dan menerima kesalahan.

Selain itu, kalian juga bisa saling memahami dan mendukung saat dibutuhkan. Dengan terjalinnya kepercayaan, hubungan tersebut akan tumbuh dan menciptakan ruang yang aman bagi kedua belah pihak untuk berbagi secara bebas dan terbuka tanpa rasa dihakimi.

Melalui kejujuran dan keterbukaan ini, kedua sahabat dapat memperkuat pemahaman dan penghargaan satu sama lain. Dikutip dari dawn.com, berikut berbagai cara agar percaya pada teman yang bisa dilakukan secara mudah.

1. Jujur dan dapat diandalkan

Kejujuran dan keandalan adalah kunci kepercayaan. Penting untuk selalu jujur dan konsisten dalam kata-kata serta tindakan, dan terbuka dalam membahas isu-isu sulit. Jika terjadi kesalahan atau ketegangan antara dirimu dan teman, segera selesaikan masalahnya tanpa menyimpan rasa benci.

Sampaikan bahwa kamu ingin memperbaiki situasi tanpa drama. Apabila kamu yang bersalah, mungkin terasa memalukan dalam mengakui kesalahan, namun kejujuran menjadi kunci dalam persahabatan. Jelaskan situasi jika diminta atau cukup sampaikan permintaan maaf yang tulus.

2. Memaafkan dan melanjutkan hubungan

Memaafkan dan melanjutkan setelah kesalahan adalah bagian penting dari hubungan. Kesalahan memang tak terhindarkan dan penting guna melepaskan amarah serta melangkah maju, apabila kamu atau teman bersalah.

Jika kamu kesulitan memaafkan, bicarakan masalahnya. Ingat bahwa temanmu mungkin butuh waktu dalam memproses perasaannya sesudah kesalahan terjadi. Beri ruang supaya emosi mereda, sehingga kami bisa berpikir lebih jernih.

Kesalahan juga dapat menjadi pelajaran untuk menjaga hubungan yang lebih baik di masa depan. Setelah membahas kesalahan, penting agar berbicara tentang langkah-langkah ke depan, seperti berkomitmen untuk lebih jujur dan mendukung satu sama lain.

3. Ungkapkan apa yang diharapkan

Ungkapkan apa yang kamu maksud dan pastikan maksudmu sesuai dengan apa yang dikatakan. Hindari mengatakan hal-hal yang tidak diyakini, karena itu bisa menjauhkan teman dan merusak reputasimu. Kamu bisa dianggap tidak dapat dipercaya atau tidak serius dengan apa yang diucapkan.

4. Dengarkan dan berikan dukungan

Mendengarkan secara aktif berarti memperhatikan orang lain, memahami pandangannya, dan memberikan umpan balik yang menunjukkan bahwa kamu mengerti. Jika temanmu membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menawarkan dukungan.

Misalnya, apabila temanmu malu dalam meminta alat tulis, bantulah mereka sebelum mereka merasa perlu dalam meminta pertolongan kepadmu. Tunjukkan bahwa mereka lebih penting daripada hal-hal yang sifatnya materi.

Akan tetapi, jika ada situasi di mana kamu tidak bisa membantu, dukungan moral sangat penting dalam membangun hubungan yang kuat dan memperoleh kepercayaan. Pastikan temanmu tahu bahwa dirimu selalu ada untuk mendukung mereka, meski tidak bisa membantu secara langsung.

5. Bersikaplah menghargai

Apresiasi merupakan aspek penting dalam persahabatan, bisa ditunjukkan dengan ucapan terima kasih atau dengan menghargai hal-hal kecil yang dilakukan teman kepadamu. Ketika temanmu mencapai sesuatu, seperti dalam studi atau prestasi lainnya, hargai usaha mereka dan beri dukungan.

Cara lain untuk menunjukkan penghargaan adalah dengan mendukung tujuan dan ide mereka serta memberikan semangat. Temanmu akan menghargai umpan balik positif darimu yang akan membantu membangun kepercayaan kuat di antara kalian.

6. Hindari kritik yang merugikan

Walaupun kritik dapat bermanfaat jika bersifat membangun dan positif, jika dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri, bukan merusak semangat. Persahabatan yang sehat melibatkan umpan balik yang mendukung dan kritik yang konstruktif.

Sebaliknya, persahabatan yang tidak sehat sering kali dipenuhi dengan kritik yang terus-menerus yang dapat merusak hubungan dengan cepat. Ingat, tidak ada yang ingin mempunyai teman yang selalu mencari-cari kesalahan dan menurunkan motivasi.

7. Terbuka dalam komunikasi

Komunikasi yang terbuka sangat penting guna membangun kepercayaan dalam persahabatan. Hal ini mampu membantu mencegah kesalahpahaman dan konflik, serta mempermudah penyelesaian masalah yang kompleks.

Bersikap terbuka kepada teman berarti jujur mengenai pikiran dan perasaanmu, serta siap membahas topik yang sulit dan sensitif. Selain itu, kamu juga harus mau mendengarkan sudut pandang orang lain, semua dilakukan dengan sikap yang pengertian dan mendukung.

8. Jaga rahasia

Banyak orang tidak mampu menjaga rahasia pribadi teman dan kadang membagikannya kepada orang lain. Penting untuk diingat saat temanmu mempercayakan cerita kepada dirimu, itu adalah tanda kepercayaan.

Coba bayangkan bagaimana perasaan yang kamu rasakan jika tiba-tiba mendengar orang lain membicarakan masalah yang baru saja kamu ceritakan. Tentu saja, kamu akan merasa sedang dikhianati.

Oleh karena itu, sangat penting dalam belajar menyimpan rahasia dengan baik agar tetap terjaga. Menjaga rahasia merupakan kunci untuk mempertahankan kepercayaan dan menguatkan ikatan persahabatan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #penting #diketahui #cara #agar #percaya #pada #teman #yang #bisa #dilakukan #dengan #mudah #bikin #ikatan #semakin #kuat

KOMENTAR