Panduan Amalan Jelang Nisfu Syaban, Ini Sunnah yang Dianjurkan untuk Diperbanyak
Doa Nisfu Syaban (freepik)
15:37
23 Februari 2024

Panduan Amalan Jelang Nisfu Syaban, Ini Sunnah yang Dianjurkan untuk Diperbanyak

Malam Nisfu Syaban menjadi momen yang istimewa bagi umat Islam. Pada malam ini, terdapat banyak amalan baik yang dianjurkan untuk dilakukan sebab memberikan pahala besar bagi umat Muslim.

Pada tahun ini, malam Nisfu Syaban jatuh pada Sabtu, 24 Februari 2024 setelah Maghrib sampai Minggu, 25 Februari sebelum waktu subuh. Di waktu tersebut, umat Muslim dianjurkan melakukan berbagai amalan untuk mendapatkan berkah dan pahala dari Allah SWT.

Di malam Nisfu Syaban ini juga terdapat beberapa sunah juga yang dianjurkan sebab memberikan keutamaan yang besar. Mengutip laman NU Online, berikut beberapa amalan sunah yang dianjurkan saat malam Nisfu Syaban.

Ilustrasi doa dan amalan malam Nisfu Syaban 2024 (freepik)Ilustrasi doa dan amalan malam Nisfu Syaban 2024 (freepik)

1. Membaca surat Yasin

Setelah Maghrib pada malam Nisfu Syaban dianjurkan membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali. Bacaan 3 kali surat Yasin ini sendiri juga terdapat makna di dalamnya di antaranya:

  • Yasin pertama sebagai harapan agar diberi umur panjang serta mendapat taufik untuk ketaatan kepada Allah.
  • Yasin kedua, diharapkan agar terhindar dari bala dan musibah serta keluasan rizki yang halal.
  • Yasin ketiga, niat hatinya merasa cukup dan akhir hayat diberikan husnul khatimah.

2. Membaca doa

Amalan lainnya yang juga dianjurkan pada malam Nisfu Syaban yakni membaca doa. Dalam hadis Rasulullah SAW bersabda:

"(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya'ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)." (HR Al-Baihaqi).

Untuk doa yang dipanjatkan pada malam Nisfu Syaban yakni sebagai berikut:

Allhumma y dzal manni wa l yumannu ‘alaika y dzal jalli wal ikrm, y dzat thauli wal in‘m, l ilha ill anta zhahral ljna wa jral mustajrna, wa ma’manal kh’ifn. Allhumma in kunta katabtan ‘indaka f ummil kitbi asyqiy’a au mahrmna au muqattarna ‘alayn fir rizqi, famhullhumma f ummil kitbi syaqwatan, wa hirmnan waqtitra rizqin, waktubn ‘indaka su‘ad’a marzqna muwaffaqna lil khairt. Fa innaka qulta wa qaulukal haqq f kitbikal munzali ‘ala lisni nabiyyikal mursali “Yamhullhu m yasy’u wa yutsbitu wa ‘indah ummul kitb.” Wa shallallhu ‘al sayyidin Muhammadin wa ‘al lih wa shahbih wa sallama, walhamdulilli rabbil ‘lamn.

Artinya: “Wahai Tuhanku yang maha pemberi, Engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemilik kekayaan dan pemberi nikmat. Tiada Tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata-sementara perkataan-Mu adalah benar-di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Allah bershalawat dan bersalam atas Sayyidina Muhammad, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

3. Memperbanyak istighfar

Hal lainnya yang disunahkan pada malam Nisfu Syaban yakni istighfar. Dengan beristighfar, ini sebagai bentuk meminta ampunan dosa dari Allah SWT. Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila tiba malam nisfu Syaban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka Aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka Aku berikan permintaannya.” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

4. Sholat Sunah Tasbih

Di malam Nisfu Syaban, sholat sunah tasbih menjadi amalan yang dianjurkan dilakukan.. Hal ini sebagai pengingat untuk terus beribadah kepada Allah di tengah banyaknya kesibukkan yang dijalani.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #panduan #amalan #jelang #nisfu #syaban #sunnah #yang #dianjurkan #untuk #diperbanyak

KOMENTAR