Penasaran Apakah Kucing Peliharaan Anda Bahagia? Berikut 5 tandanya, Salah Satunya Meneteskan Air Liur
Illustrasi kucing bahagia. (Tatler)
07:42
12 Oktober 2024

Penasaran Apakah Kucing Peliharaan Anda Bahagia? Berikut 5 tandanya, Salah Satunya Meneteskan Air Liur

Kucing merupakan hewan peliharaan favorit bagi banyak orang. Bersama hewan berbulu tersebut, Anda bisa mengajaknya bermain dan mendapatkan kebahagiaan dari tingkah lucunya.

Berbeda dengan anjing, kucing cenderung tidak menunjukkan emosinya secara terang-terangan. Namun, kucing mengalami berbagai macam emosi seperti hewan lainnya.

Saat memelihara kucing, Anda perlu mengetahui apakah hewan tersebut bahagia. Untuk mengetahui tanda- tandanya, baca terus artikel ini sebagaimana yang dilansir Pet MD.

1. Mendengkur

Tanda kucing Anda bahagia adalah mendengkur. Beberapa orang yang paham tentang kucing pasti mengetahui bahwa perilaku itu menunjukkan mereka bahagia.

Namun, Anda perlu membedakan kucing mendengkur karena terluka atau takut. Kucing yang bahagia akan meringkuk di samping Anda dan merasa rileks serta motoriknya mulai aktif.

2. Menguleni

Gerakan telapak kaki kucing yang menguleni sering kali disertai dengan dengkuran. Perilaku tersebut juga menunjukkan rasa puas dari kucing.

Nama lain dari perilaku ini adalah "membuat biskuit" karena gerakan telapak kakinya seperti membuat adonan.

3. Meneteskan air liur

Ada beberapa orang yang mungkin tidak senang saat kucing mengeluarkan air liurnya. Namun, perilaku ini menunjukkan bahwa kucing Anda sedang bahagia. Kucing akan mengeluarkan air liurnya saat dipeluk dan dielus.

Perhatikan bahwa kucing mengeluarkan air liurnya saat ada rangsangan. Jika kucing meneteskannya tanpa rangsangan, bisa saja ada masalah kesehatan yang dialami.

4. Menggesekkan tubuhnya

Kucing bahagia akan menggesekkan tubuhnya pada Anda dengan mengangkat ekornya.

Selain itu, mereka akan menanduk Anda dengan kepalanya dan bau tangan Anda menjadi perhatiannya. Sikap ramah dan ingin tahunya sangat menunjukkan bahwa kucing sedang bahagia.

5. Kedipan mata lambat

Kucing dengan kedipan mata lambat menunjukkan tanda kebahagiaan. Hal tersebut sangat menggemaskan saat Anda melihatnya.

Biasanya, perilaku ini diikuti dengan tatapan mata hangat dan menunjukkan cinta kucing yang paling menyentuh hati.

Selain itu, tatapan mata langsung yang diikuti dengan suara mengeong juga merupakan tanda kebahagiaan. Dengan melakukan hal tersebut, mereka seperti mengatakan "tolong beri aku camilan."

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #penasaran #apakah #kucing #peliharaan #anda #bahagia #berikut #tandanya #salah #satunya #meneteskan #liur

KOMENTAR