9 Kegiatan saat Imlek yang Dipercaya Bawa Keberuntungan Sepanjang Setahun Penuh
ILUSTRASI Perayaan Lunar New Year. (Pexels)
00:14
4 Februari 2024

9 Kegiatan saat Imlek yang Dipercaya Bawa Keberuntungan Sepanjang Setahun Penuh

 - Lunar New Year alias Imlek merupakan salah satu perayaan besar bagi masyarakat etnis Tionghoa. Tak hanya perayaan meriah, ada beberapa hal saat Imlek yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan.   Sebut saja seperti mengguakan busana warna merah saat Imlek dikatakan bisa mendatangkan keberuntungan. Namun, tak hanya busana serba merah, ada beberapa kegiatan yang dipercaya membawa keberuntungan jika dilakukan saat Imlek.   Setidaknya, ada 9 kegiatan yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan saat imlek, dikutip dari Top China Travel (2/2).  

  1. Membersihkan rumah
Membersihkan rumah adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh warga Tionghoa saat menjelang Imlek. Tradisi ini sudah sangat tua dan dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.
Orang Tionghoa percaya bahwa keberuntungan mengalir di sekitar rumah, dan pembersihan apapun pada Hari Tahun Baru akan menghilangkan keberuntungan dalam hal kekayaan dan kemakmuran.
2. Menghias Rumah
Dalam tradisi saat perayaan imlek ada kepercayaan mengenai menghias rumah agar mendapatkan keberuntungan. Dengan menghias rumah, warga Tionghoa percaya akan mendatangkan energi positif.
Menghias rumah bisa menggunakan pernak pernik khas imlek atau bunga, kuplet, simpul Cina, gambar tahun baru dan potongan kertas di jendela. Warna seperti merah dan emas merupakan warna utama untuk dekorasi.
Taruh juga beberapa buah segar di rumah, apel, jeruk, jeruk bali, dan anggur adalah simbol kemakmuran. Jangan ragu untuk menyiapkan beberapa hiasan untuk menyambut tahun baru yang penuh keberuntungan dan berbuah.
3. Membeli pakaian baru
Di awal tahun baru Imlek, semuanya akan diperbarui dan suasana baru akan datang dari dalam hingga luar. Akibatnya, masyarakat Tiongkok menganggap perlu memakai pakaian baru untuk menyambut tahun baru.
Terlebih lagi, memakai pakaian baru adalah untuk mengusir kejahatan dan mendapatkan keberkahan yang baik. Namun sebaiknya ingat untuk memilih beberapa warna cerah dan menghindari warna hitam. Secara umum, merah adalah warna paling beruntung untuk Tahun Baru Imlek.
4. Makan bersama keluarga
Tahun baru imlek adalah salah satu waktu yang tepat untuk merayakan kebahagian bersama keluarga. Makan bersama keluarga adalah salah satu keberuntungan untuk bertemu keluarga besar.
Sangat bermanfaat untuk menyiapkan makanan keberuntungan seperti pangsit dan ikan, sebagai harapan kemakmuran.
Karena kata 'ikan' dan 'surplus' memiliki pelafalan yang sama dalam bahasa Mandarin, biasanya orang Tiongkok tidak akan memakan ikan utuh untuk hidangan besar ini, karena mereka ingin meminta niat baik agar memiliki surplus dari tahun ke tahun.
5. Menggunakan pakaian warna merah
Imlek identik dengan warna merah. Menggunakan sesuatu yang berwarna merah dipercaya dapat mengusir roh jahat dan mendatangkan keberuntungan.
6. Makan makanan manis
Seseorang akan merasa senang saat makan yang manis-manis. Dan mengonsumsi makanan manis saat Tahun Baru Imlek akan mencerahkan hidup Anda, .dengan kata lain, Anda dapat memulai tahun baru yang penuh kegembiraan dengan kebahagiaan dan energi.
7. Memberikan Hongbao (angpao)
Orang Tionghoa akan memasukkan uang keberuntungan ke dalam amplop merah, dan para tetua akan memberikan amplop merah tersebut kepada anak-anak.   Tradisi membagikan 'Hongbao' memberikan harapan terbaik bagi generasi muda, sekaligus membawa keberuntungan bagi pemberinya.
8. Mengucapkan kata-kata keberuntungan
Sangat bermakna bagi mereka untuk mengucapkan beberapa kata keberuntungan untuk memberikan harapan terbaik di tahun baru.
Saat Anda bertemu teman Tionghoa Anda selama periode waktu ini, mereka akan senang mendengar kata-kata seperti “Xin nian hao”(Selamat Tahun Baru), “Wanshi ruyi”(Semoga Anda mendapatkan yang terbaik dari semuanya) dan “Gongxi facai” (Semoga Anda sejahtera).
9. Menyalakan kembang api
Seperti yang mungkin pernah Anda dengar tentang legenda binatang 'Nian', tradisi lama menyalakan kembang api dan kembang api adalah salah satu hal yang membawa keberuntungan untuk dilakukan saat Tahun Baru Imlek.
Selain itu, warna merah pada petasan menandakan hari-hari di tahun baru akan booming. Dan kembang api berwarna-warni melambangkan masa depan yang cerah.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #kegiatan #saat #imlek #yang #dipercaya #bawa #keberuntungan #sepanjang #setahun #penuh

KOMENTAR