10 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker, Dikenal dengan Istilah 'Maskne', Ini Dia Penjelasannya!
Ilustrasi 10 cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker. (Freepik/teksomolik)
11:04
7 Oktober 2024

10 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Penggunaan Masker, Dikenal dengan Istilah 'Maskne', Ini Dia Penjelasannya!

 

Maskne atau jerawat dan iritasi akibat penggunaan masker menjadi hal yang banyak dirasakan saat ini. Faktanya masalah ini menjadi salah satu efek penggunaan masker saat Covid-19 melanda hampir seluruh dunia. Terutama untuk pemilik wajah yang rentan terhadap jerawat dan iritasi kulit.

Masker yang dipakai mungkin tidak banyak menggesek tetapi mampu menahan kelembapan dan kuman. Maskne yang paling umum saat ini disebut oleh dokter kulit sebagai dermatitis perioral. Jerawat ini sering muncul di sekitar mulut dan hidung, namun bisa juga di daerah pipi.

Jerawat bukan hanya kondisi medis, tetapi bisa juga menjadi masalah psikologis. Seseorang yang mengalami jerawat akan mudah terluka dan sensitif karena berhubungan dengan kepercayaan diri. Jerawat dapat berdampak besar pada kinerja pekerjaan, hubungan, cara bersosialisasi, serta tingkat depresi dan kecemasan.

Dilansir dari Your Tango, ada 10 cara mengatasi jerawat akibat penggunaan masker.

1. Mencuci tangan sebelum menyentuh wajah

Secara umum, menyentuh jerawat atau wajah saat tangan kotor akan memberikan dampak yang lebih parah pada kondisi kulit wajah. Kulit wajah yang tertutup masker akan semakin rentan iritasi yang dapat menimbulkan jerawat jika kalian menyentuhnya dengan tangan kotor.

2. Cuci muka di pagi hari dan saat tiba di rumah

Mencuci wajah sebelum beraktivitas akan menjaga wajah sepanjang hari. Terutama jika kalian akan bekerja dan mengenakan make up. Mencuci muka dapat menjaga kondisi kulit agar tetap dalam kondisi terbaik.

Tak hanya saat pagi hari, kalian juga perlu mencuci muka saat malam hari. Mencuci muka malam hari atau setelah aktivitas akan membantu meredakan kulit berjerawat untuk kembali bersih sebelum pergi tidur.

3. Melembabkan

Gunakan pelembab wajah organik yang lembut dan ringan di pagi dan malam hari. Cara mengatasi jerawat ini cocok untuk kulit kering yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pastikan wajah kalian telah benar-benar kering sebelum mengaplikasikan masker setelah menggunakan pelembab.

4. Coba gunakan serum asam hialuronat

Pastikan untuk mencari serum asam hialuronat. Serum ini akan benar-benar kering setelah diaplikasikan dibandingkan serum lain yang justru membuat kulit lebih berminyak. Serum ini cukup ideal untuk digunakan di bawah masker.

5. Konsumsi bubuk kolagen dan suplemen

Asam hialuronat juga tersedia dalam bentuk bubuk yang dapat dimasukkan ke dalam smoothie kolagen setiap hari. Ini akan memberikan sedikit perlindungan ekstra pada wajah.

Suplemen dengan Resveratrol memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kulit. Suplemen ini dapat membantu melindungi wajah lebih lanjut terhadap kerusakan atau gesekan dari masker wajah yang kalian gunakan.

6. Tahan godaan untuk tidak merias wajah di balik masker

Boleh tampil maksimal pada mata dan dahi, namun berikan waktu istirahat untuk wajah di balik masker. Penggunaan make up dapat membuat kulit wajah mudah berjerawat.

Bahkan jika menggunakan bedak organik, make up akan menyumbat pori-pori. Cobalah membawa perlengkapan tata rias dan hanya aplikasikan saat akan melepas masker untuk sementara waktu.

7. Gunakan tisu wajah secara teratur

Simpan tisu pembersih wajah organik di tas. Setiap beberapa jam, kalian bisa melepas masker lalu gunakan tisu tersebut untuk mengusapnya. Setelah itu, aplikasikan kembali serum hialuronat sebelum memasang masker kembali.

8. Cuci tangan sebelum melepas masker

Sebelum melepas masker, ada baiknya mencuci tangan terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah kemungkinan kalian langsung memegang wajah setelah melepas masker. Jangan gunakan masker medis dua kali untuk mencegah timbulnya jerawat.

9. Gunakan masker katun organik

Katun merupakan kain yang mudah menyerap keringat dan kelembapan. Saat ini ada berbagai varian masker yang dinyatakan dapat mencegah mikroba dan bakteri. Perhatikan masker yang akan dipakai untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

10. Hindari bahan kimia

Secara khusus beberapa produk kecantikan memiliki kandungan bahan kimia. Termasuk pembersih wajah, sabun, atau lotion. Hindari produk yang mengandung sodium lauryl sulfate atau colloidal silver karena dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan masalah jerawat yang lebih parah.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #mengatasi #jerawat #akibat #penggunaan #masker #dikenal #dengan #istilah #maskne #penjelasannya

KOMENTAR