Kenali Ciri Kepribadian Jutawan ini untuk Meningkatkan Potensi dan Peluang Sukses dengan Usaha Sendiri
Ilustrasi 5 ciri kepribadian jutawan yang sukses dengan usaha sendiri. (Pexels/By: Kaboompics.com)
14:02
22 Oktober 2024

Kenali Ciri Kepribadian Jutawan ini untuk Meningkatkan Potensi dan Peluang Sukses dengan Usaha Sendiri

 

Saat larut malam, beberapa orang mungkin akan merenungkan kenapa takdir hidupnya tidak membawa kekayaan atau mengapa orang-orang berpengaruh di dunia bisa memiliki kekayaan dan hanya segelintir orang yang berhasil menjadi seorang jutawan dengan usaha sendiri sementara yang lain gagal.

Selain masalah keuangan, tuntutan hukum, dan kemampuan menulis lagi yang hebat, orang-orang kaya biasanya berbagi lebih dari sekedar uang dalam jumlah besar. Mereka mungkin memiliki ciri kepribadian yang sama.

Sebuah studi menemukan bahwa orang kaya yaitu orang dengan kekayaan bersih lebih dari satu juta euro, memiliki profil kepribadian yang khas dibandingkan dengan orang yang tidak kaya. Secara keseluruhan, mereka cenderung lebih toleran terhadap risiko, terbuka, ekstrovert, dan teliti dibandingkan kelompok lainnya.

Studi tersebut juga menemukan bahwa orang-orang ini cenderung tidak terlalu neurotik dibandingkan orang lain. Dilansir dari TrueYou, inilah 5 ciri kepribadian jutawan yang sukses dengan usaha sendiri.

1. Toleran terhadap risiko

Menghasilkan banyak uang seringkali merupakan sebuah bisnis yang berisiko. Baik itu membuat keputusan yang tepat atau mengambil risiko besar, para jutawan yang merintis usahanya sendiri akan menghadapi tantangan tersebut.

Usaha bisnis, investasi, dan cara lain yang menghasilkan kekayaan besar seringkali disertai risiko yang melekat. Orang yang berjiwa jutawan dan orang kaya dapat mengatasi ketidakpastian ini tanpa menjadi terlalu stres atau cemas lebih mungkin menuai hasilnya.

Penting juga untuk dicatat bahwa toleransi risiko tidak selalu berarti kecerobohan. Toleransi risiko dapat menyiratkan pendekatan yang penuh perhitungan terhadap ketidakpastian yang akan terjadi dalam hidup.

2. Lebih terbuka

Menjadi sukses seringkali berarti menemukan sesuatu yang mungkin terlewatkan oleh orang lain. Daripada mengembangkan pola pikir tertutup, jutawan yang merintis usaha sendiri cenderung lebih terbuka. Pendekatan terhadap kehidupan ini dapat membantu mereka meraup keuntungan finansial.

Bersikap terbuka terhadap pengalaman dan ide baru merupakan ciri khas dari sifat yang dikenal sebagai Keterbukaan. Kualitas ini mungkin sangat menguntungkan bagi orang kaya.

Hal ini karena seringkali berkorelasi dengan kesiapan untuk mengadopsi pendekatan bisnis baru, mencoba peluang investasi baru, atau beradaptasi dengan cepat terhadap pasang surut tren ekonomi.

3. Ekstrovert

Orang yang berpenghasilan besar seringkali memiliki kepribadian yang besar pula. Karena jaringan merupakan hal yang penting dalam semua jenis bisnis, masuk akal jika seseorang yang menunjukkan sifat ekstrovert akan berhasil di bidang ini.

Orang yang ekstrovert mungkin merasa lebih mudah untuk menciptakan dan memelihara koneksi yang berharga, menegosiasikan kesepakatan, atau memimpin tim. Itu semuanya dapat berperan dalam mengumpulkan kekayaan.

Koneksi ini dapat memberikan hak istimewa luar biasa yang mungkin lebih sulit atau di luar jangkauan orang lain yang kurang beruntung.

4. Teliti

Teliti berarti mendedikasikan diri pada pekerjaan dan memastikan bahwa kamu mengikuti proses yang optimal. Jadi, tidak mengherankan jika orang yang memiliki kemampuan untuk bekerja keras dan produktif akhirnya menghasilkan lebih banyak uang.

Orang yang teliti biasanya terorganisasi, bertanggung jawab, dan gigih. Sifat-sifat seperti itu dapat menguntungkan dalam mengelola keuangan, merencanakan tujuan jangka panjang, dan memastikan tugas diselesaikan secara efisien dan efektif.

5. Kurang Neurotik

Mereka yang berhasil mencapai puncak tangga keuangan cenderung lebih stabil secara emosional dan menunjukkan lebih sedikit sifat neurotik daripada kita semua. Neurotisme dikaitkan dengan ketidakstabilan emosi, kecemasan, dan perubahan suasana hati.

Tingkat neurotisme yang lebih rendah di kalangan orang kaya mungkin menunjukkan bahwa mereka cenderung tidak terhalang oleh kekhawatiran berlebihan atau emosi negatif. Emosi ini biasanya yang dapat menjadi hambatan untuk pengambilan keputusan yang jelas atau upaya berkelanjutan dalam usaha bisnis.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #ciri #kepribadian #jutawan #untuk #meningkatkan #potensi #peluang #sukses #dengan #usaha #sendiri

KOMENTAR