Digadang-gadang Jadi Ibu Negara, Latar Belakang Titiek Soeharto dan Iriana Jokowi bak Bumi dan Langit
Kolase Iriana Jokowi dan Titiek Soeharto
14:24
22 Pebruari 2024

Digadang-gadang Jadi Ibu Negara, Latar Belakang Titiek Soeharto dan Iriana Jokowi bak Bumi dan Langit

Unggulnya perolehan suara Paslon 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 membuat nama Titiek Soeharto digadang-gadang menjadi Ibu Negara.

Diketahui Siti Hediati Hariyadi pernah menikah dengan Prabowo pada tahun 1983, tetapi akhirnya berpisah pada tahun 1998 seiring dengan kejatuhan orde baru.

Sosok Titiek pun jadi dibandingkan dengan Iriana Jokowi yang kini menjadi Ibu Negara. Apalagi karena latar belakang keluarga Iriana dan TItiek yang boleh dibilang jauh berbeda.

Latar Belakang Titiek Soeharto

Mantan istri Prabowo Subianto, Titiek Soeharto pame salam dua jari usai mencoblos di TPS 002, Gondangdia, Jakarta Pusat. (Suara.com/Faqih)Mantan istri Prabowo Subianto, Titiek Soeharto pame salam dua jari usai mencoblos di TPS 002, Gondangdia, Jakarta Pusat. (Suara.com/Faqih)

Dari namanya pun sudah terungkap jelas seperti apa latar belakang keluarga Titiek Soeharto. Titiek merupakan anak keempat dari Presiden ke-2 Soeharto dan Siti Hartinah alias Tien Soeharto.

Dengan profil keluarga yang sangat mentereng, tak heran bila hidup Titiek tergolong berkecukupan. Pendidikannya juga mumpuni, yakni pernah bersekolah di SMAN 3 Jakarta (1974-1977), lalu dilanjutkan ke jenjang S1 Ekonomi di Universitas Indonesia (1978-1985).

Titiek dinikahi Prabowo Subianto saat masih kuliah semester 5, tepatnya pada Mei 1983. Lalu pada 22 Maret 1984, Titiek melahirkan anak semata wayangnya, Didit Hediprasetyo.

Menurut LHKPN-nya, Titiek memiliki harta kekayaan sebesar lebih dari setengah triliun Rupiah. Selain itu, Titiek juga sempat mengemban sejumlah amanah seperti memimpin Yayasan Seni Rupa Indonesia (2010-2015), komentator Piala Dunia FIFA 2006, hingga menjadi juri Puteri Indonesia 2014.

Latar Belakang Iriana Jokowi

Iriana JokowiIriana Jokowi

Sedangkan Iriana berasal dari lingkungan keluarga sederhana. Iriana adalah anak pertama dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi yang keduanya sama-sama berprofesi sebagai guru.

Nama Iriana tergolong unik dibandingkan saudara-saudaranya yang lain, sebab merupakan pemberian sang kakek yang terinspirasi dari daerah Irian Jaya alias Papua.

Iriana diketahui berteman dengan adik Presiden Joko Widodo yang menjadi cikal bakal hubungan mereka. Jokowi lalu resmi menikahi Iriana pada 24 Desember 1986 alias saat Iriana masih duduk semester 6 perkuliahannya.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #digadang #gadang #jadi #negara #latar #belakang #titiek #soeharto #iriana #jokowi #bumi #langit

KOMENTAR