Mengulik 7 Kebiasaan Mengejutkan Orang yang Suka Menimbun Barang di Rumahnya, Menurut Psikologi
Kebiasaan mengejutkan orang yang suka menimbun barang (Freepik)
12:10
9 Oktober 2024

Mengulik 7 Kebiasaan Mengejutkan Orang yang Suka Menimbun Barang di Rumahnya, Menurut Psikologi

 

 

Apakah Anda pernah melihat orang yang suka menimbun barang? Mungkin rumah mereka dipenuhi dengan barang-barang atau pernak-pernik yang tidak berguna dan harus dibuang, namun mereka tetap menimbunnya.

Orang dengan gangguan ini akan terus mengumpulkan barang-barang sepanjang hidup mereka dan menyimpannya, tanpa mempedulikan nilai sebenarnya dari barang tersebut. Hal ini dapat membuat rumah mereka hampir tidak layak huni karena lorong dan kamar di rumah tersebut dipenuhi dengan semakin banyak barang.

Ternyata orang yang suka menimbun barang di rumahnya memiliki masalah tertentu dari segi psikologisnya. Dilansir dari laman kebiasaan mengejutkan para penimbun lakukan, yakni sebagai berikut:

1. Selalu ada kekacauan
Di rumah orang yang suka menimbun barang, kekacauan tidak akan pernah hilang sepenuhnya. Anda mungkin memperhatikan bahwa semakin banyak kekacauan yang terkumpul dari waktu ke waktu, yang menumpuk di atas kekacauan yang sudah ada.

Orang yang suka menimbun barang akan kesulitan menyingkirkan kekacauan, jadi kecil kemungkinan Anda akan melihat rumah benar-benar bersih.

2. Menunjukkan kesusahan emosional saat membuang barang

Perhatikan bagaimana reaksi orang-orang terkasih Anda saat Anda membantu mereka merapikan rumah.

Jika mereka kesulitan memilih barang-barang yang akan disingkirkan atau menunjukkan ketertarikan aneh pada barang-barang tak berguna atau tidak berguna di rumah, maka mereka mungkin menunjukkan tanda-tanda peringatan seseorang yang suka menimbun barang.

3. Mereka tidak akan mengundang Anda ke rumahnya

Apakah orang yang Anda kasihi menggunakan alasan apa pun untuk bertemu di tempat lain selain rumah mereka? Jika demikian, mereka mungkin menyembunyikan gangguan menimbun barang.

Mengundang Anda ke rumah mereka berarti mereka harus menjelaskan kekacauan dan kekacauan yang terjadi di rumah mereka. Dengan mengundang Anda ke tempat lain, mereka dapat menyembunyikan tanda-tanda bahwa mereka memiliki masalah.

4. Mereka kecanduan belanja

Orang dengan gangguan menimbun barang secara kompulsif juga cenderung memiliki kecanduan berbelanja.

Hal ini memungkinkan mereka untuk menambah koleksi mereka sebanyak yang mereka inginkan. Hal ini juga dapat mengakibatkan mereka tidak dapat membayar tagihan atau membeli kebutuhan pokok.

5. Anda tidak boleh menyentuh atau meminjam barang milik mereka

Orang yang menimbun barang sulit mengizinkan orang lain menggunakan, meminjam, atau bahkan menyentuh barang-barang mereka tanpa bersikap bermusuhan.

Barang-barang mereka adalah milik mereka sendiri dan tidak dapat diberikan atau dibuang. Lagi pula, Anda mungkin membuang atau menyimpannya dari mereka setelah Anda meminjamnya.

6. Mereka memiliki banyak hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan yang jumlahnya lebih banyak dari yang dapat dirawat seseorang adalah bentuk lain dari penimbunan. Hal ini tidak hanya buruk bagi pemiliknya, tetapi juga bagi hewan peliharaannya.

Mereka tidak akan mendapatkan perawatan, makanan, dan pengobatan yang layak, jadi segera setelah Anda melihat seseorang menimbun terlalu banyak hewan, Anda harus menghubungi pengawas hewan atau lembaga perlindungan hewan setempat untuk mendapatkan petunjuk.

7. Suka membicarakan barang koleksi mereka

Para penimbun barang suka membicarakan barang-barang yang telah mereka peroleh dan akan terus membicarakan koleksi mereka.

Anda mungkin mendapati bahwa pembicaraan Anda selalu kembali ke barang-barang mereka dan barang-barang baru yang mereka inginkan untuk koleksi mereka.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengulik #kebiasaan #mengejutkan #orang #yang #suka #menimbun #barang #rumahnya #menurut #psikologi

KOMENTAR