Sederet Komisaris BUMN yang Mundur untuk Dukung Capres-Cawapres, Ahok Menyusul
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Konser Salam Metal, kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Stadion GBK, Jakarta, Sabut (3/2/2024). [Suara.com/Bagaskara]
17:52
3 Februari 2024

Sederet Komisaris BUMN yang Mundur untuk Dukung Capres-Cawapres, Ahok Menyusul

Sederet Komisaris BUMN kini ramai-ramai mundur dari jabatan mentereng yang mereka emban. Gelombang pengunduran diri tersebut tak terlepas dengan momen Pemilu sekaligus Pilpres 2024 yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Para Komisaris BUMN yang mundur tersebut memilih untuk mengampanyekan capres-cawapres jagoan mereka dan alhasil harus merelakan jabatan mereka yang terikat dengan tuntutan untuk netral.

Adapun di antara para Komisaris BUMN yang mundur ada nama-nama yang tak asing seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Abdee Slank.

Berikut daftar Komisaris BUMN yang rela mundur demi kampanye hingga menjadi tim sukses pasangan capres-cawapres.

Abdee Slank - Komisaris PT Telkom Indonesia

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)

Pria bernama asli Abdi Negara Nurdin tersebut rela mundur karena memilih mengampanyekan pasangan calon paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Abdee sempat menjabat Komisaris independen Telkom Indonesia sesuai dengan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom.

Diketahui, sosok gitaris band Slank tersebut melayangkan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai Komisaris PT Telkom pada 19 Januari 2024.

Ahok - PT Pertamina

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Pertamina demi mengampanyekan Capres Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Jumat (2/2/2024). [Instagram/Ahok]Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Pertamina demi mengampanyekan Capres Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Jumat (2/2/2024). [Instagram/Ahok]

Kompak dengan Abdee Slank, Ahok akhirnya juga melepas jabatannya untuk fokus memenangkan Ganjar-Mahfud.

Ahok juga telah menyurati pihak PT Pertamina untuk menyatakan bahwa dirinya telah mengundurkan diri.

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," bunyi caption unggahan Ahok, Jumat (2/2/2024).

Kedepannya, Ahok akan mengabdikan waktu dan tenaganya agar Ganjar-Mahfud bisa menggaet suara terbanyak.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya," lanjut tulis Ahok.

Eko Sulistyo - PT PLN Indonesia

Selain Abdee dan Ahok, ada sosok Eko Sulistyo yang juga setia mendukung Ganjar-Mahfud.

Eko mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris PT PLN (Persero) usai masuk ke jajaran Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dan menjabat Wakil Ketua.

Budiman Sudjatmiko - PTPN V

Budiman Sudjatmiko (Instagram/masbud_sudjatmiko)Budiman Sudjatmiko (Instagram/masbud_sudjatmiko)

Politisi senior dan eks aktivis 1998 Budiman Sudjatmiko juga sebelumnya menjabat sebagai Komisaris PT Perkebunan Nusantara V atau PTPN V.

Namun, ia akhirnya rela mundur lantaran ia didapuk sebagai anggota dewan pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Rosan Roeslani - PT Pertamina

Wakil Komisaris Utama Pertamina, Rosan Roeslani kini juga telah mundur. Namun berbeda dengan Ahok, hati Roslan berlabuh ke Prabowo-Gibran dan diketahui telah menjabat sebagai ketua tim pemenangan mereka.

Arief Rosyid - BSI

Terakhir, ada sosok Arief Rosyid yang mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Independen Bank Syariah Indonesia (BSI). Arief kini fokus berkontribusi sebagai anggota TKN Prabowo-Gibran.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sederet #komisaris #bumn #yang #mundur #untuk #dukung #capres #cawapres #ahok #menyusul

KOMENTAR