Siapa Rumail Abbas? Berani Kuliti Latar Belakang Dosen-Dosen di Gerakan Tandingan Kritik Jokowi
Kelompok akademisi yang mengatasnamakan Alumni dan Akademisi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Se-Indonesia menyatakan maklumat tandingan soal kritik Jokowi. [ANTARA]
08:42
5 Februari 2024

Siapa Rumail Abbas? Berani Kuliti Latar Belakang Dosen-Dosen di Gerakan Tandingan Kritik Jokowi

Belum lama ini sivitas akademika dari sejumlah universitas mengkritik praktik demokrasi di pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun tak lama setelahnya muncul gerakan tandingan yang mengatasnamakan diri sebagai Alumni dan Akademisi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia.

“Dengan ini kami menyatakan Indonesia baik-baik saja dan sedang dalam proses demokrasi pemilihan umum yang sehat dan demokratis,” ungkap Perwakilan UI, Kun Nurachadjiat, dalam maklumat yang dibacakan pada Jumat (2/2/2024).

Namun gerakan ini belakangan disangsikan banyak pihak hingga membuat latar belakang para akademisi yang terlibat dikuliti. Salah satu yang melakukannya adalah Rumail Abbas yang terang-terangan membongkar kejanggalan.


Kun Nurachadijat dari UI (Gb-1). Nama itu tidak ada di daftar dosen UI, tapi STAI Sukabumi (Gb-2). Tommy Rahaditia dari Universitas Trisakti (Gb-1). Nama itu tidak ada sebagai dosen/mahasiswa Univ. Trisakti, namun tercatat sebagai mahasiswa Universitas Terbuka (Gb-3),” cuit Rumail Abbas di akun X-nya.

Namun siapa sebenarnya Rumail Abbas hingga berani menguliti profil para akademisi di gerakan tandingan ini?

Profil Rumail Abbas

Rumail Abbas. (Instagram/@stakof)Rumail Abbas. (Instagram/@stakof)


Rumail Abbas merupakan seorang penulis yang aktif menyoroti berbagai isu sosial dan politik di akun X-nya, @stakof. Rumail Abbas lahir di Jepara, 28 Maret 1982 dan hingga kini masih berdomisili di sana.

Rumail Abbas aktif sebagai penulis dan berkontribusi di situs Islami.co. Sedangkan dikutip dari situs resminya, Rumail Abbas mengaku juga bertindak sebagai peneliti dan fokus pada studi agama, sejarah, serta resolusi konflik.

Rumail Abbas merupakan bagian dari Nahdlatul Ulama dan pengikut Gus Dur. Dikutip dari LinkedIn-nya, Rumail Abbas disebut pernah berkuliah di jurusan Pendidikan Agama Islam di  IAIN Kudus (2005-2010) dan lulus dengan gelar S.Pd.

Lalu Rumail Abbas juga menjabat sebagai Direktur Jepara Tirta Nusantara sejak Januari 2017. Perusahaan yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah ini berkecimpung di dunia start up dan industri kreatif.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #siapa #rumail #abbas #berani #kuliti #latar #belakang #dosen #dosen #gerakan #tandingan #kritik #jokowi

KOMENTAR