10 Fakta Menarik Tentang Kepribadian INFJ, Tipe Kepribadian Paling Langka
Ilustrasi Kepribadian INFJ./Pexels
12:02
9 Februari 2024

10 Fakta Menarik Tentang Kepribadian INFJ, Tipe Kepribadian Paling Langka

 

 

 - Karakteristik dan sifat seseorang bisa dilihat melalui tipe kepribadian yang terbagi dalam 16 tipe, salah satunya adalah INFJ.

Tipe kepribadian ini dipercayai sebagai kepribadian yang cukup langka di dunia, karena populasinya hanya mencapai 2–3% saja dari total penduduk bumi.

INFJ adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Kepanjangan dari INFJ sendiri adalah Introverted, Intuitive, Feeling, dan Judging.

Kepeduliannya terhadap sesama membuatnya pandai berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan mereka yang memiliki kedekatan secara emosional.

Meski begitu, seorang INFJ akan sangat tertutup jika harus membuka diri pada orang lain. Ia hanya akan membuka diri pada orang-orang yang sangat terpercaya.

Dengan intuisi yang dimilikinya, mereka memiliki kreativitas yang cukup baik, termasuk komunikasi dalam bentuk lisan maupun tertulis. Oleh karena itu, mereka sering dianggap sebagai pemimpin yang baik meski cenderung pendiam.

Berikut ini adalah fakta menarik mengenai kepribadian INFJ yang dilansir dari Pleshake Medium Jumat (9/2).

1. Sangat detail

Seseorang yang memiliki kepribadian ini adalah orang yang sangat jeli. Dia memperhatikan hal-hal tentang orang yang mungkin tidak diperhatikan orang lain. Anda dapat melihat detail kecil yang terlewatkan oleh orang lain.

2. Memiliki selera humor tinggi

Mereka memiliki selera humor yang tinggi. Selera humor mereka unik dan menyenangkan karena mereka memiliki kecerdasan yang kering dan dapat melihat sesuatu dari sudut pandang yang tidak biasa.

3. Suka mempelajari hal baru

Mereka suka mempelajari hal-hal baru. Mereka selalu membaca buku, menonton film dokumenter, atau mempelajari hal-hal baru di waktu luang mereka.

4. Berpikiran berlebih

Mereka sering mendapati diri mereka memikirkan kejadian masa depan dalam hidup mereka atau apa yang akan terjadi minggu depan atau tahun depan.

Hal ini menyebabkan banyak kekhawatiran dan stres bagi mereka jika mereka membiarkannya, tetapi hal ini juga membantu mereka bersiap menghadapi apa yang akan terjadi selanjutnya sehingga mereka dapat siap ketika hal itu terjadi.

5. Komunikasi yang baik

Mereka yang memiliki kepribadian ini, memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik. Mereka sepertinya selalu tahu persis apa yang dirasakan atau dipikirkan orang lain, meskipun mungkin perlu beberapa saat bagi mereka untuk mengatakan sesuatu dengan lantang. Hal ini memudahkan orang lain untuk diajak bicara.

6. Lebih cenderung introvert

Introvert lebih suka fokus pada dunia internalnya dan menghabiskan sebagian besar waktunya sendirian. Mereka menikmati kesendirian dan sering merasa bahwa terlalu banyak aktivitas sosial dapat menguras tenaga dan membuat stres.

7. Kepribadian tergolong langka

Tipe kepribadian INFJ tergolong langka karena terletak di antara introversi dan ekstroversi dalam skala ekstrovert (Intuitive Feeling Judgement). Artinya INFJ adalah introvert sekaligus extrovert.

8. Memiliki bakat unik

INFJ memiliki bakat unik untuk melihat gambaran besarnya dan memahami bagaimana segala sesuatunya cocok satu sama lain. Mereka melihat masa depan secara keseluruhan dan dapat melihat bagaimana bagian-bagian yang berbeda bersatu untuk menciptakan gambaran yang lebih besar.

9. Memiliki keyakinan kuat terhadap spiritual

Mereka memiliki rasa spiritualitas yang kuat dan keyakinan pada sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri (Tuhan atau tujuan mereka yang lebih tinggi).

10. Cara pandang yang unik

Mereka memiliki cara unik dalam memandang sesuatu yang membuat orang lain melihatnya secara berbeda dibandingkan ketika mereka melihatnya (misalnya, melihat dunia).

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #fakta #menarik #tentang #kepribadian #infj #tipe #kepribadian #paling #langka

KOMENTAR