Sambut Tahun Baru Imlek 2024, Simak Alasan Perayaan Identik dengan Warna Merah
Perayaan Tahun Baru Imlek bagi warga Tionghoa selalu identik dengan warna merah yang mendominasi. (Istimewa)
15:10
5 Pebruari 2024

Sambut Tahun Baru Imlek 2024, Simak Alasan Perayaan Identik dengan Warna Merah

- Perayaan Tahun Baru Imlek bagi warga Tionghoa selalu identik dengan warna merah yang mendominasi. Tahun ini, Imlek yang jatuh pada 10 Februari 2024 sudah mulai disambut dengan hiasan berwarna merah di banyak lokasi.

Tidak hanya itu, warga Tionghoa juga akan mengenakan baju berwarna merah saat perayaan, begitu pula dengan lampion, dan amplop angpao yang akan dibagikan ke keluarga.

Penggunaan warna merah di perayaan Tahun Baru Imlek tersebut ternyata bukan tanpa alasan. Dilansir JawaPos.com dari CGTN News, warna merah melambangkan keberuntungan dan kegembiraaan.

Selain itu, warna merah juga dipercaya dapat mengusir kejahatan dan penyakit, untuk memastikan keselamatan keluarga.

Legenda Tiongkok menyebutkan adanya monster bernama Nian yang muncul saat momen perayaan Tahun Baru Imlek. Monster bernama Nian yang menyerupai singa tersebut dikatakan melahap masyarakat dan harta kekayaan mereka.

Ternyata, monster tersebut takut dengan api dan warna merah, sehingga masyarakat menghias rumah mereka dengan warna merah di momen perayaan Tahun Baru Imlek.

Selain itu, mereka juga menyalakan lampion berwarna merah sepanjang malam, dan membakar kembang api untuk mengusir Nian. Sejak itu, warna merah menjadi elemen penting yang amat diperlukan dalam setiap perayaan Tahun Baru Imlek.

Demikian pula amplop merah angpao yang diberikan kepada anak-anak untuk membawa kebahagiaan dan keberuntungan. Dalam pemberian angpao Tahun Baru Imlek dengan amplop merah, angka empat tidak boleh muncul sama sekali.

Hal tersebut disebabkan karena angka empat dalam bahasa Mandarin terdengar seperti kematian. Selain itu, uang kertas baru biasanya lebih disukai, karena koin atau uang kertas lama mengisyaratkan kurang beruntung.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #sambut #tahun #baru #imlek #2024 #simak #alasan #perayaan #identik #dengan #warna #merah

KOMENTAR